Skip to main content

Cat Behaviour

Posting kali ini khusus bagi teman teman yang suka dengan kucing,kali ini kita akan mempelajari kebiasaan kucing atau behaviour.Baca dan simak baik baik ya... :)
Ingin Tahu

Kucing merupakan salah satu hewan yang memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi,apapun hal baru pasti akan di explore lebih jauh oleh si kucing,apapun bentuknya bahkan dia tidak peduli dengan keselamatannya sendiri,karena dia lebih mementingkan hal yang belum diketahuinya itu.
Kucing Ngaca
Contohnya kucing ngaca seperti pada gambar di atas,mungkin teman-teman akan ketawa terpingkal-pingkal melihat tingkah laku mereka yang polos dan "bodoh' tersebut.Namun itulah salah satu contoh kucing yang ingin tahu,siapa dibalik kaca itu.
Nah,karena keingintahuan mereka yang tinggi itulah,teman-teman harus bersiap dulu sebelum memelihara kucing,diantaranya barang pecah belah diminimalisir,obat-obat berbahaya disimpan rapat-rapat dan belikan kucing permainan yang sekiranya disukainya.
Suka Bermain 

Kucing merupakan hewan yang suka bermain,lari-larian di dalam rumah merupakan kebiasaannya. Selain itu,dia akan mau dika diajak main bola-bolaan,malahan mau diajak kejar-kejaran.Ada beberapa orang yang mengatakan "kucinglah yang membuat saya betah di rumah,dia selalu mengajak saya bermain".Jadi siap-siaplah menyediakan waktu ekstra bagi kucing kesayangan anda.
Kucing suka bermain


Suka Menangkap Hewan Kecil

Teman-teman pasti tau bukan dengan film anak-anak TOM and Jerry? Mereka selalu berantem dan tidak pernah akur.Nah seperti itulah sikap alami kucing yang sebenarnya,suka jail dengan hewan kecil seperti tikus.Kalau kucing liar mungkin tikusnya akan dimakan,tapi buat kucing rumahan yang nutrisinya terpenuhi pasti tidak akan memakannya,alias hanya untuk permainan semata. NB : kalau kucing anda bermain dengan tikus,lebih baik sipisahkan,takutnya ada penyakit yang ditularkan oleh si tikus.
Temperamen (Bisa Membuat 100 Macam Suara)

Bagi pecinta kucing,mungkin kebiasaan ini sudah teman-teman ketahui,yap! benar sekali,kucing merupakan salah satu hewan yang bisa mengeluarkan banyak macam suara.Teman-teman pernah mendengar suara kucing yang sedang makan? pas birahi? pas berantem dan pas dia lagi minta main bukan?

Bersembunyi dan Menjelajah

Kucing sangat suka mengitari rumah dan mencari tempat-tempat untuk bersembunyi.Oleh sebab itu,jika teman-teman mau memelihara kucing mending dibelikan tempat dia bersembunyi agar dia tidak bersembunyi di tempat-tempat yang berbahaya,baik dari resiko cedera maupun resiko hewan liar lainnya.
Memiliki Tempat Istirahat Favorit

Saya pernah memelihara kucing,dan dia pasti duduk di kursi tamu pada jam 14.00 - 15.00 WIB. Jadi saya menyimpulkan disanalah tempat favorit mereka pada jam segitu.Jadi,coba perhatikan tempat favorit kucing teman-teman..:)
Mengasah Kuku

Inilah salah satu yang paling dibenci ibuku di rumah,ketika kucing melakukan rutinitasnya,yaitu mengasah kuku.Karena di rumah tidak dibelikan tempat untuk mengasah kuku,pasti kucing itu akan mencari bahan-bahan di rumah yang baik atau pas untuk mengasah kuku,contohnya saja si belang (kucingku) selalu mengasahkan kukunya di sova di rumah,sehingga ibuku selalu marah-marah ketika si belang melakukan kebiasaannya.hahaha
Gromming (Mandi Kucing)

Teman-teman pasti tau istilah mandi kucing bukan? Yuuuhuuu...mandinya mahasiswa.Hanya cuci muka,gosok gigi dan bla bla... tapi kucing agak beda sedikit,pada kucing dia mandi menggunakan air liurnya sendiri.Sehingga tidak sampai basah,atau istilah kerennya mandi kering. Akan tetapi kebiasaan ini harus diimbangi dengan pemberian margarin pada kucing,agar bulu yang tertelan bisa dimuntahkan kembali oleh kucing. 

Ok,sekian dulu sikap kucing yang bikin kita gemes.Mudah-mudahan bermanfaat..:)

Comments

  1. kalau boleh tnya, Dimana letak perbedaan sifat2 anjing dan kucing?
    thx B4

    ReplyDelete
  2. Pada umumnya sifat mereka sama,yaitu butuh perhatian,lincah,lucu dan penyayang. Bedanya hanya pada tingkah laku,dimana anjing lebih aktif dibanding kucing yang pemalas. Kemudian kucing lebih takut air dibanding anjing dan masih banyak lagi :) .

    mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaannya :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Dipylidium caninum, Cacing dari anjing dan kucing yang mungkin menularimu

Dokter-hewan.net - Saya mendapatkan tautan dari seorang pengikut di tiktok yang saya kelola ( @dokterhewan86 ). Video yang ditautkan itu menggambarkan seekor anjing Pomeranian sedang melakukan gerakan dragging butt , yaitu gerakan menggosokkan anusnya ke lantai. Sayapun langsung membalas video itu dengan menjawab “ 4 alasan anjing melakukan dragging butt ” di tiktok tersebut. Jika kamu belum melihatnya, kamu bisa check video di bawah ini :  @dokterhewan86 #stitch with @Triplit Kenapa anjing menyeret pantatnya? #stitch #fyp #xyzbca #fypシ #anjing #dokter #hewan #dokterhewan #dokterhewan86 ♬ original sound - Dokter Hewan 86 Alasan utama anjing dan kucing melakukan dragging butt yaitu infestasi cacing Dipylidium caninum . Cacing ini termasuk kategori cacing cestoda  yang umum menyerang anjing dan kucing serta terkadang manusia. Cacing ini juga seringkali dikenal dengan nama cacing pinjal, cacing timun (1) dan sering juga dikira butiran nasi karena bentuknya sangat mirip

Tracheal Collapse pada Anjing

Dokter-hewan.net  - Tracheal Collapse merupakan suatu istilah dimana hewan mengalami kondisi batuk yang ditandai dengan adanya kelemahan pada jaringan cincin trachea sehingga menghasilkan penyempitan lubang saluran nafas. Kasus Tracheal collapse sering terjadi pada anjing ras kecil seperti Pomerianian, Chihuahua, Toy Poodle, Shih Tzu, Maltese, Pug dan Yorshire Terrier, anjing yang gemuk dan biasanya terjadi pada anjing umur 6 sampai 7 tahun ke atas. Trachea yang secara anatomi berfungsi sebagai jalan nafas ke paru-paru, terdiri dari cincin tulang rawan dan jaringan lunak otot-otot (fibrous tissue) yang menyelaputinya. Tracheal Collapse dapat disebabkan karena 2 hal, yaitu faktor genetik (congenital tracheal collapse) dan memang faktor penyakit. Faktor genetik atau bawaan dapat disebabkan oleh karena kekurangan zat-zat tertentu seperti glycosaminoglycans, glycoprotein, calcium, dan chondroitin pada cincin tracheal sehingga menyebabkan kolaps pada saluran nafas. Sedangkan fakto