Skip to main content

Cara Melatih Anjing Pintar

Dokter-hewan.net – Sebagai salah satu hewan kesayangan yang tergolong pintar, anjing mempunyai berbagai macam karakteristik dan psikologi yang berbeda yang harus diketahui oleh pemiliknya. Sebagai pemilik anjing, Anda harus lebih pintar dan sabar dalam melatih agar kelak si anjing dapat menjadi anjing yang pintar dan patuh. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih anjing Anda. Yuk simak tips berikut ini.

1.    Lakukan pendekatan pada anjing Anda
Istilah pdkt atau pendekatan tidak hanya bisa Anda lakukan pada pasangan Anda, tapi lakukanlah juga pada hewan kesayangan Anda. Cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka. Anjing akan berbicara melalui energy, bahasa tubuh, raut wajah, pergerakan ekor dan telinga, postur tubuh serta suara. Jika Anda sudah menjalani hubungan yang baik dengan anjing Anda, maka Anda akan senantiasa mengerti apa yang anjing Anda butuhkan.
2.    Gunakan intonasi yang jelas
Dalam melatih anjing Anda, pastikan Anda memnggunakan intonasi suara yang jelas. Misalnya, gunakan intonasi yang lembut dan lebih tinggi apabila Anda senang dengan apa yang anjing Anda lakukan. Sebaliknya, gunakan intonasi yang lebih rendah apabila Anda tidak senang dengan apa yang anjing Anda lakukan. Lakukan semuanya dengan jelas, baik melalui isyarat tangan ataupun perintah.
3.    Jaga mood anjing Anda
Jika Anda melatih anjing Anda di setiap harinya, perhatikan selalu mood dan kondisi fisik anjing Anda sebelum melatihnya. Jangan memaksanya untuk berlatih jika tidak dalam keadaan dan kondisi yang baik. Jika Anda tetap memaksakan untuk berlatih, anjing Anda akan lebih sering melakukan kesalahan dan Anda juga pasti akan memberi hukuman kepadanya. Keadaan ini akan membuat mental anjing Anda akan semakin menurun. Dan Anda juga harus mengetahui bahwa untuk membuat anjing bersemangat kembali akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
4.    Kenali anjing Anda dengan baik
Setiap anjing mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda melatihnya step by step. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan latihan yang sudah dikuasainya, dan kemudian perlahan Anda dapat memberikan latihan baru yang belum anjing Anda kuasai.
5.    Latih anjing Anda dengan konsisten
Jika Anda tidak menyukai dengan apa yang anjing Anda lakukan, berilah dia respon atau hukuman yang pasti. Misalnya, jika anjing Anda buang air kecil di tempat yang tidak seharusnya, Anda harus memberi hukuman setiap kali anjing Anda melakukannya agar dia paham bahwa hal itu tidak boleh dilakukan.
6.    Lakukan latihan yang menyenangkan
Metode latihan yang Anda berikan dapat Anda lakukan dengan bermain sambil berlatih. Misalnya dengan melakukan 10 menit latihan, lalu istirahat 1-2 menit. Kemudian lanjutkan kembali latihan pada 10 menit berikutnya. Ulangi latihan-latihan yang sudah dikuasai pada awal latihan. Lalu, Anda dapat menyelinginya dengan permainan yang seru seperti lempat dan tangkap bola.
7.    Jangan kasari anjing Anda
Dalam memberi hukuman, jangan pernah Anda memukul atau melakukan kekerasan fisik lainnya pada anjing Anda. Anda dapat melakukan metode “positive reinforcement”. Jika anjing Anda pintar melakukan perintah Anda, berilah treat kesukaannya. Akan tetapi, jika anjing Anda tidak melakukan apa yang Anda perintahkan, hukumlah dengan tidak memberikan treat tersebut. Imbalan yang dapat Anda berikan dapat berupa treat kesukaannya, pujian, elusan dan perhatian yang lebih.
8.    Kesabaran adalah kunci sukses dalam melatih
Dari semua latihan yang Anda berikan, hal yang paling penting adalah kesabaran. Jika Anda sabar, pastilah anjing Anda juga akan menjadi pintar dan patuh seperti yang Anda harapkan. Jadi, ucapkan perintah sekali saja. Jika belum dilakukan, beri waktu 2-3 menit untuk mengulang perintahnya. Pada awal latihan, jangan berikan lebih dari dua macam perintah karena dapat membuat anjing menjadi bingung. Tunggulah anjing Anda melakukan perintah yang pertama, kemudian lakukan perintah yang selanjutnya.

Anjing merupakan salah satu hewan yang pintar dan mempunyai perasaan yang kuat. Jika Anda bersikap tenang, maka anjing Anda juga akan meniru sikap tenang Anda. Dan sebaliknya, jika Anda sedang cemas, maka anjing Anda dapat merasakan kecemasan Anda. That’s why, anjing bukanlah sekedar hewan peliharaan, tapi mereka adalah sahabat terbaik manusia. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa kucing selalu tidur? Berikut 5 fakta tentang tidur kucing

Dokter-hewan.net - Kita seringkali bertanya-tanya. Kenapa kucing tidur melulu? Apakah mereka benar-benar tidur atau hanya sekedar istirahat dan apakah mereka bermimpi? Dan apakah normal jika mereka tidur sambil mendengkur? Berikut adalah fakta-fakta tentang tidur kucing.

Kucing tidur sepanjang waktu merupakan rahasia umum yang diketahui oleh semua orang. Mereka bisa tidur dimana saja, lantai, kursi, kasur, tumpukan baju bahkan di tempat-tempat ekstrim sekalipun. Bahkan, jika kamu menelurusi menggunakan google, kamu akan menemukan ribuan bahkan jutaan foto kucing yang sedang tidur dengan damai. Namun, yang menjadi pertanyaan saat ini, kenapa mereka tidur begitu lama? yuk! kita pelajari 5 fakta tentang tidur kucing.

1. Tidur adalah bagian dari genetik kucing

Jika pertanyaannya seberapa lama kucing tidur dalam sehari, jawabannya adalah 16 jam/hari. Bahkan bagi kucing-kucing tua atau senior bisa lebih dari itu. Ternyata, kebiasaan tidur seperti itu sudah dari bagian genetik kucing loh! al…

Kucingmu kencing di kasur atau sofa? Ini 5 Alasannya!

Dokter-hewan.net - Apakah kamu termasuk orang yang selalu mendapati kucingmu kencing di kasur atau sofa di rumahmu? Jika iya, kamu pasti jengkel dan sedih dalam satu waktu. Bagaimana kucing kesayanganmu bisa melakukan hal itu, padahal fasilitas yang kamu berikan sudah lebih dari cukup, misalnya menyediakan litter box dan pasirnya, bahkan pasirnya sudah diganti berkali-kali mulai dari yang murah ke pasir yang mahal dan berbau haru. Ternyata, ada 5 hal penyebabnya loh! Yuk kita bahas satu persatu.

1. Gejala gangguan kesehatan

Tahukah kamu, perilaku menyimpang kucing dapat saja disebabkan oleh faktor kesehatan, termasuk salah satunya kencing di kasur dan sofa. Penyakit saluran kencing, diabetes dan radang sendi adalah salahtiga penyebab utama yang terjadi. Jadi, kalau kucingmu melakukan hal itu, harus langsung di bawa ke dokter hewan terdekat ya!

2. Merasa aman

Kasur, sofa bahkan kursi memiliki satu kesamaan, yaitu permukaan yang tinggi. Jika kucing kencing di lokasi-lokasi tinggi berart…

Anjingmu sering menatapmu? Berikut 6 fakta tentang tatapan anjing

Dokter-hewan.net - Jika kamu pemilik anjing, hal ini adalah hal yang lumrah setiap hari. Anjing kesayanganmu seringkali menatapmu dari kejauhan dan durasi yang tidak sebentar. Kadangkala tatapan ini diikuti oleh gerakan kepala ke kiri dan ke kanan sehingga kamu sering berkata "awwww". Namun ada juga anjing yang menatap dari kejauhan tanpa menggerak-gerakkan kepalanya. Hal inilah yang selalu membuatmu bertanya-tanya. Kenapa anjing menatapi saya? Yuk kita ketahui 6 fakta tentang tatapan anjing.

1. Antisipasi dan keinginan

Anjing seringkali memperhatikan pemiliknya saat makan. Jika anjingmu demikian, kemungkinan besar dia sedang menunggu "sesuatu" jatuh dan siap untuk menangkap serta kemudian memakannya, atau jika kamu tipe orang yang selalu memberikan makananmu ke anjing saat kamu makan, dia menatapimu untuk menunggu jatah yang biasanya kamu berikan kepada mereka. Tentunya dengan menatapmu terus, dia tidak akan kehilangan kesempatan mendapatkan makanan yang enak.

Sel…