Skip to main content

Kesejahteraan Hewan Buat Apa Sih?

Sayangi kami!
Beberapa hari ini kita dihebohkan oleh video kekerasan terhadap hewan khususnya sapi yang tidak memenuhi 5F ( 5 freedom) mengenai kebebasan hewan.Sehingga pihak Australia menghentikan ekspor sapi hidup ke Indonesia yang secara tidak langsung akan berdampak pada harga daging sapi di Indonesia.
Di satu sisi kita merasa bersyukur mengenaik penghentian ekspor dari benua Australia itu.karena dengan penghentian ekspor itu,akan berdampak pada perekonomian rakyat Indonesia khususnya peternak sapi lokal akan merasa terbantu dalam meningkatkan hasil produksinya.Logika sederhananya harga sapi lokal akan naik berarti kesejahteraan masyarakat akan membaik.
Akan tetapi,di sisi lain kita merasa prihatin juga mengenaik penanganan hewan yang kebanyakan disiksa dalam pengolahannya,bahkan sebelum di semblihpun tetap di siksa sampai ajal menjemput.Benar-benar perbuatan yang kurang manusiawi.Sehingga kelihatan sekali manusia sudah memiliki sifat hewani "Siapa yang kuat dia yang berkuasa".

Untuk apa memperhatikan kesejahteraan sapi,begitu-begitu kan mereka juga akan dibunuh...
Mungkin ada pertanyaan seperti yang saya kutip diatas.Benar mereka itu juga akan dibunuh namun cara yang menyiksa itu menurut pandangan agama dan kesehatan itu salah besar.Bukan hanya akan mengganggu kesejahteraan hewan akan tetapi kesehatan daging sapi itu sendirilah yang dipertanyakan saat disiksa sebelum disemblih.
Logikanya,ketika disiksa maka sapi akan stress sehingga jantung memompa lebih kuat sehingga seluruh daerah di tubuh mendapatkan suplai darah sampai ke arteri terjauh dari jantung dan yang kecil-kecil di seluruh bagian tubuh.Pas di semblih,darah yang tersebar itu tidak akan maksimal keluar,sehingga kemungkinan daging berdarah akan lebih besar dan berdampak pada keawetan daging,jika daging mengandung darah maka akan cepat busuk.
Hal diatas sejalan dengan anjuran agama untuk menggunakan pisau yang tajam dalam menyemblik,dengan tujuan meminimalkan siksaan bagi hewan dan darah dikelurkan sebanyak-banyaknya dari tubuh si hewan,karena darah hukumnya haram untuk di makan (islam).
Jadi,penyiksaan terhadap hewan itu bukan hanya buat si hewan,akan tetapi kembali kepada manusia yang mengosumsi hewan itu.Jadi,jika ingin sehat harus mematuhi aturan yang berlaku termasuk 5 Freedom.Hewan sehat,otomatis konsumen daging hewan akan sehat.
Adapun isi 5 Freedom antara lain :
  • Bebas dari rasa haus dan lapar
  • Bebas dari rasa sakit,dan luka
  • Bebas dari rasa tertekan
  • Bebas mengekspresikan tingkah laku alami
  • Bebas dari ketidaknyamanan
Cintai hewan demi kesehatan kita! Stay loving!

Comments

  1. waawww...
    kesrawan is important..

    ReplyDelete
  2. kesrawan penting .. cuma kurang sosialisasinya .
    mampir di blog sya juga yaah ^^

    ReplyDelete
  3. iya,ini tanggung jawab kita sebagai dokter hewan..sip dikunjungi..:)

    ReplyDelete
  4. menurut gw kesrawan tuh penting banget .soal aturan dari dikti ,pusat ampek daerah (ulah APBD nih)udah ada.tapi semua itu cuma sebatas wacana ajah.belum ada daerah yang benar - benar melaksanankan aturan aturn tersebut .nah masalahnya sekarang apa ?bagaimana masyarakat diseluruh penjuru indonesia bisa ngerti .dan itu jelas bukan hal yang mudah.konsep sudah ada sekarang pelaksnaannya !!!

    tapi lagi -lagi banyak yang cuma bisa mencaci maki dengan bilang teori-teori-teori-teori....
    padahal dia kagak bisa ngasih solusi .yang penting sekarang tuh yang penting solusi .kalo g bisa ngasih solusi lebih baek diem (ojo sok idealis)...kalo butuh saran buat nyari solusi kalau gak bisa nyari sendiri kan bisa kontak kolega2 trus dipikirin bareng....kalo ngomong ini tugas siapa jelas jawabanya yang udah dapet meterinya .baek dari worksop ,seminar atau bahkan ada di mata kuliahnya .dll-lah,

    gw ngomong gini bukannya gw sok tau ato apa yah.jujur gw juga belum tau solusinya kayak gimana ,tapi kalo emang mau share yah share ajah.gpp kok.kalo ada yang kagak terima kalo ngritik ama solusi yah bikin kritik yang membangun .jangan kritik yang menjatuhkan .


    pertama take a simple action ...just simple..
    tapi sebelum bertindak berfikirlah dulu.bukan untuk besoklusa atau bulan depan.tapi jelas untuk jangka waktu yang lama 100 tahun ke depan mungkin.hhe...


    salam dari bang napi "kejahatan ada bukan karena ada niat dari pelakunya tapi karena ada kesempatan .jadi waspadalah waspadalah ".hhe

    ReplyDelete
  5. habib yang anonimous tuh mas hendra bib.

    gw kagak ngarti cara ngeliatin avatarnya kayak gimana.hhe

    ReplyDelete
  6. Makasih mas hendra,hehehe...iya iya...dari komentarnya benar-benar menggelora banget...iya mas,kita harus buat gerakan..:) hihihi
    makasih mas

    ReplyDelete
  7. kita kan udah buat gerakan bib.gmna c ????hmmmmm

    nah makanya jangan sampek gerakan kita mati .maksudnya gerakan kita ini harus ada paling tidak tetap hidup sampai 30 tahun kedepan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya

Dokter-hewan.net - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada Klinik Hewan dan pengendalian pemotongan Betina Produktif, maka dibutuhkan tenaga Medik Veteriner dengan kriteria sebagai berikut : Menguasai rektal, penyakit hewan dan pengobatan hewanBerkelakuan baik, sehat jasmani rohani dan bebas narkobaLulusan PT Negeri atau PT Swasta bereputasi baik dengan IPK min. 2,75 (skala 4)Usia maksimal 35 TahunDiutamakan Laki-laki Warga SUrabaya (KTP) Surabaya Lamaran diajukan kepada Sekretariat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Jl. Pagesangan II No. 56 (60233) Surabaya dengan disertai kelengkapan sebagai berikut :  Surat lamaranCVPas Foto berwarna 4x6 sebanyak 2 buahFotokopi KTPFotokopi Ijazah dan transkrip nilaiFotokopi sertifikat khusus (STRV dan Kompetensi) yang di klinik, paling lambat tanggal 20 November 2017 Melalui surat ini mohon bantuan untuk mengumumkan dilingkungan kampus, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih. 
Kepala dinas,  Ir. JOESTAMADHI, M.Si

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.  Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 
Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 
Seperti halnya pada manusia, ketika …

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Akeso di Brunei Darussalam

Dokter-hewan.net - Klinik hewan Akeso yang terletak di negara Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan praktisi dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria/WanitaBerpengalaman/Fresh GraduateDisiplin, Bertanggung Jawab dan dapat bekerja dalam tim. Telah selesai menempuh pendidikan dokter hewan (drh). Jika anda tertarik, silahkan kirimkan lamaran anda ke email akeso.vet@gmail.com dengan ketentuan, attach file sebagai berikut :  Pas Photo Scan Identitas diri (KTP/Passport)CVResumeScan Ijazah dan TranskripScan Sertifikat yang berkaitan.  Selamat mencoba : )