Skip to main content

Apakah kaki anjingmu seperti ini? Bisa jadi karena infeksi cacing tambang!


Dokter-Hewan.net - Hookworm larval dermatitis merupakan istilah peradangan pada kulit yang disebabkan oleh larva daric acing tambang. Larva merupakan tahapan hidup cacing setelah menetas dari telur. Umumnya saat tahap larva mereka akan melakukan migrasi untuk menemukan inangnya. Setelah nantinya menemukan inangnya, dia akan menjadi cacing dewasa.

Unicinaria stenocephala atau Ancylostoma spp. Merupakan jenis cacing tambang yang umumnya ditemukan. Mereka akan menetas dari feses hewan yang terinfeksi dan kemudian akan mencari inangnya. Uniknya, larva cacing ini akan masuk melalui kulit dan kemudian berpindah ke usus untuk menjadi cacing dewasa. Dan perlu di waspadai, cacing ini bisa juga secara tidak sengaja masuk ke dalam kulit manusia sehingga hal ini dapat dikategorikan zoonosis (penyakit yang bisa ditularkan dari hewan ke manusia maupun dari manusia ke hewan).

Umumnya, penyakit ini diderita oleh anjing yang sering bermain di luar yang bersentuhan dengan tanah dan rumput-rumputan. Jadi jika anjing kalian termasuk anjing outdoor sangat beresiko terhadap penyakit ini, sehingga cara pencegahannya adalah dengan memberikan obat cacing rutin dan pemeriksaan feses rutin di dokter hewan langganan anda.

Anjing yang terinfeksi larva ini, umumnya kaki yang terkena akan mengalami kebotakan, eritema, dan berkerak. Kemudian kulit pada kakinya akan mengeras dan menebal serta bagian pangkal kuku akan mengalami nekrosis. Umumnya anjing akan menggigiti bagian kakinya secara lembut secara terus menerus karena merasakan gatal di area kakinya.

Jika anjingmu memiliki gejala kaki seperti itu, alangkah baiknya dilakukan pemeriksaan feses, karena dengan pemeriksaan skin scrapping saja tidak akan dapat menegakkan diagnose. Selain itu umumnya dokter hewan akan menanyakan histori hewan kemudian melakukan biopsy jika dibutuhkan.
Namun, ada beberapa penyakit lain yang dapat menimbulkan gejala yang sama yaitu Pododemodicosis, Trombiculidiasis, Atopy, Pelora dermatitis, Autoimune disease, dan Zinc responsive dermatosis.

Kesimpulannya, jika anjingmu memiliki gejala yang demikian, langkah baiknya langsung diperiksakan ke dokter hewan dan hewan harus dikarantinakan dulu serta kotoran hewan harus segera dimusnahkan agar tidak menulari anjing lain bahkan pemilik hewan itu sendiri. Serta lakukan pencegahakan dengan memberikan obat cacing rutin baik bagi hewan maupun pemilik itu sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja PDHB Dokter Cucu

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)

Lowongan Kerja : Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan:
Dokter hewan untuk menjadi tenaga honorer di Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat, dgn kualifikasi sbb:
1. Diutamakan Laki-laki
2. Sert kompetensi/seminar/pelatihan
3. Fresh graduate dgn pengalaman magang di klinik/rsh
4. Diutamakan domisili di seputar Bandung raya
5. Bersedia bekerja dengan sistem shift (siang atau malam) dan bekerja pada hari libur
6. Mampu bekerja dalam tim dan dalam tekanan.
Lamaran ditujukan kepada: Kepala RSH Jawa Barat, Jl. Tangkuban Parahu Km 22, Cikole Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.
Atau Email ke yoni_dvm@yahoo.com dan cc ke rsh_cikole@yahoo.com
Paling lambat 27 Maret 2019.