Skip to main content

Cara Melatih Anjing Pintar

Dokter-hewan.net – Sebagai salah satu hewan kesayangan yang tergolong pintar, anjing mempunyai berbagai macam karakteristik dan psikologi yang berbeda yang harus diketahui oleh pemiliknya. Sebagai pemilik anjing, Anda harus lebih pintar dan sabar dalam melatih agar kelak si anjing dapat menjadi anjing yang pintar dan patuh. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih anjing Anda. Yuk simak tips berikut ini.

1.    Lakukan pendekatan pada anjing Anda
Istilah pdkt atau pendekatan tidak hanya bisa Anda lakukan pada pasangan Anda, tapi lakukanlah juga pada hewan kesayangan Anda. Cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka. Anjing akan berbicara melalui energy, bahasa tubuh, raut wajah, pergerakan ekor dan telinga, postur tubuh serta suara. Jika Anda sudah menjalani hubungan yang baik dengan anjing Anda, maka Anda akan senantiasa mengerti apa yang anjing Anda butuhkan.
2.    Gunakan intonasi yang jelas
Dalam melatih anjing Anda, pastikan Anda memnggunakan intonasi suara yang jelas. Misalnya, gunakan intonasi yang lembut dan lebih tinggi apabila Anda senang dengan apa yang anjing Anda lakukan. Sebaliknya, gunakan intonasi yang lebih rendah apabila Anda tidak senang dengan apa yang anjing Anda lakukan. Lakukan semuanya dengan jelas, baik melalui isyarat tangan ataupun perintah.
3.    Jaga mood anjing Anda
Jika Anda melatih anjing Anda di setiap harinya, perhatikan selalu mood dan kondisi fisik anjing Anda sebelum melatihnya. Jangan memaksanya untuk berlatih jika tidak dalam keadaan dan kondisi yang baik. Jika Anda tetap memaksakan untuk berlatih, anjing Anda akan lebih sering melakukan kesalahan dan Anda juga pasti akan memberi hukuman kepadanya. Keadaan ini akan membuat mental anjing Anda akan semakin menurun. Dan Anda juga harus mengetahui bahwa untuk membuat anjing bersemangat kembali akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
4.    Kenali anjing Anda dengan baik
Setiap anjing mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda melatihnya step by step. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan latihan yang sudah dikuasainya, dan kemudian perlahan Anda dapat memberikan latihan baru yang belum anjing Anda kuasai.
5.    Latih anjing Anda dengan konsisten
Jika Anda tidak menyukai dengan apa yang anjing Anda lakukan, berilah dia respon atau hukuman yang pasti. Misalnya, jika anjing Anda buang air kecil di tempat yang tidak seharusnya, Anda harus memberi hukuman setiap kali anjing Anda melakukannya agar dia paham bahwa hal itu tidak boleh dilakukan.
6.    Lakukan latihan yang menyenangkan
Metode latihan yang Anda berikan dapat Anda lakukan dengan bermain sambil berlatih. Misalnya dengan melakukan 10 menit latihan, lalu istirahat 1-2 menit. Kemudian lanjutkan kembali latihan pada 10 menit berikutnya. Ulangi latihan-latihan yang sudah dikuasai pada awal latihan. Lalu, Anda dapat menyelinginya dengan permainan yang seru seperti lempat dan tangkap bola.
7.    Jangan kasari anjing Anda
Dalam memberi hukuman, jangan pernah Anda memukul atau melakukan kekerasan fisik lainnya pada anjing Anda. Anda dapat melakukan metode “positive reinforcement”. Jika anjing Anda pintar melakukan perintah Anda, berilah treat kesukaannya. Akan tetapi, jika anjing Anda tidak melakukan apa yang Anda perintahkan, hukumlah dengan tidak memberikan treat tersebut. Imbalan yang dapat Anda berikan dapat berupa treat kesukaannya, pujian, elusan dan perhatian yang lebih.
8.    Kesabaran adalah kunci sukses dalam melatih
Dari semua latihan yang Anda berikan, hal yang paling penting adalah kesabaran. Jika Anda sabar, pastilah anjing Anda juga akan menjadi pintar dan patuh seperti yang Anda harapkan. Jadi, ucapkan perintah sekali saja. Jika belum dilakukan, beri waktu 2-3 menit untuk mengulang perintahnya. Pada awal latihan, jangan berikan lebih dari dua macam perintah karena dapat membuat anjing menjadi bingung. Tunggulah anjing Anda melakukan perintah yang pertama, kemudian lakukan perintah yang selanjutnya.

Anjing merupakan salah satu hewan yang pintar dan mempunyai perasaan yang kuat. Jika Anda bersikap tenang, maka anjing Anda juga akan meniru sikap tenang Anda. Dan sebaliknya, jika Anda sedang cemas, maka anjing Anda dapat merasakan kecemasan Anda. That’s why, anjing bukanlah sekedar hewan peliharaan, tapi mereka adalah sahabat terbaik manusia. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Kenali anak kucing yang tertinggal dalam kandungan induk

Dokter-hewan.net  - Pada keadaan normal, kucing bunting selama 64-67 hari. Dan kelahiran merupakan puncak dari proses kebuntingan. Kucing merupakan makhluk yang mandiri dimana tidak memerlukan bantuan ketika melahirkan. Namun, pada keadaan tertentu mungkin saja dijumpai kucing yang mengalami kesulitan melahirkan dan berpotensi mengancam jiwa induk dan calon anak yang akan dilahirkan. Penyebabnya dapat berasal dari induk maupun anaknya sendiri. Terkadang pemilik akan membiarkan kucingnya melahirkan dan seringkali dibiarkan hingga esok dan keesokkan harinya. Hal Ini tidak menjadi masalah ketika benar semua anak yang ada dalam kandungan induk telah keluar semua. Tapi pastikan induk memiliki akses ke makanan dan air minum tanpa risiko anak-anak kucing menjadi terjebak atau tenggelam.  Lalu, apa yang terjadi jika ada yang masih tertinggal? Hal ini sering dicurigai pemilik ketika melihat kucingnya yang baru melahirkan, dengan jeda waktu yang cukup, dan perutnya masih terlihat

Waspada Luka Berbelatung pada Hewan Kesayangan

Dokter-hewan.net  - Luka yang terinfeksi belatung atau sering kita sebut dengan myasis merupakan kejadian yang cukup tinggi terjadi pada hewan kesayangan, terutama anjing. Kejadian myasis yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan kematian pada hewan akibat shock, intoksikasi ataupun infeksi sekunder. Myasis adalah kerusakan pada otot yang disebabkan oleh belatung. Belatung yang bentuknya seperti ulat ini berasal dari telur-telur lalat yang menetas, kemudian menggerogoti jaringan otot yang ada. Hal ini dapat berawal dari luka yang kecil yang tidak diketahui owner terutama pada hewan berambut panjang. Dengan perlahan, belatung akang menggerogoti jaringan otot di bawah kulit membentuk terowongan. Kondisi luka pada permukaan kulit ini akan mengundang lalat untuk bertelur sehingga belatung akan semakin banyak menempati luka hingga membusuk. Sampai kondisi seperti ini pun terkadang owner belum mengetahui betul apa yang terjadi pada hewan

Apa yang harus dilakukan agar kucing tidak kencing berdarah lagi?

Dokter-hewan.net – Kencing berdarah, sulit kencing dan kencing batu adalah penyakit yang paling umum ditemukan di klinik hewan. Penyakit ini umumnya muncul kepada hewan-hewan yang terlalu disayang dan dimanja oleh pemiliknya, sehingga terkadang dokter hewan menyebutnya penyakit kucing manja, karena diderita oleh kucing-kucing yang terlalu dimanja oleh pemiliknya, alias tidak mengatur dietnya dengan baik dan benar. Penyakit yang dikenal dengan nama Feline Urinary Syndrom (FUS) ini memang memiliki banyak sekali kemungkinan penyebabnya, salah satunya adalah faktor manajemen makanan yang sangat tidak sehat, misalnya memberikan makan setiap kucing meminta, kucing kurang beraktifitas dan memberikan makanan dengan kualitas yang sangat jelek alias asal kucing suka. Terkadang, pemilik hewan juga akan kebingungan dengan penyakit ini. Hari ini sembuh dan sebulan kemudian kambuh kembali, dan kembali lagi. Lantas, bagaimana cara agar penyakit ini tidak kambuh kembali? Berikut adalah tips