Skip to main content

Pubertas Pada Laki-laki/Jantan

Pubertas adalah masa mulainya siklus menstruasi pertama (pada perempuan/betina) atau mimpi basah (pada laki-laki/jantan) hingga berhentinya pertumbuhan tulang atau dewasa fisik (Ardian,2008)

#Pra-Pubertas
Penyebab pubertas disebabkan oleh :
  • Kelenjar Pituitary
Kelenjar ini mengeluarkan dua hormon yaitu hormon pertumbuhan yang berpengaruh dalam menentukan besarnya individu,serta hormon yang berpengaruh dalam menentukan besarnya individu,serta hormon gonadotrofik yang merangsang gonad untuk meningkatkan kegiatan.

Sebelum masa puber secara bertahap jumlah hormon gonadotrofik semakin bertambah dan kepekaan gonad terhadap hormon gonadotrofik juga atau akan semakin bertamabh,dalam keadaan demikian perubahan-perubahan pada masa puber mulai terjadi.

  • Gonad
Sesuai dengan pertumbuhan gonad,maka semakin tumbuh dan besarnya gonad sangat menentukan pubertas.Yaitu terjadinya perubahan pada organ-organ sex yaitu ciri-ciri sex sekunder seperti rambut kemaluan mulai berkembang.

  • Kelenjar Pituitary +  Gonad
Hormon yang dikeluarkan oleh gonad yang telah dirangsang oleh hormon gonadotrofik yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitary,selanjutnya secara langsung menyebabkan penurunan jumlah hormon pertumbuhan sehingga menghentikan proses pertumbuhan.Kerjasama ini akan terus terjadi sepanjang kehidupan reproduksi individu dan lambat laun berkurang menjelang monopause bagi wanita dan climacteric bagi pria (rydenmas,2010)


Namun berdasarkan sumber lain,pubertas dipengaruhi oleh 2 orang penting yaitu hypotalamus dan hipofisa.Hypotalamus akan memberikan isyarat kapan pubertas harus dimulai kepada hipofisa sehingga isyarat tersebut akan ditindak dengan pelepasan hormon gonadotropin (GnRH) yang akan mengatur kelenjar kelamin (testis) untuk mensekresikan hormon kelamin (Ardian,2008)

Jadi dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebelum pubertas hormon kelamin belum aktif karena hipofisa belum diberikan kode/isyarat oleh hipotalamus.Jika hipotalamus sudah memberikan isyarat,maka hipofisa akan mengeluarkan hormon gonadotropin untuk mengaktifkan/mensekresikan hormon kelamin.

#Setelah Pubertas

Setelah terjadi pubertas adapaun perubahan yang di alami antara lain,perubahan primer,perubahan sekunder dan perubahan emosional.

  • Perubahan Primer
Gonad pada testis yang terletak di scrotum di luar tubuh pada usia 14 tahun baru sekitar 10% dari ukuran matang.Kemudian terjadi pertumbuhan pesat selama 1 atau 2 tahun.Setelah itu mengalami penurunan.Testis sudah berkembang penuh pada usia 20 atau 21 tahun.Kalau fungsi organ sudah matang makan akan terjadi mimpi basah.
  • Perubahan Sekunder
Pada pria perubahan sekunder yang terjadi antara lain,lengan dan tungkai kaki pertambah panjang,tangan dan kaki bertambah besar,pundak dan dada bertambah besar dan bidang,otot menguat,tulang wajah memangjang dan membesar,tumbuh jakun,tumbuh rambut-rambut ketiak,sekitar muka dan penis,dan buah zakar membesar serta suara juga membesar.Dan juga keringat bertambah banyak,kulit dan rambut mulai berminyak.
  • Pertumbuhan Emosional
Masa pubertas disebut juga masa emosi,labil dan sebagainya.Karena itu disebabkan oleh perubahan fisik dan biologis serta perubahan tuntutan dari lingkungan sehingga di perlukan suatu proses adaptasi atau penyesuaian diri dari remaja (puber) (rydenmas,2010)

Sumber :

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan

Lowongan kerja : PT. Sistem Manajemen Dewarangga

Dokter-hewan.net - Saya Zukhrufa - HR Recruitment dari PT Sistem Manajemen Dewarangga. Klinik Hewan PetPro (PT Penolong Hewan Indonesia dari Dewarangga Group) saat ini sedang membuka lowongan untuk posisi: Dokter Hewan Senior Dokter Hewan Junior Berikut saya lampirkan poster lowongan kerja untuk kedua posisi di atas.  Terima kasih sudah berkenan untuk membagikan informasi lowongan kerja di Klinik Hewan PetPro. Bantuan Anda sangat berarti bagi kami. Zukhrufa Nurillah - HR Recruitment PT. Sistem Manajemen Dewarangga Website: dewarangga.com Email: rekrutmen@dewarangga.com Alamat Kantor: Jl. Raya Cimatis No. 17 RT 003 RW 011, Jatikarya, Jatisampurna, Bekasi