Skip to main content

Perlukah Pemberian Vitamin pada Hewan Kesayangan?

Dokter-hewan.net – Vitamin adalah zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu metabolisme atau proses kegiatan tubuh. Vitamin secara alami terdapat dalam bahan pakan dan biasanya tersedia cukup apabila mengkonsumsi pakan yang bervariasi. Pemberian vitamin pada hewan kesayangan biasanya mempertimbangkan dua kondisi, yaitu sebagai rangkaian terapi pada kondisi yang berkaitan dengan gejala kekurangan vitamin atau vitamin dapat diberikan pada berbagai kondisi dalam keadaan tanda kekurangan vitamin di dalam tubuh. Vitamin yang diperlukan hewan kesayangan adalah vitamin A, D, E dan K, selain itu juga diperlukan vitamin yang larut air seperti thiamin, riboflavin, niacin, pyridoxine, panthothenic acid, biotin, folic acid dan B12. Vitamin C juga diperlukan tetapi pada kondisi-kondisi tertentu.

Beberapa vitamin secara alami terdapat dalam tubuh. Vitamin D sudah disiapkan sendiri oleh tubuh, vitamin K disintesis oleh bakteri-bakteri saluran pencernaan, termasuk juga folic acid dan biotin. Vitamin C secara normal disintesis di hepar.

Sebagai pemilik hewan kesayangan juga harus diperhatikan apakah ada dampak yang ditimbulkan antara pemberian vitamin dan obat yang tidak sesuai. Pemberian vitamin dan obat yang tidak sesuai dapat menimbulkan efek samping pada organ lainnya di dalam tubuh. Pada pemberian obatan-obatan dalam jangka panjang dan mempunyai interaksi dengan vitamin, maka diperlukan evaluasi secara periodik terhadap kebutuhan-kebutuhan vitamin.

Dengan kata lain, hewan kesayangan Anda telah terpelihara dengan baik dengan pemberian nutrisi yang cukup dan seimbang pada pakan jadi yang dijual di pasaran. Hal ini karena sebagian besar pakan jadi, baik untuk kucing atau anjing telah di support dengan penambahan vitamin A, D dan E. Selain itu, vitamin D juga dapat disintesis oleh tubuh sendiri. Pemberian vitamin yang berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan hewan mengalami hipervitaminosis atau kelebihan vitamin, terutama vitamin A dan D. Hewan kesayangan Anda akan tidak menjadi semakin sehat tapi sebaliknya.

Oleh karena itu, pemberian vitamin harus sangat diperhatikan. Karena sesuatu yang berlebihan juga terkadang bersifat tidak baik. Tetap konsultasikan kepada dokter hewan terdekat tentang apa yang terjadi pada hewan kesayangan Anda. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)