Skip to main content

Cara Membedakan Kura-kura Jantan dan Betina

Dokter-hewan.net – Sebelum Anda memelihara dan merawat kura-kura, pastilah Anda bertanya-tanya tentang apakah kura-kura yang Anda miliki berjenis kelamin jantan atau betina. Pada dasarnya, ada beberapa bagian tubuh kura-kura yang bisa Anda perhatikan untuk membedakan jenis kelamin kura-kura tersebut, antara lain:

1.    Plastron
Plastron merupakan cangkang kura-kura yang menutupi bagian bawah tubuhnya. Pada kura-kura jantan, plastronnya memiliki bentuk yang cekung ke dalam. Cekungan tersebut biasanya membantu kura-kura jantan saat akan memulai proses kawin. Sedangkan pada kura-kura betina, memiliki bentuk plastron yang rata. Hal ini tentu saja dapat memudahkan kura-kura betina saat akan menggali lubang untuk meletakkan telur-telurnya. Perbedaan pada plastron ini hanya dapat dilihat ketika kura-kura sudah dewasa dan matang kelaminnya, karena jika masih berukuran kecil atau belum dewasa, perbedaan plastron ini sangat kurang efektif dan kurang akurat.
2.    Kuku kaki
Bentuk kuku kaki pada kura-kura jantan biasanya lebih panjang dibandingkan kuku kaki kura-kura betina. Mengapa? Hal ini dikarenakan ketika kura-kura jantan dan betina kawin, kuku kaki kura-kura jantan berfungsi untuk memegangi betina.
3.    Ekor
Ekor pada kura-kura jantan lebih panjang dibandingkan dengan kura-kura betina. Kura-kura jantan mempunyai pangkal ekor yang besar dan kuat, sedangkan betina memiliki pangkal ekor yang kecil.
4.    Kelamin
Kelamin pada kura-kura jantan disebut dengan hemipenis. Ini adalah perbedaan mutlak untuk membedakan kura-kura jantan dan betina. Cara untuk melihat hemipenis pada kura-kura jantan adalah dengan membalikkan kura-kura dan menekan bagian plastron dekat ekor. Jika ditemukan hemipenis, maka sudah bisa dipastikan bahwa itu adalah kura-kura jantan.

Mengetahui perbedaan jenis kelamin antara kura-kura jantan dan betina sangatlah penting bagi Anda pecinta kura-kura yang ingin melakukan breeding atau mengembangbiakkannya. Namun, cara yang paling akurat untuk membedakan jenis kelamin kura-kura adalah dengan membawanya ke dokter hewan terdekat. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id