Skip to main content

5 Cara Merawat Kucing Bunting

Dokter-hewan.net – Ketika Anda mengetahui bahwa kucing kesayangan Anda memperlihatkan tanda-tanda kebuntingan, Anda haruslah memberikan perhatian ekstra kepada kucing Anda. Beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni:
1.    Pastikan kucing Anda bunting
Untuk memastikan kucing Anda benar sedang bunting atau ditakutkan adanya pembengkakkan pada bagian perut, cobalah lakukan pemeriksaan ke dokter hewan langganan Anda. Dokter hewan akan memeriksa perut kucing Anda. Jika Anda sendiri yang mencoba ditakutkan akan berdampak pada abortus induk kucing karena mungkin telah terjadi gerekan menekan atau palpasi yang terlalu keras.
2.    Pemeriksaan lanjutan
Jika masih belum terlalu meyakinkan apakah benar kucing Anda sedang bunting, maka mintalah untuk dilakukan pemeriksaan USG, dimana pemeriksaan ini memiliki tingkat keakuratan yang baik.
3.    Hindari pemberian obat-obatan
Pada masa kebuntingan hingga pasca melahirkan sangat dilarang bagi induk kucing untuk diberikan vaksin, juga pemberian obat-obatan. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi keadaan janin di dalam tubuh maupun setelah lahir, karena masih dalam masa menyusui pada induk.
4.    Nutrisi
Berikan pakan yang baik sebagai tingkat kebutuhan dari induk.
5.    Lingkungan
Pada masa kebuntingan jagalah induk kucing dengan memberikan tempat bagi induk untuk persiapan kelahiran dan jika induk masih sangat aktif dapat dimasukkan dalam kandang yang diberi handuk agar tidak terjadi abortus akibat melompat kesana kemari. [RA]


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Yayasan Kalaweit Indonesia

Dokter-hewan.net - Salam lestari!  Yayasan Kalaweit Indonesia sedang berkembang untuk pelepasliaran Siamang dan Owa di wilayah Sumatera Barat. Maka dari itu dibutuhkan Dokter Hewan tambahan dengan syarat :  Pria/WanitaSudah pelantikan dan mengikuti ujian kompetensiFresh graduate/sudah berpengalamanSuka dengan tantangan dan dapat bekerja sama dengan tim Fasilitas :  Gaji pokokMakanMess Kirim surat lamaran, CV beserta lampiran-ampiran yang diperlukan ke rizki.widiyanti92@gmail.com (WA. 082221231654)

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)