Skip to main content

Feed Additive (FA), Feed Suplemen (FS) dan Premix

#Kuliah Farmako Terapi with drh.Pambangun (Rabu)

Feed Additive adalah satu macam bahan atau lebih dalam jumlah yang ditambahkan pada pakan hewan atau ternak dengan tujuan memenuhi kebutuhan khusus. 

Bukan termasuk makro/mikronutrisi : bukan nutrisi . exp : makro (protein) dan mikro (Mn,Zink dll)

Kebutuhan khusus antara lain :
Pencegahan / pnegobatan penyakit (AM,acidifier,antitoksin/toksin binder dan antilarva)
Penambah nafsu makan esp : tetes tebu
Pengawet pakan/antioksidan
Mempermudah dalam pembuatan pakan
Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi
Menurunkan FCR
Promotor pertumbuhan/produksi
Membuat warna kuning telur lebih merik
Mengurangi bau kotoran
Dll

Contohnya : Zink Bacitracin,asam propoinat,clodipol,hygromysin,asam formic,halquinol,red mixed oxycarotenoid.

Feed Sumplement yaitu  satu atau lebih bahan zat nutrisi berupa mikro nutrisi yang ditambahkan pada pakan hewan / ternak,bisa juga diberikan tersendiri,dengan tujuan mencukupi/melengkapi kebutuhan mikro nutrisi tertrntu apabila diduga atai didiagnosa hewan/ternak mengalami defisiensi atai untuk mencegaj defisiensi mikro nutrisi tsb. 

Ada yang menganggap FS = FA padahal mereka itu berbeda.
Residu Antimikrobia FA >>>
Mutagenic,perubaan genetic
Teratogenik,cacat lahir/bawaan
Karsinogenik,timbul sel kanker atau pemicu tumbuhnya kanker
Resistensi pengobatan AB
Gangguan pertumbuhan flora normal usus (termasuk rumen pada sapi)
Reaksi alergis

Antibiotik tidak boleh dicampurkan dengan pakan,vitamin,mineral,asam amino atau dipakai melalui air minum,kecuali sebagaimana yang diatur dalam SK dirjen peternakan no 179/Kpts/deptan/1980

Premix : FA,FS atau kombinasinya yang sudah diencerkan (konsentrasi menjadi lebih rendah) dengan menambahkan bahan pembawa dengan tujuan untuk mempermudah pencampuran.

NB : Teknis pencampuran harus benar,yakni dilakukan dengan mengurutkan dari bahan yang paling halus dan barulah masukkan yang kasar dan begitu seterusnya. Biar lebih tercampur maksimal.

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan FA/FS/Premix
Konsentrat/pakan jadi  volume / jumlah berbeda
Interaksi obat dengan kandungan bahan yang lain
Umur atau periode ternak
Spesies
Teknis pencampuran (sebagaimana yang dijelaskan di atas)
Masa kadaluarsa
Kemasan dan penyimpanan



Comments

Popular posts from this blog

Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online?

Dokter-hewan.net - Seiring dengan perkembangan teknologi, seringkali antara pemilik hewan kesayanan dan dokter hewan terlibat diskusi di media sosial, fitur pesan dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar pemilik hewan akan kecewa karena dokter hewan hanya memberikan arahan agar hewannya langsung di bawa ke dokter hewan terdekat, bukannya diberikan alternatif obat. Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online? Berikut adalah alasannya.  Dokter hewan bukanlah dukun Alasan utama adalah dokter hewan bukanlah dukun yang dapat merasakan kondisi hewan anda jarak jauh. Dokter hewan harus mengetahui riwayat penyakit hewan, kemudian melakukan pemeriksaan fisik. Mulai dari suhu, pernafasan, denyut jantung sampai ke hal yang sederhana misalnya kulit, kuku, telinga dan lain sebagainya. Ketika saat pemeriksaan fisik, dokter hewan akan memiliki banyak pertanyaan di dalam otaknya, apa saja penyakit yang memiliki gejala yang sama. Kemudian jika masih belum menemukan gejala spesifik …

Lowongan Kerja : Management Trainee Vaksin Unggas

Dokter-hewan.net - Perusahaan sing bergerak dalam produksi vaksin unggas mencari kandidat untuk posisi Management Trainee dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria usia maksimal 27 TahunDiutamakan lulusan kedokteran hewan (fresh graduate) atau Pendidikan teknik industri, teknik mesin dan teknik elektro berpengalaman minimal 2 Tahun sebagai supervisor dan pernah memimpin anak buah. IPK 2,75 (Universitas Negeri) atau IPK 3 (Universitas Swasta Terkemuka)Penempatan di Kabupaten BogorHarus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik tulisan maupun verbalBersedia melakukan perjalanan ke luar negeri Email CV ke santo@biotis.id, cc ke susantomurti@gmail.com

Benarkah puppies jantan mengalah kepada puppies betina?

Dokter-hewan.net - Tahukah kamu anak anjing atau puppies sudah mulai berinteraksi dan bermain bersama sejak usia muda, lebih kurang usia 7 minggu.  
Sebuah penelitian tentang animal behavior atau tingkah laku hewan menemukan fakta lucu tentang anak anjing, yaitu anak anjing jantan akan selalu mengalah dengan anak anjing betina ketika mereka bermain. 
Penelitian tersebut mengemukakan bahwa anak anjing jantan akan bermain lebih lembut (soft) kepada anak anjing betina agar betina menang, sehingga anjing betina akan terus bermain dengannya (anak anjing jantan). 
Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa, anak anjing yang sama dipersilahkan bermain dengan anak anjing jantan lainnya, namun perlakuan yang di dapat berbeda, yaitu anak anjing jantan akan berkompetisi satu sama lain dengan kuat, dan tidak mengenal ampun. 
Bagaimana menurut kalian? (hp).