Skip to main content

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri.

Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam. 

Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal?

Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat besar. Anda bisa meraba bagian perut induk, jika masih teraba seperti tengkorak atau sesuatu yang bulat dan terasa keras serta atau mungkin masih ada pergerakan, kemungkinan masih terdapat anak yang tertinggal di dalam rahim induk. Tak jarang pemilik yang membiarkannya. Dan sekedar informasi, jika hal ini dibiarkan dan dugaan benar bahwa ada fetus yang masih tertinggal dan sudah mati, fetus ini akan membusuk dan meracuni tubuh induk akibat tubuhnya menyerap bangkai anaknya yang masih berada di dalam uterus/rahim, yang pastinya akan membahayakan keadaan si induk. Risiko lain yang dapat terjadi adalah induk bisa mengalami infeksi pada saluran reproduksi pasca melahirkan sehingga terdapat akumulasi pus (nanah) dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Jika didapatkan kasus seperti itu, segeralah bawa ke dokter hewan terdekat untuk mendapat pertolongan lebih lanjut. Namun, tetap perhatikan asupan makan dan minum induk untuk menunjang nutrisi pemberian air susu pada anak-anak kucing lainnya.

Comments

  1. Trus klo ditempat saya ini gak ada dokter hewan gimana? Apa yg hrs saya lakukan? Skrng kucingku 2 hari post melahirkan tp perutnya gak kempes2, dia gelisah trs gak mau makan.

    ReplyDelete
  2. dok, kucing saya barusan melahirkan anak pertama dan mati dan setelah dia mengeluarkan lidah dan napas engos-engosan, gelisah kesana-kemari dan minta dielus-elus. pindah-pindah tempat. tapi setelah sekitar 30 menit atau 1 jam kucing tampak biasa. sementara tidak ada tanda-tanda mau melahirkan lagi dok. saya jadi gelisah 😢

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Lowongan Kerja : PT. SANBIO LABORATORIES

Dokter-hewan.net - LOWONGAN KERJA
PT. SANBIO LABORATORIES (Produsen Vaksin Unggas)STAFF  RESEARCH AND DEVELOPMENT
LULUSAN DOKTER HEWAN
1. Diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang Virologi (penyakit unggas)
2. Laki-laki maksimal umur 27 tahun
3. Memiliki IPK minimal 3.00
4. Disiplin,  teliti,  mampu bekerjasama dalam tim dan dibawah tekanan
5. Bertanggung jawab dan mau belajarkirimkan surat lamaran, curiculum vitae, FC Ijazah, dan transkrip nilai paling lambat tanggal 31 Januari 2019  ke email sanbiolabs@gmail.com

IPB Training Proper Physical Examination

Dokter-hewan.net


Dear para kolega dokter hewan dan mahasiswa koas

Sudah siap untuk meng-upgrade ilmu dan kompetensi?
Ingin mengetahui dan memahami basic knowledge yang harus dimiliki dokter hewan praktisi pemula dan cara melakukan Physical Examination yang baik dan benar pada berbagai kasus klinik hewan.

IPB Training akan menyelenggarakan training Proper Physical Examination untuk Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil

🗓 25-27 Januari 2019
🏢 IPB Science Techno Park Jalan Taman Kencana nomor 3, Bogor.

Kegiatan ini bertujuan agar peserta mampu melakukan physical examination dengan baik dan benar serta mengetahui basic knowledge yang harus dimiliki dokter hewan praktisi pemula.

Peserta yang disarankan untuk mengikuti kegiatan ini :
👥 Dokter Hewan pada Klinik Hewan/ Rumah Sakit Hewan dengan pengalaman praktik dibawah 5 tahun.
👥 Mahasiswa PPDH (coass)


Trainer yang menjadi narasumber di antaranya:

👩🏻‍⚕ Wiwiek Bagja (Drh)
Ketua umum PB PDHI 2006-2010 dan 2010-2014

👩🏻‍⚕ Cucu K. Sajuthi (Dr…