Skip to main content

#Andaperlutahu - Bolehkah Memberi Tulang pada Anjing ?

Dokter-hewan.net – Anjing merupakan hewan yang sangat aktif dan sangat bersemangat setiap harinya. Salah satu bukti bahwa Anjing adalah hewan bersemangat dan sehat yakni anjing suka menggigit-gigit sesuatu yang ada disekitarnya berupa sandal, kayu dan lain sebagainya. Namun, tindakan keceriaan ini kadangkala menjadi bulan-bulanan bagi pemilik hewan kesayangan sehingga banyak pemilik hewan memberikan tulang pada hewan kesayangannya itu sebagai objek yang digigit. Lantas, apakah pemberian tulang pada hewan kesayangan itu diperbolehkan?

Pemberian tulang diperbolehkan kepada hewan kesayangan. Tulang yang terbaik untuk diberikan pada anjing adalah tulang dengkul sapi dan tulang rawan atau bisa juga diberikan rawhide bone (tulang-tulangan).

Pemberian tulang-tulangan pada anjing juga dapat memberikan pengaruh positif, di antaranya:
1.    Tulang-tulangan yang dikunyah akan membantu mengikis plak pada gigi sehingga akan mengurangi bau mulut dan kerusakan pada gigi anjing
2.    Dapat mengurangi kebosanan pada anjing, sehingga menurunkan kadar stres (terutama bagi anjing yang sering dikandangkan)
3.    Mencegah anjing mengigit-gigit benda lain seperti sofa, bantal, sandal dan lain sebagainya

Akan tetapi, tidak semua tulang dapat diberikan kepada hewan kesayangan, contohnya tulang ayam. Tulang ayam tidak disarankan diberikan kepada anjing karena tulang ayam yang dikunyah oleh anjing akan menjadi pecahan yang tajam dan apabila tertelan akan menyebabkan saluran pencernaan anjing tesebut menjadi terluka dan tersumbat. Tidak jarang juga tulang tersebut akan tersangkut di esofagus yang akan menyebabkan tertekannya trakea (saluran nafas), sehingga anjing akan mengalami kesulitan bernafas, yang dapat berujung pada kematian mendadak. [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : VETOPET Animal Clinic Bogor

Dokter-hewan.net - Vetopet animal clinic membutuhkan dokter hewan dengan kriteria sebagai berikut :

Laki-laki/perempuan lulusan dokter hewanfresh graduate/pengalamanIPK SKH dan DRH minimal 3,00Pasiion dalam dunia laboratorium dan klinikMemiliki kemampuan komunikasi yang baikSiap bekerja dalam team Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran via email : vetopet13@gmail.com atau informasi lebih lanjut silahkan kontak +6285643032404 (drh. Nurul) 
Lamaran diterima paling lambat 5 September 2019

Workshop : Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi

Dokter-hewan.net – Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Timur VII mengadakan continuing professional development (CPD) tentang “Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi”. Adapun pengumumannya sebagai berikut :

Pembicara ·Drh. Heru Rachmadi (Praktisi Bedah Caesar Sapi) ·Drh. M. Saiful (Praktisi Hewan Besar dan Kecil)
Lokasi Pondok Asri Convention and Hall Sukodono – Lumajang
Jadwal Kegiatan Sabtu, 7 September 2019
Waktu 07.30 WIB – selesai
Materi Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi
Workshop Teknik Operasi Caesar pada Sapi
HTM ·Non PDHI Jatim VII : Rp. 350.000 ·PDHI JATIM VII : Rp. 300.000 ·Mahasiswa FKH : Rp. 150.000 ·Pendaftaran On The Spot: Rp. 375.000 *Paket penginapan 1 malam Rp. 200.000
TRANSFER PEMBAYARAN BANK MANDIRI 141-00-1025636-0 (a/n drh. FRESHCA AYU ANGGITA)
Nara Hubung Drh. Irfan S (085-257-216-392) Drh. Shelfiana (081-310-490-909)

Lowongan Kerja : PDHB GAIA Surabaya

Dokter-hewan.net - *Lowongan Kerja*
Praktek dokter hewan bersama (PDHB) GAIA-surabaya
Saat ini sedang membuka lowongan untuk posisi drh rawat inap dan praktek
Persyaratan: 1. Dokter hewan 2. Sayang terhadap hewan 3. Bertanggung jawab dan memiliki attitude yang baik 4. Berpengalaman min. 1 tahun atau Fresh graduate 5. Mampu bekerja dalam team dan individu 6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik 7. Mau untuk terus belajar (seminar, workshop dll)
Surat lamaran, curriculum vitae dan pas photo terbaru dapat dikirimkan ke alamat email anang.triyatmoko@gmail.com  Atau PDHB GAIA G-walk w2-10 citraland surabaya barat
Terima kasih