Skip to main content

Mengapa Vaksinasi Itu Penting?

Dokter-hewan.net – Siapa yang tak pernah dengar kata “vaksin”? Sebuah kata yang kerap didengar apabila anjing dan kucing merupakan hewan kesayangan Anda. Tidak sedikit orang bertanya, “Perlu ga sih vaksinasi pada anjing atau kucing?” Jawabannya, pasti perlu. Ada pepatah mengatakan “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Upaya pencegahan pastinya dilakukan untuk menghindari masuknya agen penyakit ke dalam tubuh hewan kesayangan Anda. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah vaksinasi. 

Tak disangka, vaksin yang merupakan bahan antigenic untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit, hampir dianak tirikan oleh segelintir pecinta hewan. Nggak tanggung – tanggung, beberapa klien belum banyak yang paham untuk membawa seluruh hewannya agar divaksin sebelum menginjak dunia luar.

Anjing dan kucing secara alami menerima antibodi maternal dari kolostrum air susu induknya, apabila induk juga mempunyai sistem imun yang baik. Setelah ± 2 bulan, antibodi anak akan menurun sehingga rentan untuk terserang penyakit. 

Pada umur muda, parvo dan distemper adalah jenis penyakit awal mampu menyerang kekebalan tubuh si anjing. Dan untuk pemberian vaksin pertama pada anjing dimulai dari umur 6 – 8 minggu dan dilanjukan hingga beberapa jenis vaksin lainnya.

  • Jadwal vaksinasi pada anjing
Umur
Vaksin
6 – 8 minggu
Parvo
8 – 10 minggu
Parvo, Distemper, Hepatitis, Parainfluenza
12 – 14 minggu
Parvo, Distemper, Hepatitis, Parainfluenza, Leptospira, Corona
20 minggu
Parvo, Distemper, Hepatitis, Parainfluenza, Leptospira, Rabies, Corona
Ulangan 1 tahun sekali/ anjing yang tidak pernah di vaksin sama sekali (umur > 5 bulan)
Parvo, Distemper, Hepatitis, Parainfluenza, Leptospira, Rabies, Corona

Pada kucing muda, panleukopenia dan cat flu juga menjadi momok bagi beberapa breeder dan pecinta hewan.

  • Jadwal vaksinasi pada kucing
Umur
Vaksin
8 – 10 minggu
Vaksinasi Tricat (Panleukopenia, Feline Rhinotracheitis (Herpes), Calici) atau Tetracat (Tricat + Chlamydia)
12 – 14 minggu
Vaksinasi Tricat (Panleukopenia, Feline Rhinotracheitis (Herpes), Calici) atau Tetracat (Tricat + Chlamydia)
20 minggu
Rabies
Ulangan 1 tahun sekali/ kucing yang tidak pernah di vaksin sama sekali (umur > 5 bulan)
Panleukopenia, Feline Rhinotracheitis (Herpes), Calici, Chlamydia, Rabies


Vaksinasi harus dilakukan pada hewan dalam kondisi sehat, karena vaksinasi merupakan suatu tindakan memasukkan bibit penyakit yang dilemahkan dengan tujuan untuk merangsang sistem imun tubuh.

Mengusung kesehatan hewan cukuplah penting bagi kesehatan manusia juga, sebaiknya upaya vaksinasi bukanlah dijadikan sebagai pertimbangan karena dapat bersifat fatal apabila terlambat. Tidak jarang penyesalan terhadap pet hadir ketika belum memberikan vaksin.

Ditambah lagi, penyakit yang berada di udara bebas ini mampu membuat pet Anda jatuh sakit apabila tidak memiliki kekebalan tubuh yang cukup. Well, untuk keputusan selanjutnya masih ragukah Anda untuk memberikan vaksin kepada puppies/kitten kesayangan Anda?

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya

Dokter-hewan.net - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada Klinik Hewan dan pengendalian pemotongan Betina Produktif, maka dibutuhkan tenaga Medik Veteriner dengan kriteria sebagai berikut : Menguasai rektal, penyakit hewan dan pengobatan hewanBerkelakuan baik, sehat jasmani rohani dan bebas narkobaLulusan PT Negeri atau PT Swasta bereputasi baik dengan IPK min. 2,75 (skala 4)Usia maksimal 35 TahunDiutamakan Laki-laki Warga SUrabaya (KTP) Surabaya Lamaran diajukan kepada Sekretariat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Jl. Pagesangan II No. 56 (60233) Surabaya dengan disertai kelengkapan sebagai berikut :  Surat lamaranCVPas Foto berwarna 4x6 sebanyak 2 buahFotokopi KTPFotokopi Ijazah dan transkrip nilaiFotokopi sertifikat khusus (STRV dan Kompetensi) yang di klinik, paling lambat tanggal 20 November 2017 Melalui surat ini mohon bantuan untuk mengumumkan dilingkungan kampus, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih. 
Kepala dinas,  Ir. JOESTAMADHI, M.Si

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.  Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 
Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 
Seperti halnya pada manusia, ketika …

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Akeso di Brunei Darussalam

Dokter-hewan.net - Klinik hewan Akeso yang terletak di negara Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan praktisi dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria/WanitaBerpengalaman/Fresh GraduateDisiplin, Bertanggung Jawab dan dapat bekerja dalam tim. Telah selesai menempuh pendidikan dokter hewan (drh). Jika anda tertarik, silahkan kirimkan lamaran anda ke email akeso.vet@gmail.com dengan ketentuan, attach file sebagai berikut :  Pas Photo Scan Identitas diri (KTP/Passport)CVResumeScan Ijazah dan TranskripScan Sertifikat yang berkaitan.  Selamat mencoba : )