Skip to main content

Cara Melatih Anjing Pintar

Dokter-hewan.net – Sebagai salah satu hewan kesayangan yang tergolong pintar, anjing mempunyai berbagai macam karakteristik dan psikologi yang berbeda yang harus diketahui oleh pemiliknya. Sebagai pemilik anjing, Anda harus lebih pintar dan sabar dalam melatih agar kelak si anjing dapat menjadi anjing yang pintar dan patuh. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melatih anjing Anda. Yuk simak tips berikut ini.

1.    Lakukan pendekatan pada anjing Anda
Istilah pdkt atau pendekatan tidak hanya bisa Anda lakukan pada pasangan Anda, tapi lakukanlah juga pada hewan kesayangan Anda. Cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka. Anjing akan berbicara melalui energy, bahasa tubuh, raut wajah, pergerakan ekor dan telinga, postur tubuh serta suara. Jika Anda sudah menjalani hubungan yang baik dengan anjing Anda, maka Anda akan senantiasa mengerti apa yang anjing Anda butuhkan.
2.    Gunakan intonasi yang jelas
Dalam melatih anjing Anda, pastikan Anda memnggunakan intonasi suara yang jelas. Misalnya, gunakan intonasi yang lembut dan lebih tinggi apabila Anda senang dengan apa yang anjing Anda lakukan. Sebaliknya, gunakan intonasi yang lebih rendah apabila Anda tidak senang dengan apa yang anjing Anda lakukan. Lakukan semuanya dengan jelas, baik melalui isyarat tangan ataupun perintah.
3.    Jaga mood anjing Anda
Jika Anda melatih anjing Anda di setiap harinya, perhatikan selalu mood dan kondisi fisik anjing Anda sebelum melatihnya. Jangan memaksanya untuk berlatih jika tidak dalam keadaan dan kondisi yang baik. Jika Anda tetap memaksakan untuk berlatih, anjing Anda akan lebih sering melakukan kesalahan dan Anda juga pasti akan memberi hukuman kepadanya. Keadaan ini akan membuat mental anjing Anda akan semakin menurun. Dan Anda juga harus mengetahui bahwa untuk membuat anjing bersemangat kembali akan membutuhkan waktu yang cukup lama.
4.    Kenali anjing Anda dengan baik
Setiap anjing mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda melatihnya step by step. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan latihan yang sudah dikuasainya, dan kemudian perlahan Anda dapat memberikan latihan baru yang belum anjing Anda kuasai.
5.    Latih anjing Anda dengan konsisten
Jika Anda tidak menyukai dengan apa yang anjing Anda lakukan, berilah dia respon atau hukuman yang pasti. Misalnya, jika anjing Anda buang air kecil di tempat yang tidak seharusnya, Anda harus memberi hukuman setiap kali anjing Anda melakukannya agar dia paham bahwa hal itu tidak boleh dilakukan.
6.    Lakukan latihan yang menyenangkan
Metode latihan yang Anda berikan dapat Anda lakukan dengan bermain sambil berlatih. Misalnya dengan melakukan 10 menit latihan, lalu istirahat 1-2 menit. Kemudian lanjutkan kembali latihan pada 10 menit berikutnya. Ulangi latihan-latihan yang sudah dikuasai pada awal latihan. Lalu, Anda dapat menyelinginya dengan permainan yang seru seperti lempat dan tangkap bola.
7.    Jangan kasari anjing Anda
Dalam memberi hukuman, jangan pernah Anda memukul atau melakukan kekerasan fisik lainnya pada anjing Anda. Anda dapat melakukan metode “positive reinforcement”. Jika anjing Anda pintar melakukan perintah Anda, berilah treat kesukaannya. Akan tetapi, jika anjing Anda tidak melakukan apa yang Anda perintahkan, hukumlah dengan tidak memberikan treat tersebut. Imbalan yang dapat Anda berikan dapat berupa treat kesukaannya, pujian, elusan dan perhatian yang lebih.
8.    Kesabaran adalah kunci sukses dalam melatih
Dari semua latihan yang Anda berikan, hal yang paling penting adalah kesabaran. Jika Anda sabar, pastilah anjing Anda juga akan menjadi pintar dan patuh seperti yang Anda harapkan. Jadi, ucapkan perintah sekali saja. Jika belum dilakukan, beri waktu 2-3 menit untuk mengulang perintahnya. Pada awal latihan, jangan berikan lebih dari dua macam perintah karena dapat membuat anjing menjadi bingung. Tunggulah anjing Anda melakukan perintah yang pertama, kemudian lakukan perintah yang selanjutnya.

Anjing merupakan salah satu hewan yang pintar dan mempunyai perasaan yang kuat. Jika Anda bersikap tenang, maka anjing Anda juga akan meniru sikap tenang Anda. Dan sebaliknya, jika Anda sedang cemas, maka anjing Anda dapat merasakan kecemasan Anda. That’s why, anjing bukanlah sekedar hewan peliharaan, tapi mereka adalah sahabat terbaik manusia. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online?

Dokter-hewan.net - Seiring dengan perkembangan teknologi, seringkali antara pemilik hewan kesayanan dan dokter hewan terlibat diskusi di media sosial, fitur pesan dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar pemilik hewan akan kecewa karena dokter hewan hanya memberikan arahan agar hewannya langsung di bawa ke dokter hewan terdekat, bukannya diberikan alternatif obat. Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online? Berikut adalah alasannya.  Dokter hewan bukanlah dukun Alasan utama adalah dokter hewan bukanlah dukun yang dapat merasakan kondisi hewan anda jarak jauh. Dokter hewan harus mengetahui riwayat penyakit hewan, kemudian melakukan pemeriksaan fisik. Mulai dari suhu, pernafasan, denyut jantung sampai ke hal yang sederhana misalnya kulit, kuku, telinga dan lain sebagainya. Ketika saat pemeriksaan fisik, dokter hewan akan memiliki banyak pertanyaan di dalam otaknya, apa saja penyakit yang memiliki gejala yang sama. Kemudian jika masih belum menemukan gejala spesifik …

Lowongan Kerja : Management Trainee Vaksin Unggas

Dokter-hewan.net - Perusahaan sing bergerak dalam produksi vaksin unggas mencari kandidat untuk posisi Management Trainee dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria usia maksimal 27 TahunDiutamakan lulusan kedokteran hewan (fresh graduate) atau Pendidikan teknik industri, teknik mesin dan teknik elektro berpengalaman minimal 2 Tahun sebagai supervisor dan pernah memimpin anak buah. IPK 2,75 (Universitas Negeri) atau IPK 3 (Universitas Swasta Terkemuka)Penempatan di Kabupaten BogorHarus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik tulisan maupun verbalBersedia melakukan perjalanan ke luar negeri Email CV ke santo@biotis.id, cc ke susantomurti@gmail.com

Benarkah puppies jantan mengalah kepada puppies betina?

Dokter-hewan.net - Tahukah kamu anak anjing atau puppies sudah mulai berinteraksi dan bermain bersama sejak usia muda, lebih kurang usia 7 minggu.  
Sebuah penelitian tentang animal behavior atau tingkah laku hewan menemukan fakta lucu tentang anak anjing, yaitu anak anjing jantan akan selalu mengalah dengan anak anjing betina ketika mereka bermain. 
Penelitian tersebut mengemukakan bahwa anak anjing jantan akan bermain lebih lembut (soft) kepada anak anjing betina agar betina menang, sehingga anjing betina akan terus bermain dengannya (anak anjing jantan). 
Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa, anak anjing yang sama dipersilahkan bermain dengan anak anjing jantan lainnya, namun perlakuan yang di dapat berbeda, yaitu anak anjing jantan akan berkompetisi satu sama lain dengan kuat, dan tidak mengenal ampun. 
Bagaimana menurut kalian? (hp).