Skip to main content

Cara Memotong Kuku Kucing atau Anjing

Potong kuku merupakan salah satu tindakan grooming yang wajib dilakukan jika kuku sudah panjang. Hal ini dilakukan untuk beberapa tujuan antara lain menghindari kucing atau anjing menggaruk organ tubuhnya dan mencederai tubuhnya sendiri, mengurangi kemungkinan tercakar akibat bermain dengan hewan kesayangan dan tujuan estetika agar terlihat bersih.  

Namun, saat ini pemilik hewan kesayangan khususnya kucing dan anjing tidak mengetahui cara memotong kuku hewan kesayangannya. Akibat hal ini sering terjadi kasus pendarahan pada hewan akibat potong kuku. Jika hal ini tidak tertolong atau tertangani dengan baik akan menimbulkan infeksi sekunder yang akan berubah menjadi kesakitan yang berkelanjangan oada hewa. Oleh sebab itu, dokter hewan akan memberikan gambaran lokasi potongan yang baik dan benar. Berikut gambaranny a : 

Pemotongan kuku hewan dilakukan pada lokasi yang diberi garis putus-putus yaitu pada bagian cut line. Disana tidak memiliki pembuluh darah sehingga pendarahan bisa dihindari. Dan jangan sampai memotong gambar yang berwarna merah, karena akan mengakinatkan pendarahan bahkan susah untuk diberhentikan. 

Bagaimana jadinya jika luka? 
Pertama yang harus dilakukan adalah posisikan hewan dalam kondisi tenang, kemudian tekan bagian yang berdarah dengan kain bersih dengan harapan menutup luka, akan tetapi jika tidak berhenti segera berikan penghenti luka seperti PK dan zat sejenisnya. Jika tidak berhenti dianjurkan dibawa ke dokter hewan terdekat. 

Terima kasih , 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT CITRA INA FEEDMILL

Dokter-hewan.net
Dibutuhkan segera, Technical Sales Representative
Dengan kriteria sbb : - Pria - Berusia maksimal 35 tahun - S1 Peternakan/ S1 Kedokteran Hewan - Memiliki SIM A - Berdomisili di Jabodetabek - Berpengalaman dalam bidang feedmill minimal 3 tahun
Mohon agar mengirimkan Lamaran dan CV ke PO BOX 6915 JATPK JKT 13069 atau melalui email ke hrdga@citrafeed-indonesia.com

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)