Skip to main content

Apakah kaki anjingmu seperti ini? Bisa jadi karena infeksi cacing tambang!


Dokter-Hewan.net - Hookworm larval dermatitis merupakan istilah peradangan pada kulit yang disebabkan oleh larva daric acing tambang. Larva merupakan tahapan hidup cacing setelah menetas dari telur. Umumnya saat tahap larva mereka akan melakukan migrasi untuk menemukan inangnya. Setelah nantinya menemukan inangnya, dia akan menjadi cacing dewasa.

Unicinaria stenocephala atau Ancylostoma spp. Merupakan jenis cacing tambang yang umumnya ditemukan. Mereka akan menetas dari feses hewan yang terinfeksi dan kemudian akan mencari inangnya. Uniknya, larva cacing ini akan masuk melalui kulit dan kemudian berpindah ke usus untuk menjadi cacing dewasa. Dan perlu di waspadai, cacing ini bisa juga secara tidak sengaja masuk ke dalam kulit manusia sehingga hal ini dapat dikategorikan zoonosis (penyakit yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia maupun dari manusia ke hewan).

Umumnya, penyakit ini diderita oleh anjing yang sering bermain di luar yang bersentuhan dengan tanah dan rumput-rumputan. Jadi jika anjing kalian termasuk anjing outdoor sangat beresiko terhadap penyakit ini, sehingga cara pencegahannya adalah dengan memberikan obat cacing rutin dan pemeriksaan feses rutin di dokter hewan langganan anda.

Anjing yang terinfeksi larva ini, umumnya kaki yang terkena akan mengalami kebotakan, eritema, dan berkerak. Kemudian kulit pada kakinya akan mengeras dan menebal serta bagian pangkal kuku akan mengalami nekrosis. Umumnya anjing akan menggigiti bagian kakinya secara lembut secara terus menerus karena merasakan gatal di area kakinya.

Jika anjingmu memiliki gejala kaki seperti itu, alangkah baiknya dilakukan pemeriksaan feses, karena dengan pemeriksaan skin scrapping saja tidak akan dapat menegakkan diagnose. Selain itu umumnya dokter hewan akan menanyakan histori hewan kemudian melakukan biopsy jika dibutuhkan.
Namun, ada beberapa penyakit lain yang dapat menimbulkan gejala yang sama yaitu Pododemodicosis, Trombiculidiasis, Atopy, Pelora dermatitis, Autoimune disease, dan Zinc responsive dermatosis.

Kesimpulannya, jika anjingmu memiliki gejala yang demikian, langkah baiknya langsung diperiksakan ke dokter hewan dan hewan harus dikarantinakan dulu serta kotoran hewan harus segera dimusnahkan agar tidak menulari anjing lain bahkan pemilik hewan itu sendiri. Serta lakukan pencegahakan dengan memberikan obat cacing rutin baik bagi hewan maupun pemilik itu sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan kerja : Dohavets Qatar

Dokter-hewan.net - Dohavets yang berlokasi di Doha, Qatar membutuhkan asistant vet/paramedis. Adapun pengumumannya sebagai berikut : Job SummaryThe Veterinary Surgery also called as Dohavets is one of the oldest veterinary hospital in Doha , Qatar . We are seeking asst veterinarians who will help veterinarian in running a small animal hospital .Responsibilities and DutiesPlacing IV cathetersTaking digital radiographsAsst in doing endoscopyAsst is doing laser surgeryGiving injectable and oral medicinesAssist in handling of petsMonitoring anesthesiaAssisting EmergenciesRequired Experience, Skills and QualificationsBachelor of veterinary scienceBenefitsTraining will be providedHousing will be providedAir ticket will be provided for comingEvery year 21 days basic salary graduityEvery year 21 days paid leaveMedical Health card will be providedtransportation to work will be providedJob Type: Full-timeSalary: QAR4,000.00 to QAR5,000.00 /monthExperience:Veterinarian: 1 year (Preferred)Link to…

Lowongan Kerja : Awal Care Vet Clinic

Dokter-hewan.net - Awal Care Vet Clinic membuka lowongan kerja untuk dokter hewan Persyaratan:
- Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia
- Lulus Ujian Kompetensi
- Pria / Wanita
- Umur Maksimal 30 Tahun
- Berpengalaman lebih diutamakan
- Fresh Graduate dipersilahkan melamar
- Sehat jasmani dan rohani
- Dapat bekerjasama dalam tim
- Dapat berkomunikasi dengan baik
- Siap menerima tantangan
- Mempunyai motivasi yang tinggi
- Jujur dan bertanggung jawab
- Bersedia di tempatkan di wilayah Jakarta/ Bekasi
- Memiliki Hobi Traveling
- Memiliki Jiwa PengajarDokumen yang dibutuhkan:
1. Surat Lamaran & CV
2. Ijazah, Transkrip Nilai SKH & DRH
3. Ijazah D3 untuk Paramedis
4. Pasfoto Berwarna
5. Sertifikat CE Jika adaSemua File dalam bentuk PDF
dikirim ke email:
hrd.awalcare@gmail.com
Info WA Chat : 08126969256Lamaran paling lambat diterima 31 Desember 2018Sumber :
www.awalcare.com

Lowongan Kerja : PT. Hejo Jawa Barat

Dokter-hewan.net - Kami adalah PT. Hejo yang berkembang dan sudah berpengalaman lebih dari 30 Tahun dalam bidang peternakan ayam petelur dengan lokasi kerja di daerah Sukabumi Jawa Barat. Saat ini kami sedang membutuhkan tenaga kerja untuk posisi : 
KESEHATAN HEWAN
Persyaratan :  Pria, usia maks. 38 TahunPendidikan Program Profesi Dokter HewanMemahami manajemen ayam petelurPengalaman di bidang peternakan ayam petelur minimal 2 TahunMenguasai komputerDapat bekerjasama dengan team, disiplin dan jujurPenempatan kerja di Cicurug dan Cidahu Sukabumi Silahkan kirim surat lamaran anda ke alamat :  PT. Hejo Jl. Pahlawan No. 56 RT/RW 01/06 Kel. Empang, Kec. Bogor Selatan Kota Bogor 16132 Email : hejo.hrd@gmail.com HP : 0878 8531 0688