Skip to main content

#Andaperlutahu - Bolehkah Memberi Tulang pada Anjing ?

Dokter-hewan.net – Anjing merupakan hewan yang sangat aktif dan sangat bersemangat setiap harinya. Salah satu bukti bahwa Anjing adalah hewan bersemangat dan sehat yakni anjing suka menggigit-gigit sesuatu yang ada disekitarnya berupa sandal, kayu dan lain sebagainya. Namun, tindakan keceriaan ini kadangkala menjadi bulan-bulanan bagi pemilik hewan kesayangan sehingga banyak pemilik hewan memberikan tulang pada hewan kesayangannya itu sebagai objek yang digigit. Lantas, apakah pemberian tulang pada hewan kesayangan itu diperbolehkan?

Pemberian tulang diperbolehkan kepada hewan kesayangan. Tulang yang terbaik untuk diberikan pada anjing adalah tulang dengkul sapi dan tulang rawan atau bisa juga diberikan rawhide bone (tulang-tulangan).

Pemberian tulang-tulangan pada anjing juga dapat memberikan pengaruh positif, di antaranya:
1.    Tulang-tulangan yang dikunyah akan membantu mengikis plak pada gigi sehingga akan mengurangi bau mulut dan kerusakan pada gigi anjing
2.    Dapat mengurangi kebosanan pada anjing, sehingga menurunkan kadar stres (terutama bagi anjing yang sering dikandangkan)
3.    Mencegah anjing mengigit-gigit benda lain seperti sofa, bantal, sandal dan lain sebagainya

Akan tetapi, tidak semua tulang dapat diberikan kepada hewan kesayangan, contohnya tulang ayam. Tulang ayam tidak disarankan diberikan kepada anjing karena tulang ayam yang dikunyah oleh anjing akan menjadi pecahan yang tajam dan apabila tertelan akan menyebabkan saluran pencernaan anjing tesebut menjadi terluka dan tersumbat. Tidak jarang juga tulang tersebut akan tersangkut di esofagus yang akan menyebabkan tertekannya trakea (saluran nafas), sehingga anjing akan mengalami kesulitan bernafas, yang dapat berujung pada kematian mendadak. [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id