Skip to main content

Perlukah Pemberian Vitamin pada Hewan Kesayangan?

Dokter-hewan.net – Vitamin adalah zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu metabolisme atau proses kegiatan tubuh. Vitamin secara alami terdapat dalam bahan pakan dan biasanya tersedia cukup apabila mengkonsumsi pakan yang bervariasi. Pemberian vitamin pada hewan kesayangan biasanya mempertimbangkan dua kondisi, yaitu sebagai rangkaian terapi pada kondisi yang berkaitan dengan gejala kekurangan vitamin atau vitamin dapat diberikan pada berbagai kondisi dalam keadaan tanda kekurangan vitamin di dalam tubuh. Vitamin yang diperlukan hewan kesayangan adalah vitamin A, D, E dan K, selain itu juga diperlukan vitamin yang larut air seperti thiamin, riboflavin, niacin, pyridoxine, panthothenic acid, biotin, folic acid dan B12. Vitamin C juga diperlukan tetapi pada kondisi-kondisi tertentu.

Beberapa vitamin secara alami terdapat dalam tubuh. Vitamin D sudah disiapkan sendiri oleh tubuh, vitamin K disintesis oleh bakteri-bakteri saluran pencernaan, termasuk juga folic acid dan biotin. Vitamin C secara normal disintesis di hepar.

Sebagai pemilik hewan kesayangan juga harus diperhatikan apakah ada dampak yang ditimbulkan antara pemberian vitamin dan obat yang tidak sesuai. Pemberian vitamin dan obat yang tidak sesuai dapat menimbulkan efek samping pada organ lainnya di dalam tubuh. Pada pemberian obatan-obatan dalam jangka panjang dan mempunyai interaksi dengan vitamin, maka diperlukan evaluasi secara periodik terhadap kebutuhan-kebutuhan vitamin.

Dengan kata lain, hewan kesayangan Anda telah terpelihara dengan baik dengan pemberian nutrisi yang cukup dan seimbang pada pakan jadi yang dijual di pasaran. Hal ini karena sebagian besar pakan jadi, baik untuk kucing atau anjing telah di support dengan penambahan vitamin A, D dan E. Selain itu, vitamin D juga dapat disintesis oleh tubuh sendiri. Pemberian vitamin yang berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan hewan mengalami hipervitaminosis atau kelebihan vitamin, terutama vitamin A dan D. Hewan kesayangan Anda akan tidak menjadi semakin sehat tapi sebaliknya.

Oleh karena itu, pemberian vitamin harus sangat diperhatikan. Karena sesuatu yang berlebihan juga terkadang bersifat tidak baik. Tetap konsultasikan kepada dokter hewan terdekat tentang apa yang terjadi pada hewan kesayangan Anda. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja PDHB Dokter Cucu

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)

Lowongan Kerja : Bles Dairies Dairy Consultancy

dokter-hewan.net
Dibutuhkan dokter hewan sebagai Asisten Konsultan untuk bekerja di Bles Dairies Dairy Consultancy dan Wageningen University & Research.

Dng Syarat :

- Memiliki passion di bidang sapi perah
- Diutamakan yang fasih berbahasa Inggris (Lisan Tulisan)
- Mampu bekerja tim
- Memiliki SIM A dan C

Peminat silahkan mengirimkan lamaran berbahasa Inggris ke taufiq.dvm@gmail.com
Terimakasih