Skip to main content

Perlukah Pemberian Vitamin pada Hewan Kesayangan?

Dokter-hewan.net – Vitamin adalah zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu metabolisme atau proses kegiatan tubuh. Vitamin secara alami terdapat dalam bahan pakan dan biasanya tersedia cukup apabila mengkonsumsi pakan yang bervariasi. Pemberian vitamin pada hewan kesayangan biasanya mempertimbangkan dua kondisi, yaitu sebagai rangkaian terapi pada kondisi yang berkaitan dengan gejala kekurangan vitamin atau vitamin dapat diberikan pada berbagai kondisi dalam keadaan tanda kekurangan vitamin di dalam tubuh. Vitamin yang diperlukan hewan kesayangan adalah vitamin A, D, E dan K, selain itu juga diperlukan vitamin yang larut air seperti thiamin, riboflavin, niacin, pyridoxine, panthothenic acid, biotin, folic acid dan B12. Vitamin C juga diperlukan tetapi pada kondisi-kondisi tertentu.

Beberapa vitamin secara alami terdapat dalam tubuh. Vitamin D sudah disiapkan sendiri oleh tubuh, vitamin K disintesis oleh bakteri-bakteri saluran pencernaan, termasuk juga folic acid dan biotin. Vitamin C secara normal disintesis di hepar.

Sebagai pemilik hewan kesayangan juga harus diperhatikan apakah ada dampak yang ditimbulkan antara pemberian vitamin dan obat yang tidak sesuai. Pemberian vitamin dan obat yang tidak sesuai dapat menimbulkan efek samping pada organ lainnya di dalam tubuh. Pada pemberian obatan-obatan dalam jangka panjang dan mempunyai interaksi dengan vitamin, maka diperlukan evaluasi secara periodik terhadap kebutuhan-kebutuhan vitamin.

Dengan kata lain, hewan kesayangan Anda telah terpelihara dengan baik dengan pemberian nutrisi yang cukup dan seimbang pada pakan jadi yang dijual di pasaran. Hal ini karena sebagian besar pakan jadi, baik untuk kucing atau anjing telah di support dengan penambahan vitamin A, D dan E. Selain itu, vitamin D juga dapat disintesis oleh tubuh sendiri. Pemberian vitamin yang berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan hewan mengalami hipervitaminosis atau kelebihan vitamin, terutama vitamin A dan D. Hewan kesayangan Anda akan tidak menjadi semakin sehat tapi sebaliknya.

Oleh karena itu, pemberian vitamin harus sangat diperhatikan. Karena sesuatu yang berlebihan juga terkadang bersifat tidak baik. Tetap konsultasikan kepada dokter hewan terdekat tentang apa yang terjadi pada hewan kesayangan Anda. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)

Lowongan Kerja : PT CITRA INA FEEDMILL

Dokter-hewan.net
Dibutuhkan segera, Technical Sales Representative
Dengan kriteria sbb : - Pria - Berusia maksimal 35 tahun - S1 Peternakan/ S1 Kedokteran Hewan - Memiliki SIM A - Berdomisili di Jabodetabek - Berpengalaman dalam bidang feedmill minimal 3 tahun
Mohon agar mengirimkan Lamaran dan CV ke PO BOX 6915 JATPK JKT 13069 atau melalui email ke hrdga@citrafeed-indonesia.com