Skip to main content

Pentingnya Vaksinasi pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net – Hewan kesayangan atau pet animal bukanlah hanya sekedar hobi, itulah yang dilontarkan oleh Drh. Sri Murwani pada saat pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, Malang pada tanggal 2 April 2016. Hewan kesayangan harus dijadikan keluarga dan harus menyiapkan mental, tanggung jawab serta perhatian sebelum memutuskan untuk memelihara hewan kesayangan. Salah satu hal wajib yang dilakukan adalah vaksinasi pada hewan kesayangan.

Vaksin merupakan bahan biologis yang dimasukkan ke dalam tubuh hewan (imunisasi), sedangkan vaksinasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan individu (manusia/hewan) terhadap penyakit tertentu sehingga apabila terinfeksi oleh penyebab penyakit tersebut tidak menyebabkan penyakit. Adapun vaksinasi tidak boleh sembarangan dilakukan, syarat dilakukannya vaksinasi adalah hewan harus sehat, usia cukup, dan waktu revaksinasi harus tepat dan sesuai jadwal. Jika proses vaksinasi gagal ada beberapa hal yang dapat memicu, antara lain pada saat vaksinasi hewan tidak sehat, belum waktunya di vaksin, revaksin (vakin ulang) yang tidak sesuai jadwal, nutrisi kurang atau manajemen hewan yang buruk.


Drh. Sri Murwani sangat menekankan bahwa vaksin hanya bisa dilakukan oleh dokter hewan, serta vaksin yang resmi akan diberikan buku vaksin yang sah, dimana ada tanda tangan dokter hewan, serta stamp dokter hewan yang bersangkutan. Jikalau vaksin dilakukan selain dokter hewan, ditakutkan oknum tersebut tersebut tidak memahami cara kerja vaksin dan resiko yang akan terjadi jika vaksin diberikan pada hewan yang belum siap menerima vaksin, salah satunya adalah vaksin yang seharusnya sebagai penambah daya tahan tubuh akan balik menyerang sehingga akan menyebabkan sakit pada hewan kesayangan anda.

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : VETOPET Animal Clinic Bogor

Dokter-hewan.net - Vetopet animal clinic membutuhkan dokter hewan dengan kriteria sebagai berikut :

Laki-laki/perempuan lulusan dokter hewanfresh graduate/pengalamanIPK SKH dan DRH minimal 3,00Pasiion dalam dunia laboratorium dan klinikMemiliki kemampuan komunikasi yang baikSiap bekerja dalam team Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran via email : vetopet13@gmail.com atau informasi lebih lanjut silahkan kontak +6285643032404 (drh. Nurul) 
Lamaran diterima paling lambat 5 September 2019

Workshop : Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi

Dokter-hewan.net – Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Timur VII mengadakan continuing professional development (CPD) tentang “Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi”. Adapun pengumumannya sebagai berikut :

Pembicara ·Drh. Heru Rachmadi (Praktisi Bedah Caesar Sapi) ·Drh. M. Saiful (Praktisi Hewan Besar dan Kecil)
Lokasi Pondok Asri Convention and Hall Sukodono – Lumajang
Jadwal Kegiatan Sabtu, 7 September 2019
Waktu 07.30 WIB – selesai
Materi Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi
Workshop Teknik Operasi Caesar pada Sapi
HTM ·Non PDHI Jatim VII : Rp. 350.000 ·PDHI JATIM VII : Rp. 300.000 ·Mahasiswa FKH : Rp. 150.000 ·Pendaftaran On The Spot: Rp. 375.000 *Paket penginapan 1 malam Rp. 200.000
TRANSFER PEMBAYARAN BANK MANDIRI 141-00-1025636-0 (a/n drh. FRESHCA AYU ANGGITA)
Nara Hubung Drh. Irfan S (085-257-216-392) Drh. Shelfiana (081-310-490-909)

Lowongan Kerja : PDHB GAIA Surabaya

Dokter-hewan.net - *Lowongan Kerja*
Praktek dokter hewan bersama (PDHB) GAIA-surabaya
Saat ini sedang membuka lowongan untuk posisi drh rawat inap dan praktek
Persyaratan: 1. Dokter hewan 2. Sayang terhadap hewan 3. Bertanggung jawab dan memiliki attitude yang baik 4. Berpengalaman min. 1 tahun atau Fresh graduate 5. Mampu bekerja dalam team dan individu 6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik 7. Mau untuk terus belajar (seminar, workshop dll)
Surat lamaran, curriculum vitae dan pas photo terbaru dapat dikirimkan ke alamat email anang.triyatmoko@gmail.com  Atau PDHB GAIA G-walk w2-10 citraland surabaya barat
Terima kasih