Skip to main content

Jerawat Kucing : Gejala, Diagnosa dan Terapi dari Chin “Blackhead” pada Kucing

Feline Acne
Pengertian
Jerawat Kucing (Feline Acne) adalah kelainan kondisi pada dagu kucing yang disebabkan oleh komedo (blackhead).

Penyebab dari Jerawat Kucing
Penyebab sebenarnya masih belum diketahui, namun beberapa factor dapat memicu terjadinya kelainan ini, termasuk stress, menurunnya system imun, praktik gromming yang tidak benar, dan kejadian atau efek dari penyakit lain, dermatitis dan kondisi minyak yang berlebihan yang disebabkan oleh folikel rambut yang tidak berfungsi dengan baik.

Gejala jerawat kucing  
  • Banyak komedo pada bagian dagu dan mulut kucing
  • Dagu kucing terlihat kotor
  • Komedo menyebabkan terjadinya abses
  • Pada beberapa kasus, rambut rontok, dan adanya bengkak pada dagu.
  • Menyebabkan rasa gatal sehingga kucing sering menggaruk dagu dan menyebabkan trauma pada dagu.
  •  Dapat menyebabkan terjadinya infeksi sekunder.
  •  Pada kucing Persia, kondisi ini dapat menyebabkan efek lipatan pada muka dan kulit.
  •  Jerawat kucing dapat muncul pada segala jenis kucing, baik jantan maupun betina dan semua umur.

Mendiagnosa Jerawat pada Kucing
Cara mendiagnosanya adalah melakukan skin scrapping pada lesi-lesi yang ditimbulkan, karena beberapa penyakit juga menimbulkan hal yang sama seperti demodicois, infeksi Malassezia (jamur), alergii, ringworm dan kondisi eosinophilic granuloma complex. Biopsi pada kulit juga dianjurkan dilakukan untuk mendiagnosa penyakit ini. Kultur bakteri juga dilakukan untuk mengetahui infeksi sekunder yang mungkin terjadi pada lesi yang ditimbulkan.

Penyembuhan jerawat pada kucing
Jerawat pada kucing dapat di control namun sebenarnya tidak sepenuhnya sembuh. Caranya adalah dengan mengganti sampo kucing dengan sampo antiseborrheic (mengandung benzoyl peroxide dengan konsentrasi kurang dari 3%, atau benzoil peroxide gel yang berfungsi untuk menghancurkan minyak pada kelejar minyak. Suplement yang kaya akan asam lemak akan sangat bermanfaat. Kemudian pemberian antibiotic baik oral maupun topical seperti mupirocin, akan menghindari kucing dari infeksi sekunder. Jika inflamasi yang terjadi berlebihan, berikan kortikosteroid seperti prednisolone.

Pada kondisi lainnya seperti ringworm, infestasi demodex, atau infeksi jamur harus diobati dengan telaten.


Akan sangat membantu untuk mengganti mangkuk makanan dan minuman dengan mangkuk yang menggunakan bahan stainless steel atau kaca. Karena mangkuk makanan yang terbuat dari plastic dapat menyebabkan respon alergi pada kucing. Pemilihan mangkuk yang lebih landay akan sangat membantu karena dagu kucing tidak akan basah terkena cipratan air. Pastikan setelah kucing makan atau minum, lap dagu kucing agar tidak lembab atau basah. 

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)