Skip to main content

Seputar HPA Axis dan POMC

  •  HPA Axis
HPA Axis ( Hypotalamus Pituitary Adrenal Axis) merupakan sebuah perangkat kompleks yang berpengaruh langsung dan memberikan interaksi umpan balik antara hypotalamus,kelenjar pituitary dan kelenjar adrenal (suprarenal).
HPA Axis sendiri merupakan bagian utama dari sistem neurodokrin yang mengendalikan reaksi terhadap stress dan mengatur proses tubuh termasuk pencernaan,sistem imun,emosi,seksualitas,serta penyimpanan/pelepasan energi.
Kemudian secara sederhana,HPA Axis ini adalah mekanisme umum untuk interaksi antara kelenjar,hormon,dan bagian otak tengah yang menengahi General Adaptation Syndrome (GAS).
General Adaptation Syndrom (GAS) adalah adaptasi umum tubuh mereaksikan stress.

  • POMC

POMC (Pro-opiomelanocortin) merupakan peptida prekursor yang pertama kali didefenisikan yaitu suatu molekul protein yang bekerja pada neuron di hypotalamus yang akan menekan nafsu makan.Aktifasi dari POMC akan mengurangi ambilan makanan dan meningkatkan pemakaian energi tubuh.Dengan kata lain,seseorang akan kenyang.
POMC dalam keadaan pre-proprotein artinya molekul tersebut masih dalam keadaan belum aktif dan akan diatifkan jika asupan makan ke dalam tubuh telah cukup (kenyang).
Dari sumber lain,dikatakan bahwa kalau POMC ini juga berfungsi sebagai pengikat CRF dengan CRF1 pada corticotrops,kemudian untuk simulasi dari sintesis mRNA POMC serta melepas ACTH.

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id