Skip to main content

Cara Membersihkan Najis dari Air Liur Anjing

Di agama islam,Air liur anjing itu haram hukumnya karena beberapa hal yang saya kira tidak perlu menyebutkan alasannya disini.Namun bagaimana kalau seandainya muslim yang berprofesi sebagai dokter hewan? Apakah tidak boleh melayani pasien yang bernajis? Dan jawabannya tentulah boleh tapi harus bersuci sesuai yang di anjurkan nabi.

Sebagaimana yang tersurat dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah :
"bahwasannya Rasulullah Sholallahu alaihi wasalam bersabda "Apabila anjing meminum di bejana (wadah) salah seorang diantara kamu,maka cucilah tujuh kali. (Mutafaq'alaih)"
Kemudian dijelaskan di hadits selanjutnya :
"Dan bagi Imam Ahmad dan Muslim "Sucinya bejana seseorang diantara kamu apabila dijilat anjing,hendaklah ia dicuci tujuh kali,pertama kalinya (dicampur) dengan tanah"
Jadi kesimpulannya,kita tidak apa-apa memegang,merawat dan melayani anjing namun sehabis kontak langsung dengan anjing,harus segera bersuci,walaupun tidak kena ludah tapi dianjurkan juga untuk bersuci,supaya tidak terjadinya keraguan.Dengan cara mencuci bagian tubuh/hal yang terkena najis anjing dengan menggosokkan dengan tanah satu kali kemudian dilanjutkan dengan membasuhnya dengan air sebanyak tujuh kali.
Jadi,tidak perlu takut dengan najis.Niatkan dengan hati iklas dan jiwa yang bijaksana dan percayakan kepada Allah SWT yang Maha Pengasih Lagi Penyayang.Segala sesuatunya pasti ada jalan keluarnya.Viva Veteriner Indonesia!

Comments

  1. Nice info gan..
    Blog yang bagus dan bermanfaat
    maju dunia veteriner indonesia

    ReplyDelete
  2. viva veteriner Indonesia!
    makasih udah berkunjung...

    ReplyDelete
  3. ada apa di air liur anjing? thanks

    ReplyDelete
  4. jawabannya akan saya bahas di posting terbaru..:)

    ReplyDelete
  5. semudah itukah? maksud dicampur tanah? tanah+air? untuk merendam atau membilas? terima kasih

    ReplyDelete
  6. Seperti menggunakan sabun,namun sabun diganti dengan tanah maupun pasir. Jadi pasir dulu sebanyak tujuh kali,kemudian di bilas dengan air sampai bersih :)
    Karena tanah bisa menetralkan bakteri yang ada di ludah anjing. terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah ada penelitian bahwa bakteri yang ada di ludah anjing bisa dinetralkan dengan tanah? Lalu bakteri apa saja yang biasanya ada di ludah anjing? Apa efek bakteri2 tersebut kepada manusia?

      Delete
  7. terima kasih gan. soalnya kemarin jari tangan gua kejilat sama anjing jadi takut najis, soalnya gak tau cara membersihkannya.

    ReplyDelete
  8. Postingnya bermaanfaat , makasih atas infonya min.seharusnya kita sebagai orang muslim tidak boleh phobia dengan anjing, sering saya liat di kampungku mereka memukuli anjing karena mereka bilang itu najis, tapi mereka tidak berpikir kalau memukuli hewan juga berdosa, dan mereka juga masih banyak yang anti melihat anjing, pernah saya akan melihara anjing karena ada anak anjing yang terlantar tapi tetangga semua mencemooh keluarga saya dan mengatakan itu haram dan najis, banyak orang yang masih kurang mencerna tentang Anjing, kasian anjingya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih komentarnya, mudah - mudahan Indonesia bisa lebih baik. :)

      Delete
  9. Jadi tata cara yg bener gmn?
    Masuk kamar mandi dan berniat?niatnya apa.
    Kemudia stlh itu pakai tanah 7 kali?
    Lalu abis tanah 7 kali bilasnya pakai air?
    Setelah itu mandi biasa?
    Doa2nya??

    ReplyDelete
  10. Jadi tata cara yg bener gmn?
    Masuk kamar mandi dan berniat?niatnya apa.
    Kemudia stlh itu pakai tanah 7 kali?
    Lalu abis tanah 7 kali bilasnya pakai air?
    Setelah itu mandi biasa?
    Doa2nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, terima kasih sudah komentar. Tata cara yang benar yaitu dibasuh dengan air 7 kali, salah satunya menggunakan pasir. niat sebenarnya sudah sah jika kita sudah melakukan, cukup di dalam hati niat untuk bersuci.

      Delete
  11. Lebih baik merujuk dulu pada sumber-sumber lain.. yang shahih tentunya.. hati hati dengan "boleh / tidak boleh / tdk apa2" dst.. wallahualam..

    ReplyDelete
  12. Dok,, saya mau nanya kalau kita melihara anjing dan anjing itu dilepas dirumah dengan bebas dan anjing itu menjilat memeluk bagian badan kaki dll. Gimana cara membersihkan dri najis itu diseluruh tubuh Kita, trimakasih

    ReplyDelete
  13. Dok,, saya mau nanya kalau kita melihara anjing dan anjing itu dilepas dirumah dengan bebas dan anjing itu menjilat memeluk bagian badan kaki dll. Gimana cara membersihkan dri najis itu diseluruh tubuh Kita, trimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan

Apa yang harus dilakukan agar kucing tidak kencing berdarah lagi?

Dokter-hewan.net – Kencing berdarah, sulit kencing dan kencing batu adalah penyakit yang paling umum ditemukan di klinik hewan. Penyakit ini umumnya muncul kepada hewan-hewan yang terlalu disayang dan dimanja oleh pemiliknya, sehingga terkadang dokter hewan menyebutnya penyakit kucing manja, karena diderita oleh kucing-kucing yang terlalu dimanja oleh pemiliknya, alias tidak mengatur dietnya dengan baik dan benar. Penyakit yang dikenal dengan nama Feline Urinary Syndrom (FUS) ini memang memiliki banyak sekali kemungkinan penyebabnya, salah satunya adalah faktor manajemen makanan yang sangat tidak sehat, misalnya memberikan makan setiap kucing meminta, kucing kurang beraktifitas dan memberikan makanan dengan kualitas yang sangat jelek alias asal kucing suka. Terkadang, pemilik hewan juga akan kebingungan dengan penyakit ini. Hari ini sembuh dan sebulan kemudian kambuh kembali, dan kembali lagi. Lantas, bagaimana cara agar penyakit ini tidak kambuh kembali? Berikut adalah tips