Skip to main content

Pentingnya Vaksinasi pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net – Hewan kesayangan atau pet animal bukanlah hanya sekedar hobi, itulah yang dilontarkan oleh Drh. Sri Murwani pada saat pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, Malang pada tanggal 2 April 2016. Hewan kesayangan harus dijadikan keluarga dan harus menyiapkan mental, tanggung jawab serta perhatian sebelum memutuskan untuk memelihara hewan kesayangan. Salah satu hal wajib yang dilakukan adalah vaksinasi pada hewan kesayangan.

Vaksin merupakan bahan biologis yang dimasukkan ke dalam tubuh hewan (imunisasi), sedangkan vaksinasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan individu (manusia/hewan) terhadap penyakit tertentu sehingga apabila terinfeksi oleh penyebab penyakit tersebut tidak menyebabkan penyakit. Adapun vaksinasi tidak boleh sembarangan dilakukan, syarat dilakukannya vaksinasi adalah hewan harus sehat, usia cukup, dan waktu revaksinasi harus tepat dan sesuai jadwal. Jika proses vaksinasi gagal ada beberapa hal yang dapat memicu, antara lain pada saat vaksinasi hewan tidak sehat, belum waktunya di vaksin, revaksin (vakin ulang) yang tidak sesuai jadwal, nutrisi kurang atau manajemen hewan yang buruk.


Drh. Sri Murwani sangat menekankan bahwa vaksin hanya bisa dilakukan oleh dokter hewan, serta vaksin yang resmi akan diberikan buku vaksin yang sah, dimana ada tanda tangan dokter hewan, serta stamp dokter hewan yang bersangkutan. Jikalau vaksin dilakukan selain dokter hewan, ditakutkan oknum tersebut tersebut tidak memahami cara kerja vaksin dan resiko yang akan terjadi jika vaksin diberikan pada hewan yang belum siap menerima vaksin, salah satunya adalah vaksin yang seharusnya sebagai penambah daya tahan tubuh akan balik menyerang sehingga akan menyebabkan sakit pada hewan kesayangan anda.

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)