Skip to main content

5 Cara Merawat Kucing Bunting

Dokter-hewan.net – Ketika Anda mengetahui bahwa kucing kesayangan Anda memperlihatkan tanda-tanda kebuntingan, Anda haruslah memberikan perhatian ekstra kepada kucing Anda. Beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni:
1.    Pastikan kucing Anda bunting
Untuk memastikan kucing Anda benar sedang bunting atau ditakutkan adanya pembengkakkan pada bagian perut, cobalah lakukan pemeriksaan ke dokter hewan langganan Anda. Dokter hewan akan memeriksa perut kucing Anda. Jika Anda sendiri yang mencoba ditakutkan akan berdampak pada abortus induk kucing karena mungkin telah terjadi gerekan menekan atau palpasi yang terlalu keras.
2.    Pemeriksaan lanjutan
Jika masih belum terlalu meyakinkan apakah benar kucing Anda sedang bunting, maka mintalah untuk dilakukan pemeriksaan USG, dimana pemeriksaan ini memiliki tingkat keakuratan yang baik.
3.    Hindari pemberian obat-obatan
Pada masa kebuntingan hingga pasca melahirkan sangat dilarang bagi induk kucing untuk diberikan vaksin, juga pemberian obat-obatan. Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi keadaan janin di dalam tubuh maupun setelah lahir, karena masih dalam masa menyusui pada induk.
4.    Nutrisi
Berikan pakan yang baik sebagai tingkat kebutuhan dari induk.
5.    Lingkungan
Pada masa kebuntingan jagalah induk kucing dengan memberikan tempat bagi induk untuk persiapan kelahiran dan jika induk masih sangat aktif dapat dimasukkan dalam kandang yang diberi handuk agar tidak terjadi abortus akibat melompat kesana kemari. [RA]


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. Medion

Dokter-hewan.net - PT. Medion membuka lowongan kerja bagi dokter hewan. Adapun persyaratan dan kriteria tertera di poster di bawah ini. 

Lowongan Kerja : BKSDA Jawa Barat

Dokter-hewan.net - LOWONGAN PEKERJAAN
Dibutuhkan 1 orang Dokter Hewan untuk mengisi posisi sebagai tenaga kontrak pada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat di Bandung Persyaratan:
- Laki-laki atau perempuan
- Freshgraduate / berpengalaman
- Tertarik pada dunia birokasi konservasi
- Memiliki minat pada dunia satwa liar
- Bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu
- Mampu bekerja baik secara individu maupun tim
- Menyukai alam dan kegiatan outdoorKirimkan Surat Lamaran yang ditujukan pada Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Curriculum Vitae, FC ijasah dan transkrip nilai ke alamat email bbksdajb@gmail.com
Ditunggu sampai akhir Desember 2018