Skip to main content

Rambut Rontok pada Kucing

Dokter-hewan.net - Kerontokan rambut kucing pada waktu musim dingin merupakan salah satu hal yang wajar. Namun, perlu diperhatikan jika bulu kucing mengalami kerontokan yang sangat banyak bahkan menjadi botak (alopecia) di beberapa bagian tubuhnya. Apabila kebiasaan kucing untuk melakukan self grooming dapat menyebabkan rambut rontok, luka dan infeksi, ini merupakan peringatan bagi Anda sebagai pemilik kucing di rumah. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kerontokan rambut pada kucing, antara lain:


1.      Keadaan normal
Pada umumnya, kucing mengalami kerontokan rambut setidaknya sekali setahun yang kemudian diikuti dengan pertumbuhan rambut baru. Kerontokan juga terjadi pada kucing betina secara periodik sesuai dengan siklus reproduksi kucing.
2.      Alergi
Alergi pada kucing dapat disebabkan oleh beberap hal seperti makanan, obat-obatan, gigitan parasit, bahkan rumput atau tanaman liar lainnya. Alergi terjadi karena sekresi histamin yang berlebih. Oleh karena itu, hal ini dapat diatasi dengan pemberian antihistamin dan menghindari penyebab dari alergi tersebut.
3.      Ektoparasit
Gigitan ektoparasit seperti kutu dan pinjal dapat menimbulkan kemerahan, bengkak dan radang disekitar gigitan. Apabila jumlahnya banyak, reaksi alergi dan radang pada kulit akan semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan resiko kerontokan rambut pada kucing akan semakin tinggi. Sedangkan, ektoparasit lain seperti tungau dapat menghisap cairan tubuh yang terdapat di kulit sehingga menyebabkan kulit mati dan kering akibat kekurangan cairan dan nutrisi. Hal ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi dan mulculnya radang sehingga dapat memperparah kerusakan kulit dan rambut.
4.      Jamur
Indonesia merupakan daerah beriklim tropis dengan kelembaban yang tinggi dan merupakan daerah yang cocok untuk tumbuhnya berbagai jenis jamur. Kucing yang memiliki bulu tebal dan panjang juga merupakan peluang besar sebagai tempat tumbuhnya jamur. Ringworm adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh jamur. Selain menyerang kucing dan anjing, penyakit ini juga dapat menyerang manusia dan menyebabkan gatal-gatal hingga kemerahan pada kulit.
5.      Kekurangan nutrisi
Anak kucing membutuhkan makanan dengan kandungan protein minimal 30%, sedangkan kucing dewasa 25-30%. Selain itu, kucing juga memerlukan vitamin dan nutrisi agar tubuh dan keadaan kulit serta rambutnya tetap optimal. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik kucing harus pintar dalam memilih dan mengkombinasi pakan untuk kucing Anda. Jika ingin menjaga perkembangan bulu kucing agar tidak selalu rontok, berilah pakan yang mengandung vitamin A dan E.
6.      Shampoo
Shampo yang tidak cocok dengan kucing Anda biasanya akan menimbulkan kerontokan pada bulu kucing. Anda harus memperhatikan dari segi kandungan dan derajat keasaman (pH) nya. Beberapa shampoo yang menimbulkan banyak busa biasanya akan mengiritasi kulit dan menyebabkan kerontokan. Frekuensi mandi yang terlalu sering juga dapat mempengaruhi kelembaban kulit. Kelembaban yang berlebihan dapat menjadi tempat yang sesuai bagi tumbuhnya jamur. Pembilasan dan pengeringan yang sempurna setelah selesai memandikan kucing juga dapat mempengaruhi keadaan kulit dan rambut kucing. Jadi, Anda harus memastikan untuk sudah membilasnya dengan bersih dan mengeringkan rambut kucing dengan sempurna.

Lalu, setelah Anda mengetahui beberapa penyebab kerontokan rambut pada kucing Anda, apa yang harus Anda lakukan?
  • Anda harus menjaga pakan kucing dengan memberinya pakan dengan gizi yang baik
  • Anda harus menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar kucing bermain 
  • Anda harus mengajak kucing anda bermain karena stress juga dapat menjadi pemicu kerontokan rambut pada kucing 
  • Sempatkan waktu untuk menyisisr rambut kucing Anda agar rambut/bulu kucing tidak kusut dan bisa menjadi gumpalan rambut (hairball) yang nantinya akan memperparah kerontokan dan mungkin bisa termakan oleh kucing Anda.
Nah, hal yang paling penting adalah periksakan penyebab kerontokan rambut pada kucing Anda dengan membawanya ke dokter hewan. Dokter hewan akan memerikan saran terbaik untuk perawatan kucing Anda selanjutnya. [AD]


Comments

Popular posts from this blog

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)