Skip to main content

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri.

Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam. 

Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal?

Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat besar. Anda bisa meraba bagian perut induk, jika masih teraba seperti tengkorak atau sesuatu yang bulat dan terasa keras serta atau mungkin masih ada pergerakan, kemungkinan masih terdapat anak yang tertinggal di dalam rahim induk. Tak jarang pemilik yang membiarkannya. Dan sekedar informasi, jika hal ini dibiarkan dan dugaan benar bahwa ada fetus yang masih tertinggal dan sudah mati, fetus ini akan membusuk dan meracuni tubuh induk akibat tubuhnya menyerap bangkai anaknya yang masih berada di dalam uterus/rahim, yang pastinya akan membahayakan keadaan si induk. Risiko lain yang dapat terjadi adalah induk bisa mengalami infeksi pada saluran reproduksi pasca melahirkan sehingga terdapat akumulasi pus (nanah) dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Jika didapatkan kasus seperti itu, segeralah bawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapat pertolongan lebih lanjut. Namun, tetap perhatikan asupan makan dan minum induk untuk menunjang nutrisi pemberian air susu pada anak-anak kucing lainnya.

Comments

  1. Trus klo ditempat saya ini gak ada dokter hewan gimana? Apa yg hrs saya lakukan? Skrng kucingku 2 hari post melahirkan tp perutnya gak kempes2, dia gelisah trs gak mau makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok apa ada solusi lain selain operasi untuk kucing yg melahirkan namun 1 anaknya tertinggal d dalam .. obat herbal kucing atau apa ..

      Delete
    2. Kucing sy juga hari ini melahirkan, anaknya masih tertinggal didalam perut dan sy sangat khawatir😭 karena di daerah sy tidak ada dokter hewan😭

      Delete
  2. dok, kucing saya barusan melahirkan anak pertama dan mati dan setelah dia mengeluarkan lidah dan napas engos-engosan, gelisah kesana-kemari dan minta dielus-elus. pindah-pindah tempat. tapi setelah sekitar 30 menit atau 1 jam kucing tampak biasa. sementara tidak ada tanda-tanda mau melahirkan lagi dok. saya jadi gelisah 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama,kucing saya juga begitu😞

      Delete
    2. Jadi kondisi kucingnya gimana sekarang mba?

      Delete
    3. Sama kayak kucingku sekarang. Pertama sungsang mati kedua kek ada yg ganjal di jalan keluar. Dia udah ngeden luama lebih 10 jam an sampe pagi Ini masih ngeden. Kasian liatnya tapi gaada Wang buat ke dokter :"

      Delete
  3. Mau tanya kucing saya habis melahirkan 5 anak kucing kok perutnya masih besar saya raba kok kayak ada tonjolan... Apa itu kucing yg tertinggal..??? Kalau tertinggal apakah masih hidup apa sudah mati..??solusi terbaik apa ya.. Mohon informasinya..
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sama kaya kucingku gimana ini takut banget:(

      Delete
  4. Dok saya mau tanya.?
    3 hari yg lalu tgl 3-3-2020 kucing saya melahirkan, yg pertama kluar mati tanpa bulu, yg keluar kedua hidup ada bulunya tpi kecil sekali, trus mati di tanggal 4-3-2020..dan anehnya perut si kucing masih besar trus saya baca artikel ini saya jadi takut klo benar anaknya mati di dalam kandungan..pagi hari ini tgl 6-3-2020 mau saya bawa ke dokter..
    Ternyata saya lihat dia melahirkan 2 ekor anak lagi....

    Tolong beri saya penjelasanya dokter, kok bisa gitu yaa..??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaannya. Hal ini bisa saja terjadi akibat kawin berulang. Kucing merupakan hewan yang birahi dalam waktu yang panjang. Walaupun sudah berhasil dikawini, namun kucing akan menerima pejantan dalam rentang waktu yang berbeda-beda. Hal inilah yang menyebabkan kucing bisa hamil atau bunting dengan anaknya yang berumur berbeda-beda. Ada yang labih tua, masih muda dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, kami seringkali mengingatkan kepada pemilik hewan, agar tidak mengawinkan kucingnya dalam waktu yang jauh berbeda rentangnya dengan kawin pertama. Karena akan menghasilkan anakan yang berbeda umurnya, sehingga akan mengakibatkan kelainan dalam proses melahirkan. Mudah-mudahan bisa menjawab ya.

      Delete
    2. Jadi maksud dokter, si kucing betina bisa 2x dbuahi?? Jd klau sdh melahirkan yg 1, perutnya masih besar kemungkinan akan melahirkan lagi dlm waktu dekat?? Mohon pnjelasanny dok. Hal ini sedang saya alami.

      Delete
    3. Saya juga persis seperti ini dok. Mohon dijelaskan dok apakah kucingnya bakal lahiran lagi atau gimana ?

      Delete
  5. Dok kenapa ya kucing saya kan hamil utk yg pertama kali tapi baru ada sekitar 1 bulan dia kaya mau melahirkan keluar seperti air ketuban dan cairan tpi gak lahiran juga setelah 2hari gak lahiran juga dia lemas gamau makan terus mati😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bangettt keluar kayak gelembung air trs pecah dan masuk lagi anaknya. Kucingku dah ngeden lama gak keluar²

      Delete
  6. Dok kucing saya anak ny mati dlam perut gmna cara ny y
    Ksihan si induk ngeluarin nanah ama darah uda 3 hari
    Ad cara biar sehat kembali
    Selain d cesar

    ReplyDelete
  7. Dok kucing saya sedang hamil, sudah lumayan besar perutnya dia juga tidak terlalu aktif, tapi beberapa hari ini keluar darah dari vaginanya (tidak langsung banyak ,setetes-setetes) , kenapa bisa begitu ya dok? Apa janinnya baik2 saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, bagaimana keadaan kucing kk sekarang? Karena kucing saya juga sedang mengalami seperti ini

      Delete
    2. Lalu bagaimana keadaan kucimgnya sekarang kak? Kucing saya juga sedang mengalami seperti ini

      Delete
  8. Selamat malam dok , kucing saya hamil , dan melahirkan secara sungsang anak pertama dan mati beserta kluar sperti gumpalan lalu dimakan induk, lalu anak oertama saya kuburkan. tapi lebih dari 12 jam perut nya sprrti mssih agak membesar dok , sperti masih ada anak. apakah mninggal di dalam ya dok anak nya ? :( apa mungkin akan melahirkab lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo aku boleh tau nggak keadaan kucing kamu skrg gimana?

      Delete
    2. Dok kucing sya mengalami hal yg sma.keadaanya si klo sya liat b" aja.apakn msh berkemungkinan ank yg tertingal msh hdp?

      Delete
  9. Dok...kucing saya jumat tgl 3 april 2020 kemaren lahiran,tp setelah 2hr,tepatnya hari ini hari minggu saya raba masih ada 1 anak kucing di perutnya dan sdh tidak ada gerakan,gimana caranya mengeluarkan bayi yg mati di perut induknya dok?selain cara operasi ke klinik karna ekonomi saya tdk memungkinkan untuk membawa ke dokter hewan terdekat...mohon bantuannya...terima kasih

    ReplyDelete
  10. dok, kalau baca ini tolong direspon. kucing saya pagi tadi lahiran namun hanya satu anak saja yang tertinggal sisanya blm ada yang keluar sejak pagi sampai sekarang tengah malam. apakah anak yang didalam rahim itu mati dok? terima kasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mengetahui hidup atau matinya harus diperiksakan dulu ke dokter hewan ya kak. Selain itu, hal ini akan membahayakan untuk induknya. Alangkah baiknya dibawa ke dokter hewan terdekat ya kak, agar diberikan bantuan segera.

      Delete
  11. Dok kenapa kucing saya sudah melahirkan tapi cuma 2 anak saja tapi perut nya masih besar , beberapa hari setelah melahirkan dia keluar darah
    Itu kenapa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kucing saya juga begini, keadaan nya gmn skrg kucing kakak??? Tlong jwb kakk

      Delete
  12. Hallo Dok, mau tanya dong di rumah saya ada kucing liar yang suka minta makan dan baru2 ini dia lahiran 1 anak yang saya tau sisanya saya ga tau soalnya dia ga lahiran di deket rumah. Cuma saat balik main ke rumah perutnya masih agak besar, dan sekarang jadi lemes kucingnya, sering tidur, jalannya sempoyongan. Kira-kira kenapa ya Dok?

    ReplyDelete
  13. Pagi Dokter, kucing saya baru saja lahiran sudah lahir 3 anak, terakhir melahirkan jam 12 malam tadi sekarang jam 5.29 pagi, tp perutnya masih besar dan terlihat masih ada yg gerak. Apa tindakan saya selanjutnya dok? Saya takut terjadi apa" sama kucing saya..

    ReplyDelete
  14. boleh bantu sy x..kucing sy skg ank nue tersngkut...dri smlm...sy nk tarik kucing merayong2..boleh x bantu sy cara nk kuarkan ank yg tersngkut 2...skg masih melekat di bontot nye...

    ReplyDelete
  15. Dok 3hari kemarin kucing saya melahirkan 2 bayinya tanpa Ari Ari. Esoknya keluar bayi ke 3 (mati) dengan ari Ari. Apakah Ari Ari 2 bayi sebelumnya sudah keluar atau belum, seiring dengan keluarnya bayi yg ke3? Bagaimana penanganannya, Haruskah operasi? Kondisi indukan skrng lemas, makannya sedikit. Makasih ��

    ReplyDelete
  16. Dok 3hari kemarin kucing saya melahirkan 2 bayinya tanpa Ari Ari. Esoknya keluar bayi ke 3 (mati) dengan ari Ari. Apakah Ari Ari 2 bayi sebelumnya sudah keluar atau belum, seiring dengan keluarnya bayi yg ke3? Bagaimana penanganannya, Haruskah operasi? Kondisi indukan skrng lemas, makannya sedikit. Makasih 🙏

    ReplyDelete
  17. Dok mau nanya, di tempat saya ada kucing liar. Dia baru aj melahirkan di belakang rumah saya, anaknya ngeong2 terus. Tapi induknya gak peduli, malah tidur di depan rumah saya. Saya mau bawa anaknya tapi gak ada jalan untuk ke belakang rumah, anaknya udah seharian ngeong2 kayanya belum disusui oleh induknya sama sekali. Induknya dikasih makan juga gak mau makan, ini kenapa ya dok? Saya kasihan sama anaknya baru lahir tapi udah menderita kelaparan 😭😭 Mohon penjelasan dan sarannya dok terimakasih

    ReplyDelete
  18. Dok mau nanya, di tempat saya ada kucing liar. Dia baru aj melahirkan di belakang rumah saya, anaknya ngeong2 terus. Tapi induknya gak peduli, malah tidur di depan rumah saya. Saya mau bawa anaknya tapi gak ada jalan untuk ke belakang rumah, anaknya udah seharian ngeong2 kayanya belum disusui oleh induknya sama sekali. Induknya dikasih makan juga gak mau makan, ini kenapa ya dok? Saya kasihan sama anaknya baru lahir tapi udah menderita kelaparan 😭😭 Mohon penjelasan dan sarannya dok terimakasih

    ReplyDelete
  19. Dok,mau nanya. Kucing saya juga habis melahirkan tpi yang di lahirin cuma 2 anak, dan itu pun gak ada yg selamat. Tpi setelah saya lihat lihat perutnya masih buncit, dan saya raba raba, masih agak keras kayak nya itu memang anak nya yang masih ada di dalam perutnya. Tpi ini sudah 4 hari setelah melahirkan, dan tadi barusan dia mengeluarkan darah dari vagina nya, saya takut kucing saya kenapa napa, saya tidak mau kehilangan dia😭. Saya pengen bawa dia ke dokter hewan tapi tidak ada dana😭. apa ada solusi nya selain operasi dok?

    ReplyDelete
  20. Mau nanya nih.. Kucing saya baru aja lahiran set4 sore tadi tapi baru satu yang keluar anaknya. Dan di dalam induknya masih ada beberapa kepegang. Namun induknya udah tidak mau buat usaha ngelahirin sampai di bantu di pijat perutnya pun tidak mau. Iti gimana ya?? Mau di bawa ke dokter hewan juga jauh banget jaraknya. Takut kenapa-napa.

    ReplyDelete
  21. Dok saya mau bertanya, kucing saya mau melahirkan terus tadi malam mengeluarkan darah dan sesuatu yg berbentuk seperti daging, tapi sampai pagi ini anaknya belum ada yg keluar, dan sekarang kucing saya jadi lemes, itu kenapa ya dok? Saya jadi takut terjadi sesuatu dengan kucing saya

    ReplyDelete
  22. Dokter kenapa sih gak mau bales pertanyaannya😭😭😭😭😭

    ReplyDelete
  23. Bagaimana ditempat saya tidak ada dokter hewan dok? Apa yang harus saya lakukan dokter saya sangat khawatir

    ReplyDelete
  24. ga ada tanggapan dari dokternya

    ReplyDelete
  25. Dok mohon d jawab 🙏🙏 saya ign menyelamatkan induk & sisa bayiknya 🙏 kucing saya baru melahirkan sdh 3 Minggu tp perutnya masih besar dan agak keras , d raba ada benjolan dlm perutnya .bahkan 1 anak yg menyusui mati gara2 sesak perutnya semakin gede membesar. Pas mati mengeluarkan cairan kaya gel sangat kental di mulut dan anusnya. Itu knp ya dok ?? Pdhl saya TDK beri apa2 cuma menyusui ,apa ada penyakit dlm induknya ?? Saya takut bayik yang lain bahkan induknya juga sprt itu perutnya .. 😥😢

    ReplyDelete
  26. Dok saya mau tanya saya punya kucing domestik belang 3 baru melahirkan 4hr yg lalu anaknya ada 3 yg 2 lahir di hari yg sama yg 1nya sehari berikut nya lahir tp saya khawatir masih ada anak kucing yg tertinggal di dalam perut. Terkadang saya pegang perutnya kaya masih ada benjolan bulat gitu kaya kepala anak kucing tp kadang jga gada. Itu gmn ya dok?? Trus kira2 biaya operasi nya brapa ya?? Apakah ada bantuan lain supaya biayanya lebih ringan. Induk kucing sering sekali seperti yg kehausan atau kepanasan dgn menjulurkan lidahnya

    ReplyDelete
  27. Banyak respon dan pertanyaan tapi sayang tidak ada jawaban.
    Padahal permasalahan kucing yang di alami mengkhawatirkan pemilik dan tidak tau harus bagaimana

    ReplyDelete
  28. Dok gimana kucing saya sudah lahiran duandua anak nua selamat tapi kok perutnya masih besar udah aku rogoh kok kaya ada tulang benjolan juga setiap hari induknya keluarin dah gimana dok aku khawatir sekali tolong solusinya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan

Hernia Umbilical pada Anjing

Dokter-hewan.net - Anjing merupakan hewan kesayangan yang sangat menggemaskan dan sangat setia kepada pemiliknya, sehingga pemilik hewan kesayangan khususnya anjing sangat ingin hewannya selalu sehat dan dalam kondisi terbaik. Salah seorang pemilik anjing kesayangan berkonsultasi dengan dokter-hewan.net melalui media sosial line@, dan kami dari tim dokter-hewan.net menduga sementara anjing klien tersebut menderita penyakit yang disebut hernia umbilical. Apa itu hernia umbilical? Hernia umbilical merupakan penonjolan (menggembung) dari lapisan perut, lemak perut atau bagian dari organ perut melalui daerah umbilikus (pusar). Umbilicus pada anjing dan kucing terletak di bagian tengah tepat dibawah tulang rusuk atau dalam istilah medisnya disepanjang garis linea alba dari bagian abdomen.  Apa penyebab hernia umbilical?  Umbilical atau pusar berfungsi untuk memberikan nutrisi kepada janin pada saat masih di dalam kandungan. Pusar akan dilewati oleh pembuluh darah dan sar