Skip to main content

Makanan yang Berbahaya untuk Anjing

Beberapa makanan yang dapat dan bisa dikonsumsi oleh manusia dan bahkan spesies lainnya dapat menjadi racun atau benda yang tidak baik bagi tubuh anjing karena anjing memiliki keunikan tersendiri dalam mencerna makanannnya (metabolism). Beberapa dari bahan dapat menyebabkan gangguan pencernaan ringan sampai menyebabkan sakit bahkan kematian. Berikut adalah bahan makanan yang harus dihindari pemberiannya terhadap anjing.

Kami belum bisa menampilkan semuanya, namun berikut garis besarnya…

Bahan Makanan yang dihindari
Alasan
Bahan yang mengandung alkohol
Dapat menyebabkan keracunan (intoxication), kejang, menurunkan kadar gula dalam darah, aritmia, koma dan kematian
Alpukat
Daun, biji, buah dan  kulit mengandung persin, akan menyebabkan muntah dan diare.
Tulang dari ikan, unggas dan bahan asal daging lainnya.
Akan menyebabkan obstruksi ataupun perlukaan di system digesti
Cat Food
Karena terlalu tinggi kandungan protein dan lemaknya.
Coklat, kopi, teh, dan bahan kafein lainnya.
Karena mengandung kafein, theobromine, atau theophylline yang dapat menyebabkan muntah dan diare serta toksik untuk jantung dan system saraf.
Minyak Ekstrak Jeruk (Citrus Oil Extracts)
Menyebabkan muntah
Fat trimmings
Menyebabkan pancreatitis
Ikan (mentah, kaleng maupun matang (dimasak)
Jika diberikan dalam jumlah banyak akan menyebabkan defesiensi thiamine (Vitamin B) yang menyebabkan nafsu makan menurun, kejang, dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.
ANggur, dan kismis
Mengandung racun yang belum diketahui, akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Namun tidak termasuk Ekstrak Biji ANggur.
Suplemen untuk Manusia yang mengandung zat besi
Dapat merusak system digesti dan berdampak juga pada organ lain seperti hati dan ginjal.
Susu dan Dairy Produk lainnya.
Pada anjing dewasa dan kucing akan menyebabkan diare jika diberikan susu atau dairy product dalam jumlah besar
Moldy atau bekas makanan atau sampah
Dapat mengandung berbagai macam toksin yang menyebabkan muntah dan diare dan bisa menyebabkan kelainan di tingkat organ
Jamur
Dapat mengandung beberapa jenis toksin, yang akan menyebabkan efek beruntun pada system tubuh, menyebabkan syok, dan dapat menyebabkan kematian
Bawang merah dan bawang putih (mentah, dimasak mauapun bubuk)
Megandung sulfoxide dan disulfide yang akan merusak sel darah merah dan menyebabkan anemia. Kucing lebih bisa beradaptasi dibandingkan anjing.
Telur Mentah
Mengandung enzim yang disebut avidin, yang menurunkan absorbs dari biotin (vitamin B). Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan bulu anjing seperti abnormalitas pada system saraf. Telur mentah juga dapat mengandung bakteri berbahaya seperti Salmonella
Daging Mentah
Dapat mengandung bakteri Salmonella dan E. Coli yang akan menyebabkan muntah dan diare.
Garam
Jika dimakan dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan terganggunya keseimbangan elektrolit di dalam tubuh, menyebabkan kejang bahkan kematian.
Senar Gitar
Akan terjerat di dalam system digesti dan menyebabkan abnormalitas
Makanan Manis
Akan menyebabkan obesitas, masalah pada gigi dan meningkatkan kemungkinan terkena diabetes mellitus.
Tembakau
Mengandung nikotin, akan menyebabkan efek buruk pada system digestif dan system saraf. Akan menyebabkan jantung berdebar cepat, kolaps, koma dan kematian.
Adonan yang mengandung ragi
Dapat menyebabkan pembentukan gas di dalam system digestif, menyebabkan rasa sakit, dan ruptur pada lambung dan usus.
Xylitol (pemanis buatan)
Dapat menyebabkan turunanya kandungan gula di dalam darah (hypoglycemia), yang akan menyebabkan terjadinya muntah, lemas dan kolaps. Pada dosis tinggi akan menyebabkan gagal hepar dan kematian.

Sumber :

Foods to Avoid Feeding Your Dog Drs. Foster & Smith Educational Staff 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya

Dokter-hewan.net - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada Klinik Hewan dan pengendalian pemotongan Betina Produktif, maka dibutuhkan tenaga Medik Veteriner dengan kriteria sebagai berikut : Menguasai rektal, penyakit hewan dan pengobatan hewanBerkelakuan baik, sehat jasmani rohani dan bebas narkobaLulusan PT Negeri atau PT Swasta bereputasi baik dengan IPK min. 2,75 (skala 4)Usia maksimal 35 TahunDiutamakan Laki-laki Warga SUrabaya (KTP) Surabaya Lamaran diajukan kepada Sekretariat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Jl. Pagesangan II No. 56 (60233) Surabaya dengan disertai kelengkapan sebagai berikut :  Surat lamaranCVPas Foto berwarna 4x6 sebanyak 2 buahFotokopi KTPFotokopi Ijazah dan transkrip nilaiFotokopi sertifikat khusus (STRV dan Kompetensi) yang di klinik, paling lambat tanggal 20 November 2017 Melalui surat ini mohon bantuan untuk mengumumkan dilingkungan kampus, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih. 
Kepala dinas,  Ir. JOESTAMADHI, M.Si

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.  Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 
Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 
Seperti halnya pada manusia, ketika …

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Akeso di Brunei Darussalam

Dokter-hewan.net - Klinik hewan Akeso yang terletak di negara Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan praktisi dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria/WanitaBerpengalaman/Fresh GraduateDisiplin, Bertanggung Jawab dan dapat bekerja dalam tim. Telah selesai menempuh pendidikan dokter hewan (drh). Jika anda tertarik, silahkan kirimkan lamaran anda ke email akeso.vet@gmail.com dengan ketentuan, attach file sebagai berikut :  Pas Photo Scan Identitas diri (KTP/Passport)CVResumeScan Ijazah dan TranskripScan Sertifikat yang berkaitan.  Selamat mencoba : )