Skip to main content

Feed Additive (FA), Feed Suplemen (FS) dan Premix

#Kuliah Farmako Terapi with drh.Pambangun (Rabu)

Feed Additive adalah satu macam bahan atau lebih dalam jumlah yang ditambahkan pada pakan hewan atau ternak dengan tujuan memenuhi kebutuhan khusus. 

Bukan termasuk makro/mikronutrisi : bukan nutrisi . exp : makro (protein) dan mikro (Mn,Zink dll)

Kebutuhan khusus antara lain :
Pencegahan / pnegobatan penyakit (AM,acidifier,antitoksin/toksin binder dan antilarva)
Penambah nafsu makan esp : tetes tebu
Pengawet pakan/antioksidan
Mempermudah dalam pembuatan pakan
Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi
Menurunkan FCR
Promotor pertumbuhan/produksi
Membuat warna kuning telur lebih merik
Mengurangi bau kotoran
Dll

Contohnya : Zink Bacitracin,asam propoinat,clodipol,hygromysin,asam formic,halquinol,red mixed oxycarotenoid.

Feed Sumplement yaitu  satu atau lebih bahan zat nutrisi berupa mikro nutrisi yang ditambahkan pada pakan hewan / ternak,bisa juga diberikan tersendiri,dengan tujuan mencukupi/melengkapi kebutuhan mikro nutrisi tertrntu apabila diduga atai didiagnosa hewan/ternak mengalami defisiensi atai untuk mencegaj defisiensi mikro nutrisi tsb. 

Ada yang menganggap FS = FA padahal mereka itu berbeda.
Residu Antimikrobia FA >>>
Mutagenic,perubaan genetic
Teratogenik,cacat lahir/bawaan
Karsinogenik,timbul sel kanker atau pemicu tumbuhnya kanker
Resistensi pengobatan AB
Gangguan pertumbuhan flora normal usus (termasuk rumen pada sapi)
Reaksi alergis

Antibiotik tidak boleh dicampurkan dengan pakan,vitamin,mineral,asam amino atau dipakai melalui air minum,kecuali sebagaimana yang diatur dalam SK dirjen peternakan no 179/Kpts/deptan/1980

Premix : FA,FS atau kombinasinya yang sudah diencerkan (konsentrasi menjadi lebih rendah) dengan menambahkan bahan pembawa dengan tujuan untuk mempermudah pencampuran.

NB : Teknis pencampuran harus benar,yakni dilakukan dengan mengurutkan dari bahan yang paling halus dan barulah masukkan yang kasar dan begitu seterusnya. Biar lebih tercampur maksimal.

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan FA/FS/Premix
Konsentrat/pakan jadi  volume / jumlah berbeda
Interaksi obat dengan kandungan bahan yang lain
Umur atau periode ternak
Spesies
Teknis pencampuran (sebagaimana yang dijelaskan di atas)
Masa kadaluarsa
Kemasan dan penyimpanan



Comments

Popular posts from this blog

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.

Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.

Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi…

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)