Skip to main content

Gromming Sendiri di Rumah (Kucing)

                Bagi pecinta hewan kesayangan pasti tidak asing lagi dengan kata gromming (memoles),yaitu suatu proses membuat / memoles hewan kesayangan menjadi lebih cantik dan tampil sempurna serta bersih.Akan tetapi,karena tidak tahu bagaimana cara yang baik dan benar memaksa kita untuk menyerahkannya ke pihak yang menyediakan jasa yang berarti harus merogoh kocek lebih dalam lagi.
                Nah,kali ini saya akan mencoba memberikan tipsnya untuk pembaca semuanya,tapi sebelumnya harus nyiapin sisir,gunting kuku (kalau bisa yang khusus hewan),handuk,hairdryer,cotton bud,baby oil,shampo kucing, dan handuk besar.


Pre-Memandikan (sebelum memandikan)
                Sebelumnya pastikan kucingnya dalam keadaan sehat dengan ciri-ciri kelihatan ceria,mata bersih,aktif dan tidak ada perubahan sikat dari hari-hari biasanya,kalau bisa ukur suhu tubuhnya.Kemudian barulah tahap selanjutnya dengan menggunting kuku dengan memperhatikan garis dan struktur kuku,yang digunting hanya bagian yang berwarna putih saja.
                Pada bagian telinga kita bersihkan dengan kapas atau cotton bud yang sebelumnya telah diusap dengan baby oil.Perlu di perhatikan,yang dibersihkan hanya bagian luar saja,jadi tidak perlu membersihkan yang bagian dalam,karena secara otomatis akan keluar sendirinya,selain itu difungsikan agar kucing tidak merasa tersakiti.
                Pada bagian mata,kita bersihkan dengan kapas yang telah di basahi dengan air hangat dengan mengarahkan kepala ke arah atas dan hapus semua kotoran yang berada di sekitar mata dan sebagainya.
                Sebelum memandikan,perlu juga menyisir dulu rambut-rambut yang menggumpal agar terurai,kemudian disikat agar bulu yang rontok terangkat.Kalau seandainya bulu yang menggumpal terlalu susah di sisir,bisa ditaburi dengan bedah terlebih dahulu,kemudian sisir lagi dengan cara yang halus.
Cara Memandikan
                Siapkan air hangat dalam bak air,kemudian masukkan kucing dalam bak air,basahi tubuh dengan gayung maupun shower hingga rata dari tengkuk sampai ekor,dan perlu di perhatian agar bagian muka dan telinga jangan sampai tersiram air.
                Kemudian beri sampho yang sesuai dengan kucing dan pijat serta digosok hingga merata keseluruh tubuh.Bisa juga menggunakan sikat karet agar sampho menyentuh bagian dasar kulit,dan ingat lagi,jangan sampai muka dan telinga serta mata terkena oleh sampho.
                Setelah rasanya bersih dan rata,kucing di bersihkan dengan cara di guyur dengan air ataupun shower sampai bersih sehingga busa shampo tidak ada lagi.Kemudian angkat kucing dan selimuti dengan handuk hingga setengah kering.
                Pada bagian muka dan kepala yaitu disekitar mata dan hidung dibersihkan dengan washlap sampai bersih.Kemudian keringkan dengan hair dryer atau blower pada jarak yang aman sambil disisir hingga kering sempurna sampai dasar kulit.
Cara Merawat Bulu
                Perawatan sedikitnya sekali seminggu dengan cara menyisir bulu bagian perut dan kaki sampai tidak kusut.Kemudian sisir bagian kepaa dari atas hingga bawah,dan juga bagian punggung hingga pangkal ekor dan ujung ekor.Kemudian berbalik arah sehingga bulu bulu yang mati terangkat.
                Untuk memisahkan gumpalan bulu,taburkan sedikit bedak kemudian pisahkan gumpalan bulu dengan tangan hingga terpisah menjadi helaian helaian.Sisir bulu disekitar leher dengan arah bolah balik hingga mengembang dan sikat bulu ekor secara perlahan ke arah luar.
Cara Merawat Telinga
                Secara rutin cek telinga setiap 2 hari sekali dengan membersihkan kotoran telinga 1 minggu sekali.Dengan cara pegang dan miringkan kepala kucing dan buka daun telinga lalu bersihkan dengan kapas yang telah diberi baby oil atau juga bisa menggunakan cotton bud dan jangan terlalu dalam.
Cara Merawat Mata
                Sebaiknya dilakukan setiap hari dengan memegang kepala kucing,condongkan ke atas dan usap dengan kapas yang telah dibasahi air hangat atau cairan pembersih.Setelah bersih usap lagi telinga dengan kain kering agar telinga bersih dan kering kembali.
Cara Memotong Kuku
                Pertama berikan tekanan ringan pada ujung kaki sehingga kuku kuku keluar,dan potong ujung putih dengan gunting yang tajam.
Cara Merawat Gigi
                Tekan sudut-sudut rahang dengan ibu jari dan telunjuk hingga mulut terbuka,kemudian sikat gigi secara perlahan dengan sikat gigi kecil.

NB : Tindakan ini bisa diterapkan pada hewan yang lain sesuai dengan kebutuhan.Seperti pada anjing dan lain lain.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya

Dokter-hewan.net - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada Klinik Hewan dan pengendalian pemotongan Betina Produktif, maka dibutuhkan tenaga Medik Veteriner dengan kriteria sebagai berikut : Menguasai rektal, penyakit hewan dan pengobatan hewanBerkelakuan baik, sehat jasmani rohani dan bebas narkobaLulusan PT Negeri atau PT Swasta bereputasi baik dengan IPK min. 2,75 (skala 4)Usia maksimal 35 TahunDiutamakan Laki-laki Warga SUrabaya (KTP) Surabaya Lamaran diajukan kepada Sekretariat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Jl. Pagesangan II No. 56 (60233) Surabaya dengan disertai kelengkapan sebagai berikut :  Surat lamaranCVPas Foto berwarna 4x6 sebanyak 2 buahFotokopi KTPFotokopi Ijazah dan transkrip nilaiFotokopi sertifikat khusus (STRV dan Kompetensi) yang di klinik, paling lambat tanggal 20 November 2017 Melalui surat ini mohon bantuan untuk mengumumkan dilingkungan kampus, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih. 
Kepala dinas,  Ir. JOESTAMADHI, M.Si

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.  Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 
Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 
Seperti halnya pada manusia, ketika …

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Akeso di Brunei Darussalam

Dokter-hewan.net - Klinik hewan Akeso yang terletak di negara Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan praktisi dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria/WanitaBerpengalaman/Fresh GraduateDisiplin, Bertanggung Jawab dan dapat bekerja dalam tim. Telah selesai menempuh pendidikan dokter hewan (drh). Jika anda tertarik, silahkan kirimkan lamaran anda ke email akeso.vet@gmail.com dengan ketentuan, attach file sebagai berikut :  Pas Photo Scan Identitas diri (KTP/Passport)CVResumeScan Ijazah dan TranskripScan Sertifikat yang berkaitan.  Selamat mencoba : )