Skip to main content

Makanan yang Berbahaya untuk Anjing

Beberapa makanan yang dapat dan bisa dikonsumsi oleh manusia dan bahkan spesies lainnya dapat menjadi racun atau benda yang tidak baik bagi tubuh anjing karena anjing memiliki keunikan tersendiri dalam mencerna makanannnya (metabolism). Beberapa dari bahan dapat menyebabkan gangguan pencernaan ringan sampai menyebabkan sakit bahkan kematian. Berikut adalah bahan makanan yang harus dihindari pemberiannya terhadap anjing.

Kami belum bisa menampilkan semuanya, namun berikut garis besarnya…

Bahan Makanan yang dihindari
Alasan
Bahan yang mengandung alkohol
Dapat menyebabkan keracunan (intoxication), kejang, menurunkan kadar gula dalam darah, aritmia, koma dan kematian
Alpukat
Daun, biji, buah dan  kulit mengandung persin, akan menyebabkan muntah dan diare.
Tulang dari ikan, unggas dan bahan asal daging lainnya.
Akan menyebabkan obstruksi ataupun perlukaan di system digesti
Cat Food
Karena terlalu tinggi kandungan protein dan lemaknya.
Coklat, kopi, teh, dan bahan kafein lainnya.
Karena mengandung kafein, theobromine, atau theophylline yang dapat menyebabkan muntah dan diare serta toksik untuk jantung dan system saraf.
Minyak Ekstrak Jeruk (Citrus Oil Extracts)
Menyebabkan muntah
Fat trimmings
Menyebabkan pancreatitis
Ikan (mentah, kaleng maupun matang (dimasak)
Jika diberikan dalam jumlah banyak akan menyebabkan defesiensi thiamine (Vitamin B) yang menyebabkan nafsu makan menurun, kejang, dan pada beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.
ANggur, dan kismis
Mengandung racun yang belum diketahui, akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Namun tidak termasuk Ekstrak Biji ANggur.
Suplemen untuk Manusia yang mengandung zat besi
Dapat merusak system digesti dan berdampak juga pada organ lain seperti hati dan ginjal.
Susu dan Dairy Produk lainnya.
Pada anjing dewasa dan kucing akan menyebabkan diare jika diberikan susu atau dairy product dalam jumlah besar
Moldy atau bekas makanan atau sampah
Dapat mengandung berbagai macam toksin yang menyebabkan muntah dan diare dan bisa menyebabkan kelainan di tingkat organ
Jamur
Dapat mengandung beberapa jenis toksin, yang akan menyebabkan efek beruntun pada system tubuh, menyebabkan syok, dan dapat menyebabkan kematian
Bawang merah dan bawang putih (mentah, dimasak mauapun bubuk)
Megandung sulfoxide dan disulfide yang akan merusak sel darah merah dan menyebabkan anemia. Kucing lebih bisa beradaptasi dibandingkan anjing.
Telur Mentah
Mengandung enzim yang disebut avidin, yang menurunkan absorbs dari biotin (vitamin B). Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan bulu anjing seperti abnormalitas pada system saraf. Telur mentah juga dapat mengandung bakteri berbahaya seperti Salmonella
Daging Mentah
Dapat mengandung bakteri Salmonella dan E. Coli yang akan menyebabkan muntah dan diare.
Garam
Jika dimakan dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan terganggunya keseimbangan elektrolit di dalam tubuh, menyebabkan kejang bahkan kematian.
Senar Gitar
Akan terjerat di dalam system digesti dan menyebabkan abnormalitas
Makanan Manis
Akan menyebabkan obesitas, masalah pada gigi dan meningkatkan kemungkinan terkena diabetes mellitus.
Tembakau
Mengandung nikotin, akan menyebabkan efek buruk pada system digestif dan system saraf. Akan menyebabkan jantung berdebar cepat, kolaps, koma dan kematian.
Adonan yang mengandung ragi
Dapat menyebabkan pembentukan gas di dalam system digestif, menyebabkan rasa sakit, dan ruptur pada lambung dan usus.
Xylitol (pemanis buatan)
Dapat menyebabkan turunanya kandungan gula di dalam darah (hypoglycemia), yang akan menyebabkan terjadinya muntah, lemas dan kolaps. Pada dosis tinggi akan menyebabkan gagal hepar dan kematian.

Sumber :

Foods to Avoid Feeding Your Dog Drs. Foster & Smith Educational Staff 

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online?

Dokter-hewan.net - Seiring dengan perkembangan teknologi, seringkali antara pemilik hewan kesayanan dan dokter hewan terlibat diskusi di media sosial, fitur pesan dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar pemilik hewan akan kecewa karena dokter hewan hanya memberikan arahan agar hewannya langsung di bawa ke dokter hewan terdekat, bukannya diberikan alternatif obat. Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online? Berikut adalah alasannya.  Dokter hewan bukanlah dukun Alasan utama adalah dokter hewan bukanlah dukun yang dapat merasakan kondisi hewan anda jarak jauh. Dokter hewan harus mengetahui riwayat penyakit hewan, kemudian melakukan pemeriksaan fisik. Mulai dari suhu, pernafasan, denyut jantung sampai ke hal yang sederhana misalnya kulit, kuku, telinga dan lain sebagainya. Ketika saat pemeriksaan fisik, dokter hewan akan memiliki banyak pertanyaan di dalam otaknya, apa saja penyakit yang memiliki gejala yang sama. Kemudian jika masih belum menemukan gejala spesifik …

Lowongan Kerja : Management Trainee Vaksin Unggas

Dokter-hewan.net - Perusahaan sing bergerak dalam produksi vaksin unggas mencari kandidat untuk posisi Management Trainee dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria usia maksimal 27 TahunDiutamakan lulusan kedokteran hewan (fresh graduate) atau Pendidikan teknik industri, teknik mesin dan teknik elektro berpengalaman minimal 2 Tahun sebagai supervisor dan pernah memimpin anak buah. IPK 2,75 (Universitas Negeri) atau IPK 3 (Universitas Swasta Terkemuka)Penempatan di Kabupaten BogorHarus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik tulisan maupun verbalBersedia melakukan perjalanan ke luar negeri Email CV ke santo@biotis.id, cc ke susantomurti@gmail.com

Benarkah puppies jantan mengalah kepada puppies betina?

Dokter-hewan.net - Tahukah kamu anak anjing atau puppies sudah mulai berinteraksi dan bermain bersama sejak usia muda, lebih kurang usia 7 minggu.  
Sebuah penelitian tentang animal behavior atau tingkah laku hewan menemukan fakta lucu tentang anak anjing, yaitu anak anjing jantan akan selalu mengalah dengan anak anjing betina ketika mereka bermain. 
Penelitian tersebut mengemukakan bahwa anak anjing jantan akan bermain lebih lembut (soft) kepada anak anjing betina agar betina menang, sehingga anjing betina akan terus bermain dengannya (anak anjing jantan). 
Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa, anak anjing yang sama dipersilahkan bermain dengan anak anjing jantan lainnya, namun perlakuan yang di dapat berbeda, yaitu anak anjing jantan akan berkompetisi satu sama lain dengan kuat, dan tidak mengenal ampun. 
Bagaimana menurut kalian? (hp).