Skip to main content

#Andaperlutahu - Kenapa Coklat Tidak Boleh Diberikan Kepada Anjing ?

Dokter-hewan.net – Coklat merupakan makanan favorit bagi kebanyakan orang, selain karena rasanya enak, coklat juga dapat membuat rileks dan memperbaiki mood menjadi lebih baik. Akan tetapi, coklat dapat menjadi racun bagi hewan kesayangan khususnya bagi anjing dan kucing. Keracunan coklat pada anjing dan kucing akan berdampak serius bahkan dapat menyebabkan kematian.

Coklat mengandung racun atau toksik bagi anjing. Racun tersebut adalah kafein dan theobromine. Kafein dan theobromine akan menyebabkan sakit pada anjing. Kafein dan theobromine akan menyebabkan pelepasan beberapa substansi pada tubuh anjing yang akan menyebabkan naiknya detak jantung anjing dan menyebabkan terjadinya aritmia (gangguan ritme jantung). Gejala lain yang akan muncul adalah urinasi meningkat, muntah, dan diare. Gejala – gejala ini nantinya akan mengarah ke arah yang lebih serius yaitu hipertermia (suhu panas), otot tremor, seizure, koma bahkan kematian.

Jika anjing tidak sengaja memakan coklat dan tidak lebih lama dari 2 jam, sebaiknya pancing hewan agar memuntahkan makanan yang sudah dimakan. Namun, jika tidak berhasil, segera bawa hewan Anda ke dokter hewan terdekat sesegera mungkin agar reaksi keracunan coklat dapat diatasi dengan cepat.

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah perhatikan kandungan makanan yang akan diberikan kepada anjing kesayangan Anda. Kemudian perhatikan gerak – gerik anjing saat berada di rumah serta mengunci produk – produk yang mengandung coklat atau makanan yang berbahaya bagi hewan agar tidak termakan tanpa sepengetahuan Anda. [HP]

Source: Dawn Hess DVM Class of 2003

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id