Skip to main content

5 Cara Merawat Kucing Bunting

Dokter-hewan.net – Ketika Anda mengetahui bahwa kucing kesayangan Anda memperlihatkan tanda-tanda kebuntingan, Anda haruslah memberikan perhatian ekstra kepada kucing Anda. Beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni:
1.    Pastikan kucing Anda bunting
Untuk memastikan kucing Anda benar sedang bunting atau ditakutkan adanya pembengkakkan pada bagian perut, cobalah lakukan pemeriksaan ke dokter hewan langganan Anda. Dokter hewan akan memeriksa perut kucing Anda. Jika Anda sendiri yang mencoba ditakutkan akan berdampak pada abortus induk kucing karena mungkin telah terjadi gerekan menekan atau palpasi yang terlalu keras.
2.    Pemeriksaan lanjutan
Jika masih belum terlalu meyakinkan apakah benar kucing Anda sedang bunting, maka mintalah untuk dilakukan pemeriksaan USG, dimana pemeriksaan ini memiliki tingkat keakuratan yang baik.
3.    Hindari pemberian obat-obatan
Pada masa kebuntingan hingga pasca melahirkan sangat dilarang bagi induk kucing untuk diberikan vaksin, juga pemberian obat-obatan. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi keadaan janin di dalam tubuh maupun setelah lahir, karena masih dalam masa menyusui pada induk.
4.    Nutrisi
Berikan pakan yang baik sebagai tingkat kebutuhan dari induk.
5.    Lingkungan
Pada masa kebuntingan jagalah induk kucing dengan memberikan tempat bagi induk untuk persiapan kelahiran dan jika induk masih sangat aktif dapat dimasukkan dalam kandang yang diberi handuk agar tidak terjadi abortus akibat melompat kesana kemari. [RA]


Comments

Popular posts from this blog

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)