Skip to main content

Gromming Sendiri di Rumah (Kucing)

                Bagi pecinta hewan kesayangan pasti tidak asing lagi dengan kata gromming (memoles),yaitu suatu proses membuat / memoles hewan kesayangan menjadi lebih cantik dan tampil sempurna serta bersih.Akan tetapi,karena tidak tahu bagaimana cara yang baik dan benar memaksa kita untuk menyerahkannya ke pihak yang menyediakan jasa yang berarti harus merogoh kocek lebih dalam lagi.
                Nah,kali ini saya akan mencoba memberikan tipsnya untuk pembaca semuanya,tapi sebelumnya harus nyiapin sisir,gunting kuku (kalau bisa yang khusus hewan),handuk,hairdryer,cotton bud,baby oil,shampo kucing, dan handuk besar.


Pre-Memandikan (sebelum memandikan)
                Sebelumnya pastikan kucingnya dalam keadaan sehat dengan ciri-ciri kelihatan ceria,mata bersih,aktif dan tidak ada perubahan sikat dari hari-hari biasanya,kalau bisa ukur suhu tubuhnya.Kemudian barulah tahap selanjutnya dengan menggunting kuku dengan memperhatikan garis dan struktur kuku,yang digunting hanya bagian yang berwarna putih saja.
                Pada bagian telinga kita bersihkan dengan kapas atau cotton bud yang sebelumnya telah diusap dengan baby oil.Perlu di perhatikan,yang dibersihkan hanya bagian luar saja,jadi tidak perlu membersihkan yang bagian dalam,karena secara otomatis akan keluar sendirinya,selain itu difungsikan agar kucing tidak merasa tersakiti.
                Pada bagian mata,kita bersihkan dengan kapas yang telah di basahi dengan air hangat dengan mengarahkan kepala ke arah atas dan hapus semua kotoran yang berada di sekitar mata dan sebagainya.
                Sebelum memandikan,perlu juga menyisir dulu rambut-rambut yang menggumpal agar terurai,kemudian disikat agar bulu yang rontok terangkat.Kalau seandainya bulu yang menggumpal terlalu susah di sisir,bisa ditaburi dengan bedah terlebih dahulu,kemudian sisir lagi dengan cara yang halus.
Cara Memandikan
                Siapkan air hangat dalam bak air,kemudian masukkan kucing dalam bak air,basahi tubuh dengan gayung maupun shower hingga rata dari tengkuk sampai ekor,dan perlu di perhatian agar bagian muka dan telinga jangan sampai tersiram air.
                Kemudian beri sampho yang sesuai dengan kucing dan pijat serta digosok hingga merata keseluruh tubuh.Bisa juga menggunakan sikat karet agar sampho menyentuh bagian dasar kulit,dan ingat lagi,jangan sampai muka dan telinga serta mata terkena oleh sampho.
                Setelah rasanya bersih dan rata,kucing di bersihkan dengan cara di guyur dengan air ataupun shower sampai bersih sehingga busa shampo tidak ada lagi.Kemudian angkat kucing dan selimuti dengan handuk hingga setengah kering.
                Pada bagian muka dan kepala yaitu disekitar mata dan hidung dibersihkan dengan washlap sampai bersih.Kemudian keringkan dengan hair dryer atau blower pada jarak yang aman sambil disisir hingga kering sempurna sampai dasar kulit.
Cara Merawat Bulu
                Perawatan sedikitnya sekali seminggu dengan cara menyisir bulu bagian perut dan kaki sampai tidak kusut.Kemudian sisir bagian kepaa dari atas hingga bawah,dan juga bagian punggung hingga pangkal ekor dan ujung ekor.Kemudian berbalik arah sehingga bulu bulu yang mati terangkat.
                Untuk memisahkan gumpalan bulu,taburkan sedikit bedak kemudian pisahkan gumpalan bulu dengan tangan hingga terpisah menjadi helaian helaian.Sisir bulu disekitar leher dengan arah bolah balik hingga mengembang dan sikat bulu ekor secara perlahan ke arah luar.
Cara Merawat Telinga
                Secara rutin cek telinga setiap 2 hari sekali dengan membersihkan kotoran telinga 1 minggu sekali.Dengan cara pegang dan miringkan kepala kucing dan buka daun telinga lalu bersihkan dengan kapas yang telah diberi baby oil atau juga bisa menggunakan cotton bud dan jangan terlalu dalam.
Cara Merawat Mata
                Sebaiknya dilakukan setiap hari dengan memegang kepala kucing,condongkan ke atas dan usap dengan kapas yang telah dibasahi air hangat atau cairan pembersih.Setelah bersih usap lagi telinga dengan kain kering agar telinga bersih dan kering kembali.
Cara Memotong Kuku
                Pertama berikan tekanan ringan pada ujung kaki sehingga kuku kuku keluar,dan potong ujung putih dengan gunting yang tajam.
Cara Merawat Gigi
                Tekan sudut-sudut rahang dengan ibu jari dan telunjuk hingga mulut terbuka,kemudian sikat gigi secara perlahan dengan sikat gigi kecil.

NB : Tindakan ini bisa diterapkan pada hewan yang lain sesuai dengan kebutuhan.Seperti pada anjing dan lain lain.

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online?

Dokter-hewan.net - Seiring dengan perkembangan teknologi, seringkali antara pemilik hewan kesayanan dan dokter hewan terlibat diskusi di media sosial, fitur pesan dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar pemilik hewan akan kecewa karena dokter hewan hanya memberikan arahan agar hewannya langsung di bawa ke dokter hewan terdekat, bukannya diberikan alternatif obat. Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online? Berikut adalah alasannya.  Dokter hewan bukanlah dukun Alasan utama adalah dokter hewan bukanlah dukun yang dapat merasakan kondisi hewan anda jarak jauh. Dokter hewan harus mengetahui riwayat penyakit hewan, kemudian melakukan pemeriksaan fisik. Mulai dari suhu, pernafasan, denyut jantung sampai ke hal yang sederhana misalnya kulit, kuku, telinga dan lain sebagainya. Ketika saat pemeriksaan fisik, dokter hewan akan memiliki banyak pertanyaan di dalam otaknya, apa saja penyakit yang memiliki gejala yang sama. Kemudian jika masih belum menemukan gejala spesifik …

Lowongan Kerja : Management Trainee Vaksin Unggas

Dokter-hewan.net - Perusahaan sing bergerak dalam produksi vaksin unggas mencari kandidat untuk posisi Management Trainee dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria usia maksimal 27 TahunDiutamakan lulusan kedokteran hewan (fresh graduate) atau Pendidikan teknik industri, teknik mesin dan teknik elektro berpengalaman minimal 2 Tahun sebagai supervisor dan pernah memimpin anak buah. IPK 2,75 (Universitas Negeri) atau IPK 3 (Universitas Swasta Terkemuka)Penempatan di Kabupaten BogorHarus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik tulisan maupun verbalBersedia melakukan perjalanan ke luar negeri Email CV ke santo@biotis.id, cc ke susantomurti@gmail.com

Benarkah puppies jantan mengalah kepada puppies betina?

Dokter-hewan.net - Tahukah kamu anak anjing atau puppies sudah mulai berinteraksi dan bermain bersama sejak usia muda, lebih kurang usia 7 minggu.  
Sebuah penelitian tentang animal behavior atau tingkah laku hewan menemukan fakta lucu tentang anak anjing, yaitu anak anjing jantan akan selalu mengalah dengan anak anjing betina ketika mereka bermain. 
Penelitian tersebut mengemukakan bahwa anak anjing jantan akan bermain lebih lembut (soft) kepada anak anjing betina agar betina menang, sehingga anjing betina akan terus bermain dengannya (anak anjing jantan). 
Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa, anak anjing yang sama dipersilahkan bermain dengan anak anjing jantan lainnya, namun perlakuan yang di dapat berbeda, yaitu anak anjing jantan akan berkompetisi satu sama lain dengan kuat, dan tidak mengenal ampun. 
Bagaimana menurut kalian? (hp).