Skip to main content

Mengenal Flu pada Kucing

Dokter-hewan.net – Bukan hanya manusia saja yang dapat terkena flu atau influenza, hewan kesayangan Anda juga ternyata juga dapat terkena penyakit tersebut. Bahaya atau tidak? Apakah dapat menular ke manusia atau pemilik hewan? Ayo kita simak penjelasan berikut.

Flu kucing merupakan penyakit yang umum terjadi dan mempengaruhi saluran pernapasan atas kucing. Penyebabnya bisa berasal dari bakteri dan virus. Flu pada kucing dapat menyebabkan mata dan hidung mengeluarkan cairan (meler) dan sakit tenggorokan, sama halnya yang terjadi pada manusia. Kucing dengan usia sangat muda, sangat tua dan kucing yang sistem imunitasnya sedang menurun dapat dengan mudah terkena flu kucing.

Sekitar 80% dari kasus flu kucing dapat disebabkan oleh salah satu dari virus ini, yakni Feline Herpesvirus (FHV) atau Feline Calicivirus (FCV). Kedua virus ini juga dapat menyerang ketika virus tersebut berhasil merusak lapisan saluran pernapasan kucing yang terinfeksi, ditambah lagi dengan adanya infeksi bakteri. Flu kucing dapat juga disebabkan oleh bakteri Chlamydophila felis dan Bordetella bronchiseptica, yang juga dapat menginfeksi anjing.

Virus flu kucing dapat menyebar melalui kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi dan menunjukkan tanda-tanda flu. Biasanya virus itu tertuju pada air mata, air liur dan cairan dari hidung. Kontak langsung dengan hasil sekresi dari kucing yang terinfeksi juga termasuk dalam penyebaran virus flu kucing.  Virus dapat bertahan hidup di lingkungan dan biasanya virus terbawa pada pakaian, tangan manusia, tempat makan dan peralatan grooming. Penyebaran lainnya dapat terjadi jika terjadi kontak dengan kucing pembawa virus. Masa inkubasi penyakit ini dapat mencapai 3 minggu, artinya kucing mungkin telah terinfeksi virus namun belum menunjukkan gejala-gejala penyakitnya. Ketika muncul masa stres atau sistem imun tubuh kucing menurun, maka kucing ini bisa terjangkit virus dan menginfeksi kucing-kucing lainnya.

Sebagai pemilik hewan kesayangan, terutama kucing, Anda perlu khawatir jika telah muncul tanda-tanda berikut pada kucing Anda. Tanda-tanda kucing yang terkena flu kucing, antara lain: bersin, keluarnya cairan pada mata dan hidung, nafsu makan menurun, suhu badan tinggi, batuk dan kehilangan suara, kucing menjadi semakin pendiam atau lemas, dan pneumonia.

Diagnosa flu kucing akan didasarkan pada gejala-gejala yang muncul pada kucing. Dokter hewan akan mengambil sampel pada mulut, hidung dan mata kucing untuk diperiksa di laboratorium, apakah virus atau bakteri penyebab flu kucing dapat teridentifikasi.

So, bahayakah penyakit ini? Ya, tentu sangat berbahaya jika menyerang kucing Anda. Sangat berbahaya jika terjangkit pada kucing yang belum divaksinasi. Penyakit ini jarang menyebabkan kematian pada kucing dewasa, tetapi dapat berakibat fatal apabila menyerang anak kucing. Apakah penyakit ini dapat menular ke manusia? Tidak, karena virus pada flu kucing berbeda dengan virus flu yang menyerang manusia.

Jika telah muncul gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan tadi, alangkah baiknya jika Anda segera membawa kucing Anda ke dokter hewan terdekat untuk kemudian diberi penanganan lebih lanjut. Pemberian obat-obatan seperti antibiotik lebih bersifat mencegah infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri. Obat-obatan lain yang diberikan biasanya hanya untuk mengurangi gejala flu seperti menurunkan panas, melegakan pernapasan, dan menghilagkan lendir yang berlebihan pada saluran pernapasan. Selebihnya tergantung pada sistem imunitas tubuh kucing. Jika kucing Anda berada pada kondisi dan gizi yang bagus, maka flu ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-3 hari. Usahakan ada makanan yang masuk ke dalam tubuh kucing agar kucing tetap mempunyai energi dan nutrisi yang baik untuk memerangi virus flu tersebut. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya

Dokter-hewan.net - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada Klinik Hewan dan pengendalian pemotongan Betina Produktif, maka dibutuhkan tenaga Medik Veteriner dengan kriteria sebagai berikut : Menguasai rektal, penyakit hewan dan pengobatan hewanBerkelakuan baik, sehat jasmani rohani dan bebas narkobaLulusan PT Negeri atau PT Swasta bereputasi baik dengan IPK min. 2,75 (skala 4)Usia maksimal 35 TahunDiutamakan Laki-laki Warga SUrabaya (KTP) Surabaya Lamaran diajukan kepada Sekretariat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Jl. Pagesangan II No. 56 (60233) Surabaya dengan disertai kelengkapan sebagai berikut :  Surat lamaranCVPas Foto berwarna 4x6 sebanyak 2 buahFotokopi KTPFotokopi Ijazah dan transkrip nilaiFotokopi sertifikat khusus (STRV dan Kompetensi) yang di klinik, paling lambat tanggal 20 November 2017 Melalui surat ini mohon bantuan untuk mengumumkan dilingkungan kampus, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih. 
Kepala dinas,  Ir. JOESTAMADHI, M.Si

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.  Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 
Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 
Seperti halnya pada manusia, ketika …

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Akeso di Brunei Darussalam

Dokter-hewan.net - Klinik hewan Akeso yang terletak di negara Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan praktisi dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria/WanitaBerpengalaman/Fresh GraduateDisiplin, Bertanggung Jawab dan dapat bekerja dalam tim. Telah selesai menempuh pendidikan dokter hewan (drh). Jika anda tertarik, silahkan kirimkan lamaran anda ke email akeso.vet@gmail.com dengan ketentuan, attach file sebagai berikut :  Pas Photo Scan Identitas diri (KTP/Passport)CVResumeScan Ijazah dan TranskripScan Sertifikat yang berkaitan.  Selamat mencoba : )