Skip to main content

Cara Mengganti Pakan pada Hewan

Dokter-hewan.net – Berbeda dengan manusia, hewan tidaklah mudah beradaptasi dengan hal yang baru, termasuk pakan atau makanan yang dikonsumsi sehari-hari.  Walau tidak menutup kemungkinan pada beberapa hewan cepat bosan terhadap 1 jenis pakan sehingga pemilik harus memberikan variasi pada pakan. Namun, bagaimana cara mengganti pakan yang baik dan benar? Berikut tipsnya.

Penggantian pakan pada hewan tidak boleh langsung diganti begitu saja atau 100%, namun sebaiknya dilakukan sedikit demi sedikit. Artinya, pakan lama dan baru harus dicampur sedikit demi sedikit. Skemanya adalah sebagai berikut:
•    Hari ke 1 - 3 : Pakan baru dicampur dengan pakan lama dengan komposisi pakan baru 25 % dan pakan lama 75%
•    Hari ke 4 - 6 : Pakan baru ditambah 50% dan pakan lama dikurangi menjadi 50%
•    Hari ke 7 - 10 : Pakan baru dinaikkan menjadi 75% dan pakan lama dikurangi menjadi 25%
•    Hari ke 11 : Pakan baru 100%

Perubahan yang terjadi saat mengganti pakan adalah konsistensi feses atau pupnya. Pada umumnya akan lembek atau seperti pasta. Jika feses tersebut lembek namun masih dalam jumlah yang wajar itu adalah normal, akan tetapi jika pada saat penggantian pakan feses berubah menjadi cairan dan diare berkali-kali, segeralah bawa ke dokter hewan langganan Anda. [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id