Skip to main content

Cara Melatih Anjing Pintar

Dokter-hewan.net – Sebagai salah satu hewan kesayangan yang tergolong pintar, anjing mempunyai berbagai macam karakteristik dan psikologi yang berbeda yang harus diketahui oleh pemiliknya. Sebagai pemilik anjing, Anda harus lebih pintar dan sabar dalam melatih agar kelak si anjing dapat menjadi anjing yang pintar dan patuh. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih anjing Anda. Yuk simak tips berikut ini.

1.    Lakukan pendekatan pada anjing Anda
Istilah pdkt atau pendekatan tidak hanya bisa Anda lakukan pada pasangan Anda, tapi lakukanlah juga pada hewan kesayangan Anda. Cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka. Anjing akan berbicara melalui energy, bahasa tubuh, raut wajah, pergerakan ekor dan telinga, postur tubuh serta suara. Jika Anda sudah menjalani hubungan yang baik dengan anjing Anda, maka Anda akan senantiasa mengerti apa yang anjing Anda butuhkan.
2.    Gunakan intonasi yang jelas
Dalam melatih anjing Anda, pastikan Anda memnggunakan intonasi suara yang jelas. Misalnya, gunakan intonasi yang lembut dan lebih tinggi apabila Anda senang dengan apa yang anjing Anda lakukan. Sebaliknya, gunakan intonasi yang lebih rendah apabila Anda tidak senang dengan apa yang anjing Anda lakukan. Lakukan semuanya dengan jelas, baik melalui isyarat tangan ataupun perintah.
3.    Jaga mood anjing Anda
Jika Anda melatih anjing Anda di setiap harinya, perhatikan selalu mood dan kondisi fisik anjing Anda sebelum melatihnya. Jangan memaksanya untuk berlatih jika tidak dalam keadaan dan kondisi yang baik. Jika Anda tetap memaksakan untuk berlatih, anjing Anda akan lebih sering melakukan kesalahan dan Anda juga pasti akan memberi hukuman kepadanya. Keadaan ini akan membuat mental anjing Anda akan semakin menurun. Dan Anda juga harus mengetahui bahwa untuk membuat anjing bersemangat kembali akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
4.    Kenali anjing Anda dengan baik
Setiap anjing mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda melatihnya step by step. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan latihan yang sudah dikuasainya, dan kemudian perlahan Anda dapat memberikan latihan baru yang belum anjing Anda kuasai.
5.    Latih anjing Anda dengan konsisten
Jika Anda tidak menyukai dengan apa yang anjing Anda lakukan, berilah dia respon atau hukuman yang pasti. Misalnya, jika anjing Anda buang air kecil di tempat yang tidak seharusnya, Anda harus memberi hukuman setiap kali anjing Anda melakukannya agar dia paham bahwa hal itu tidak boleh dilakukan.
6.    Lakukan latihan yang menyenangkan
Metode latihan yang Anda berikan dapat Anda lakukan dengan bermain sambil berlatih. Misalnya dengan melakukan 10 menit latihan, lalu istirahat 1-2 menit. Kemudian lanjutkan kembali latihan pada 10 menit berikutnya. Ulangi latihan-latihan yang sudah dikuasai pada awal latihan. Lalu, Anda dapat menyelinginya dengan permainan yang seru seperti lempat dan tangkap bola.
7.    Jangan kasari anjing Anda
Dalam memberi hukuman, jangan pernah Anda memukul atau melakukan kekerasan fisik lainnya pada anjing Anda. Anda dapat melakukan metode “positive reinforcement”. Jika anjing Anda pintar melakukan perintah Anda, berilah treat kesukaannya. Akan tetapi, jika anjing Anda tidak melakukan apa yang Anda perintahkan, hukumlah dengan tidak memberikan treat tersebut. Imbalan yang dapat Anda berikan dapat berupa treat kesukaannya, pujian, elusan dan perhatian yang lebih.
8.    Kesabaran adalah kunci sukses dalam melatih
Dari semua latihan yang Anda berikan, hal yang paling penting adalah kesabaran. Jika Anda sabar, pastilah anjing Anda juga akan menjadi pintar dan patuh seperti yang Anda harapkan. Jadi, ucapkan perintah sekali saja. Jika belum dilakukan, beri waktu 2-3 menit untuk mengulang perintahnya. Pada awal latihan, jangan berikan lebih dari dua macam perintah karena dapat membuat anjing menjadi bingung. Tunggulah anjing Anda melakukan perintah yang pertama, kemudian lakukan perintah yang selanjutnya.

Anjing merupakan salah satu hewan yang pintar dan mempunyai perasaan yang kuat. Jika Anda bersikap tenang, maka anjing Anda juga akan meniru sikap tenang Anda. Dan sebaliknya, jika Anda sedang cemas, maka anjing Anda dapat merasakan kecemasan Anda. That’s why, anjing bukanlah sekedar hewan peliharaan, tapi mereka adalah sahabat terbaik manusia. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

#Andaperlutahu - Mengapa Kucing Ribut Saat Kawin ?

Dokter-hewan.net – Kucing betina dapat mengalami birahi pertama pada usia yang begitu muda sekitar usia 6 – 8 bulan. Namun, dokter hewan tak menyarankan untuk segera mengawinkannya pada usia di bawah 1 tahun. Hal ini karena dikhawatirkan akan terjadi keguguran mengingat sifat dan sikap betina muda yang berusia di bawah 1 tahun masih suka bermain dan mentalnya masih belum siap untuk mengandung.
Selama masa periode atau musim kawin, ada beberapa tahap kucing kawin yang berhubungan dengan kucing betina, yakni: 1. Proestrus – Pada masa ini, kucing betina belum tertarik pada kucing jantan. Namun, pada kucing betina sudah tampak adanya pembengkakan vulva dan terasa kencang disertai pendarahan. Kucing betina akan berguling – guling serta menggosok – gosokkan badannya di lantai atau tanah. Kemudian, betina akan memanggil kucing jantan tetapi betina masih enggan untuk dikawini. Tahap ini berlangsung selama 4 – 14 hari, rata – rata 9 hari. 2. Estrus – Masa ini dapat berlangsung sekitar 4 – 21 h…

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri.
Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam. 
Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal?
Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat besar. Anda bis…