Skip to main content

#Andaperlutahu - Bolehkah Memberi Tulang pada Anjing ?

Dokter-hewan.net – Anjing merupakan hewan yang sangat aktif dan sangat bersemangat setiap harinya. Salah satu bukti bahwa Anjing adalah hewan bersemangat dan sehat yakni anjing suka menggigit-gigit sesuatu yang ada disekitarnya berupa sandal, kayu dan lain sebagainya. Namun, tindakan keceriaan ini kadangkala menjadi bulan-bulanan bagi pemilik hewan kesayangan sehingga banyak pemilik hewan memberikan tulang pada hewan kesayangannya itu sebagai objek yang digigit. Lantas, apakah pemberian tulang pada hewan kesayangan itu diperbolehkan?

Pemberian tulang diperbolehkan kepada hewan kesayangan. Tulang yang terbaik untuk diberikan pada anjing adalah tulang dengkul sapi dan tulang rawan atau bisa juga diberikan rawhide bone (tulang-tulangan).

Pemberian tulang-tulangan pada anjing juga dapat memberikan pengaruh positif, di antaranya:
1.    Tulang-tulangan yang dikunyah akan membantu mengikis plak pada gigi sehingga akan mengurangi bau mulut dan kerusakan pada gigi anjing
2.    Dapat mengurangi kebosanan pada anjing, sehingga menurunkan kadar stres (terutama bagi anjing yang sering dikandangkan)
3.    Mencegah anjing mengigit-gigit benda lain seperti sofa, bantal, sandal dan lain sebagainya

Akan tetapi, tidak semua tulang dapat diberikan kepada hewan kesayangan, contohnya tulang ayam. Tulang ayam tidak disarankan diberikan kepada anjing karena tulang ayam yang dikunyah oleh anjing akan menjadi pecahan yang tajam dan apabila tertelan akan menyebabkan saluran pencernaan anjing tesebut menjadi terluka dan tersumbat. Tidak jarang juga tulang tersebut akan tersangkut di esofagus yang akan menyebabkan tertekannya trakea (saluran nafas), sehingga anjing akan mengalami kesulitan bernafas, yang dapat berujung pada kematian mendadak. [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)