Skip to main content

Cacing si Teroris Diam-diam

Indonesia merupakan negara dengan bentangan alam yang luas dan subur. Sehingga banyak sekali organisme yang bisa hidup di dalamnya. Salah satu yang pasti ada di Indonesia bahkan dunia yaitu parasit jenis cacing. Siapa yang tidak kenal cacing,dia hidup dimana-mana dan dalam ukuran yang beragam. Ada yang bisa dilihat dan ada juga yang tidak kasat mata (sangat kecil).

Cacing merupakan teroris diam diam karena menimbulkan kerugian namun dari luar kelihatan sehat-sehat saja. Karena parasit ini akan menghisap nutrisi yang kita telan dan akan memanfaatkannya seperlunya. Baik untuk kebutuhannya sendiri maupun untuk calon anak-anaknya (reproduksi). 

Cacing merupakan teroris diam-diam karena menimbulkan kerugian namun dari luar kelihatan sehat-sehat saja.
 Ciri-ciri standart seseorang cacingan antara lain badan lemas,lesu,anemia,dan lain-lain. Hal itu disebabkan nutrisi yang seharusnya untuk tubuh malah dimanfaatkan oleh si cacing dengan seenaknya. Lantas apa yang harus kita lakukan? jawabannya adalah minum obat cacing sesuai dengan waktunya.

Walaupun anda yakin anda sehat-sehat saja,tapi tetap lakukan hal tersebut mengingat cacing ada dimana-mana. Tidak percaya? mari kita bercerita tentang perjalanan cacing.

Pertama,pada umumnya cacing akan melepaskan telurnya dalam bentuk kantung-kantung. Dimana setiap kantung akan melepaskan sekitar puluhan malahan ribuan telur melalui feses (kotoran). Kemudian telur tersebut diterbangkan oleh angin dan ada juga yang dibawa oleh organisme lain seperti lalat dan sebagainya. Atau malah dialiri oleh air dan dibawa ke sungai ataupun danau.

Kemudian,beberapa telur-telur tersebut akan menetas dan larvanya akan berjalan kesana kemari mencari tempat bergantungnya. Salah satu hewan yang paling sering dihinggapi adalah siput dan ikan. Kemudian mereka tumbuh dan sampai mau dewasa mereka akan melepaskan diri untuk mencari hospes defenitifnya (inang hidup untuk reproduksi). Mereka akan berjalan ke rumput,ataupun pasir-pasiran. Nah disitulah bahayanya! Kita bisa memakan larva tersebut (ataupun termakan).

Atau,rumput dimakan oleh hewan ternak dan hewan ternak tersebut akan terinfeksi cacing dan mungkin saja pindah ke kita melalui daging,susu dan sebagainya. Oleh karena itu diwajibkan kepada setiap individu untuk memasak daging dan susu dengan prosedur yang sudah diajarkan.

Kemudian teman-teman pasti bertanya,sebenarnya cacing itu sebahaya apa? Oke! saya akan mencoba menceritakan yang seram-seram ya. Pertama cacing yang telah masuk atau termakan oleh kita akan pergi ke usus dan menempel disana dengan kuat. Dan mulai menggerogoti usus untuk menghisap darah untuk mendapatkan nutrisinya. Nah,pada saat menghisap itulah mereka akan mengeluarkan zat anti beku (antokoagulan) pada darah sehingga kalau lubang itu ditinggalkan maka akan susah sekali menutup sehingga darah akan terus mengalir melalui lubang itu sehingga akan menyebabkan anemia dan kelesuan,karena nutrisi bocor begitu saja.

Itu baru gambaran pertama. Kemudian,cacing juga mempunyai beberapa migrasi dalam tubuh manusia. Ada yang pergi ke hati seperti cacing vasciola (seperti daun nan pipih pada hati),kemudian ada yang ke paru-paru sehingga menyebabkan sesak nafas. Ada yang ke bawah kulit,sehingga kelihatan dari luar sampai organ vital seperti mata dan otak.

nah,bayangkan saja kalau bisa menyentuh otak. Kita bisa saja mati langsung atau malah struk. Tinggal waktu yang menentukan bukan? bagaimana? masih main main sama cacing.

Udah paham?

Nah,disitulah tugasnya seorang dokter hewan (veteriner). Yaitu sebagai pengawas makanan asal hewan mulai dari kandang sampai meja makan. yang dikenal dengan istilah HAUS (Halal,Aman,Utuh dan Sehat).Jadi disanalah salah satu peranannya.

Yaitu mengawasi saat pemotongan sampai ke hal yang detail seperti cara pengiriman dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara mengobatinya? dan mencegah? satu-satunya yaitu terapkan hidup sehat dan rutin minum obat cacing. Yang terpenting jaga kebersihan lingkungan. Karena mustahil cacing hidup di tempat yang bersih.

Mudah-mudahan kita terbebas dari teroris ini.

Comments

Popular posts from this blog

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.

Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.

Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi…

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)