Skip to main content

Cara Memotong Kuku Kucing atau Anjing

Potong kuku merupakan salah satu tindakan grooming yang wajib dilakukan jika kuku sudah panjang. Hal ini dilakukan untuk beberapa tujuan antara lain menghindari kucing atau anjing menggaruk organ tubuhnya dan mencederai tubuhnya sendiri, mengurangi kemungkinan tercakar akibat bermain dengan hewan kesayangan dan tujuan estetika agar terlihat bersih.  

Namun, saat ini pemilik hewan kesayangan khususnya kucing dan anjing tidak mengetahui cara memotong kuku hewan kesayangannya. Akibat hal ini sering terjadi kasus pendarahan pada hewan akibat potong kuku. Jika hal ini tidak tertolong atau tertangani dengan baik akan menimbulkan infeksi sekunder yang akan berubah menjadi kesakitan yang berkelanjangan oada hewa. Oleh sebab itu, dokter hewan akan memberikan gambaran lokasi potongan yang baik dan benar. Berikut gambaranny a : 

Pemotongan kuku hewan dilakukan pada lokasi yang diberi garis putus-putus yaitu pada bagian cut line. Disana tidak memiliki pembuluh darah sehingga pendarahan bisa dihindari. Dan jangan sampai memotong gambar yang berwarna merah, karena akan mengakinatkan pendarahan bahkan susah untuk diberhentikan. 

Bagaimana jadinya jika luka? 
Pertama yang harus dilakukan adalah posisikan hewan dalam kondisi tenang, kemudian tekan bagian yang berdarah dengan kain bersih dengan harapan menutup luka, akan tetapi jika tidak berhenti segera berikan penghenti luka seperti PK dan zat sejenisnya. Jika tidak berhenti dianjurkan dibawa ke dokter hewan terdekat. 

Terima kasih , 

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id