Skip to main content

Pemenuhan Nutrisi untuk Kucing Bunting

Dokter-hewan.net – Selama masa kebuntingan, pemenuhan nutrisi yang baik dan tepat haruslah selalu dijaga oleh Anda sebagai pemilik hewan kesayangan. Kucing yang sedang bunting juga membutuhkan energi dan protein untuk membantu mereka melewati masa kebuntingan yang penuh dengan tekanan dan beban. Jika nutrisi pada kucing bunting tidak tercukupi dengan baik, maka dapat mengakibatkan bayi kucing mengalami berat badan rendah dan menjadikan calon anak mengalami gangguan kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan kucing yang diberi asupan nutrisi yang tepat.

Ada beberapa tujuan diberikannya nutrisi untuk kucing bunting, yakni:
1.    Meningkatkan asupan protein untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak kucing
2.    Meningkatkan kalsium dan fosfor untuk pertumbuhan tulang anak kucing dan produksi susu dari induk kucing
3.    Membuat kucing memiliki daya cerna tinggi sehingga mampu menyediakan lebih banyak kalori dalam jumlah yang kecil dari makanan

Masa kebuntingan kucing akan memakan waktu hingga 9 minggu. Sejak proses perkawinan hingga kebuntingan, asupan makanan kucing Anda akan meningkat secara bertahap hingga mencapai sekitar 50% di atas normal. Di periode akhir kebuntingan, angka ini akan terus meningkat hingga dua kali lipatnya.

Pada masa seminggu atau dua minggu menjelang kelahiran, perut induk kucing akan semakin besar karena bayi di dalam perut juga semakin besar. Induk kucing mungkin membutuhkan lebih banyak makanan kecil sepanjang hari karena perutnya tidak memiliki cukup ruang untuk makanan dengan porsi normalnya. Oleh karena itu, dibutuhkan juga suplemen vitamin khusus kucing sebagai penambah tenaga. Sehari atau dua hari menjelang kelahiran, induk kucing akan berhenti makan. Namun, jika induk kucing berhenti makan selama beberapa hari, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter hewan langganan Anda.

Pada saat bunting, tidak menutup kemungkinan bahwa induk kucing akan mengalami stres. Magnesium gluconate dibutuhkan untuk mengurangi stres pada saat induk kucing bunting dan melahirkan. Selain itu, magnesium dibutuhkan untuk menormalisasikan denyut jantung dan fungsi hati. Seperti manusia, kalsium juga sangat dibutuhkan oleh kucing bunting karena pada masa ini, kandungan kalsium induk kucing akan berkurang secara drastis. Namun perlu diperhatikan bahwa jangan memberikan terlalu banyak magnesium dan kalsium pada kucing Anda. Kembali lagi bahwa Anda harus mengkonsultasikannya kepada dokter hewan langganan Anda.

Kucing bunting seharusnya terus diberi latihan bergerak untuk membantu memelihara ototnya dan menjaga dari penambahan berat badan yang terlalu tinggi. Gizi yang cukup selama masa kebuntingan sangatlah penting bagi kesehatan kucing dan anak-anaknya. Jika kucing Anda kehilangan selera makan dan mengalami penurunan berat badan yang drastis, pastikan Anda segera membawanya ke dokter hewan langganan Anda. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Yayasan Kalaweit Indonesia

Dokter-hewan.net - Salam lestari!  Yayasan Kalaweit Indonesia sedang berkembang untuk pelepasliaran Siamang dan Owa di wilayah Sumatera Barat. Maka dari itu dibutuhkan Dokter Hewan tambahan dengan syarat :  Pria/WanitaSudah pelantikan dan mengikuti ujian kompetensiFresh graduate/sudah berpengalamanSuka dengan tantangan dan dapat bekerja sama dengan tim Fasilitas :  Gaji pokokMakanMess Kirim surat lamaran, CV beserta lampiran-ampiran yang diperlukan ke rizki.widiyanti92@gmail.com (WA. 082221231654)

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)