Skip to main content

Cara Membedakan Kura-kura Jantan dan Betina

Dokter-hewan.net – Sebelum Anda memelihara dan merawat kura-kura, pastilah Anda bertanya-tanya tentang apakah kura-kura yang Anda miliki berjenis kelamin jantan atau betina. Pada dasarnya, ada beberapa bagian tubuh kura-kura yang bisa Anda perhatikan untuk membedakan jenis kelamin kura-kura tersebut, antara lain:

1.    Plastron
Plastron merupakan cangkang kura-kura yang menutupi bagian bawah tubuhnya. Pada kura-kura jantan, plastronnya memiliki bentuk yang cekung ke dalam. Cekungan tersebut biasanya membantu kura-kura jantan saat akan memulai proses kawin. Sedangkan pada kura-kura betina, memiliki bentuk plastron yang rata. Hal ini tentu saja dapat memudahkan kura-kura betina saat akan menggali lubang untuk meletakkan telur-telurnya. Perbedaan pada plastron ini hanya dapat dilihat ketika kura-kura sudah dewasa dan matang kelaminnya, karena jika masih berukuran kecil atau belum dewasa, perbedaan plastron ini sangat kurang efektif dan kurang akurat.
2.    Kuku kaki
Bentuk kuku kaki pada kura-kura jantan biasanya lebih panjang dibandingkan kuku kaki kura-kura betina. Mengapa? Hal ini dikarenakan ketika kura-kura jantan dan betina kawin, kuku kaki kura-kura jantan berfungsi untuk memegangi betina.
3.    Ekor
Ekor pada kura-kura jantan lebih panjang dibandingkan dengan kura-kura betina. Kura-kura jantan mempunyai pangkal ekor yang besar dan kuat, sedangkan betina memiliki pangkal ekor yang kecil.
4.    Kelamin
Kelamin pada kura-kura jantan disebut dengan hemipenis. Ini adalah perbedaan mutlak untuk membedakan kura-kura jantan dan betina. Cara untuk melihat hemipenis pada kura-kura jantan adalah dengan membalikkan kura-kura dan menekan bagian plastron dekat ekor. Jika ditemukan hemipenis, maka sudah bisa dipastikan bahwa itu adalah kura-kura jantan.

Mengetahui perbedaan jenis kelamin antara kura-kura jantan dan betina sangatlah penting bagi Anda pecinta kura-kura yang ingin melakukan breeding atau mengembangbiakkannya. Namun, cara yang paling akurat untuk membedakan jenis kelamin kura-kura adalah dengan membawanya ke dokter hewan terdekat. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)

Lowongan Kerja : PT CITRA INA FEEDMILL

Dokter-hewan.net
Dibutuhkan segera, Technical Sales Representative
Dengan kriteria sbb : - Pria - Berusia maksimal 35 tahun - S1 Peternakan/ S1 Kedokteran Hewan - Memiliki SIM A - Berdomisili di Jabodetabek - Berpengalaman dalam bidang feedmill minimal 3 tahun
Mohon agar mengirimkan Lamaran dan CV ke PO BOX 6915 JATPK JKT 13069 atau melalui email ke hrdga@citrafeed-indonesia.com