Skip to main content

Konsep Proteksi Radiasi

Adapun konsep proteksi radiasi antara lain :

  • Justifikasi
Setiap pemakaian radioaktif atau sumber lainnya harus didasarkan pada asas manfaat.Suatu kegiatan yang mencakup paparan atau potensi paparan hanya disetujui jika kegiatan itu akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar bagi individu atau masyarakat dibanding kerugian atau bahaya yang akan tibul terhadap kesehatan.
  • Limitasi
Dosis ekuivalen yang diterima pekerja radiasi atau masyarakat tidak boleh melampaui batas dosis (NBD) yang telah ditetapkan.Batas dosis bagi pekerja radiasi dimaksudkan untuk mencegah munculnya efek deterministik (non-stokastik) dan mengurangi peluang terjadinya efek stokastik
  • Optimisasi
Semua penyinaran harus diusahakan serendah-rendahnya dengan mempertimbangkan faktor ekonomi dan sosial.dan juga harus direncanakan serta radiasi harus dirancang dan dioperasikan untuk menjamin agar paparan radiasi yang terjadi dapat ditekan serandah-rendahnya.

Comments

  1. Sip, ini bagus untuk wawasan dokter hewan maupun calon dokter hewan, terutama yang bergerak d bidang praktisi, yaitu terkait penggunaan Radiografi sbagai peneguh diagnosa. Bisa dibahas lebih dalam lagi, aplikasi penerapan justifikasi, limitasi, dan optimasi tsb..
    Misalnya, persiapan (alat, ruangan, operator maupun pasien) untuk melakukan Radiografi, Pengambilan Radiografi, serta tata cara yang
    harus dipenuhi terkait Interpretasi Radiografi.
    Sehingga konsep proteksi yg dimaksud dapat dipenuhi, baik proteksi trhadap operator (dokter hewan), pasien (hewan), maupun lingkungan.

    Semoga informasi dari blog ini bermanfaat. Viva veteriner!

    ReplyDelete
  2. makasih udah berkunjung mas,Insyaallah akan saya jelasin lebih dalam lagi..:) Cari sumber dulu..:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)