Skip to main content

Perlukah Pemberian Vitamin pada Hewan Kesayangan?

Dokter-hewan.net – Vitamin adalah zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu metabolisme atau proses kegiatan tubuh. Vitamin secara alami terdapat dalam bahan pakan dan biasanya tersedia cukup apabila mengkonsumsi pakan yang bervariasi. Pemberian vitamin pada hewan kesayangan biasanya mempertimbangkan dua kondisi, yaitu sebagai rangkaian terapi pada kondisi yang berkaitan dengan gejala kekurangan vitamin atau vitamin dapat diberikan pada berbagai kondisi dalam keadaan tanda kekurangan vitamin di dalam tubuh. Vitamin yang diperlukan hewan kesayangan adalah vitamin A, D, E dan K, selain itu juga diperlukan vitamin yang larut air seperti thiamin, riboflavin, niacin, pyridoxine, panthothenic acid, biotin, folic acid dan B12. Vitamin C juga diperlukan tetapi pada kondisi-kondisi tertentu.

Beberapa vitamin secara alami terdapat dalam tubuh. Vitamin D sudah disiapkan sendiri oleh tubuh, vitamin K disintesis oleh bakteri-bakteri saluran pencernaan, termasuk juga folic acid dan biotin. Vitamin C secara normal disintesis di hepar.

Sebagai pemilik hewan kesayangan juga harus diperhatikan apakah ada dampak yang ditimbulkan antara pemberian vitamin dan obat yang tidak sesuai. Pemberian vitamin dan obat yang tidak sesuai dapat menimbulkan efek samping pada organ lainnya di dalam tubuh. Pada pemberian obatan-obatan dalam jangka panjang dan mempunyai interaksi dengan vitamin, maka diperlukan evaluasi secara periodik terhadap kebutuhan-kebutuhan vitamin.

Dengan kata lain, hewan kesayangan Anda telah terpelihara dengan baik dengan pemberian nutrisi yang cukup dan seimbang pada pakan jadi yang dijual di pasaran. Hal ini karena sebagian besar pakan jadi, baik untuk kucing atau anjing telah di support dengan penambahan vitamin A, D dan E. Selain itu, vitamin D juga dapat disintesis oleh tubuh sendiri. Pemberian vitamin yang berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan hewan mengalami hipervitaminosis atau kelebihan vitamin, terutama vitamin A dan D. Hewan kesayangan Anda akan tidak menjadi semakin sehat tapi sebaliknya.

Oleh karena itu, pemberian vitamin harus sangat diperhatikan. Karena sesuatu yang berlebihan juga terkadang bersifat tidak baik. Tetap konsultasikan kepada dokter hewan terdekat tentang apa yang terjadi pada hewan kesayangan Anda. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : VETOPET Animal Clinic Bogor

Dokter-hewan.net - Vetopet animal clinic membutuhkan dokter hewan dengan kriteria sebagai berikut :

Laki-laki/perempuan lulusan dokter hewanfresh graduate/pengalamanIPK SKH dan DRH minimal 3,00Pasiion dalam dunia laboratorium dan klinikMemiliki kemampuan komunikasi yang baikSiap bekerja dalam team Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran via email : vetopet13@gmail.com atau informasi lebih lanjut silahkan kontak +6285643032404 (drh. Nurul) 
Lamaran diterima paling lambat 5 September 2019

Workshop : Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi

Dokter-hewan.net – Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Timur VII mengadakan continuing professional development (CPD) tentang “Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi”. Adapun pengumumannya sebagai berikut :

Pembicara ·Drh. Heru Rachmadi (Praktisi Bedah Caesar Sapi) ·Drh. M. Saiful (Praktisi Hewan Besar dan Kecil)
Lokasi Pondok Asri Convention and Hall Sukodono – Lumajang
Jadwal Kegiatan Sabtu, 7 September 2019
Waktu 07.30 WIB – selesai
Materi Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi
Workshop Teknik Operasi Caesar pada Sapi
HTM ·Non PDHI Jatim VII : Rp. 350.000 ·PDHI JATIM VII : Rp. 300.000 ·Mahasiswa FKH : Rp. 150.000 ·Pendaftaran On The Spot: Rp. 375.000 *Paket penginapan 1 malam Rp. 200.000
TRANSFER PEMBAYARAN BANK MANDIRI 141-00-1025636-0 (a/n drh. FRESHCA AYU ANGGITA)
Nara Hubung Drh. Irfan S (085-257-216-392) Drh. Shelfiana (081-310-490-909)

Lowongan Kerja : PDHB GAIA Surabaya

Dokter-hewan.net - *Lowongan Kerja*
Praktek dokter hewan bersama (PDHB) GAIA-surabaya
Saat ini sedang membuka lowongan untuk posisi drh rawat inap dan praktek
Persyaratan: 1. Dokter hewan 2. Sayang terhadap hewan 3. Bertanggung jawab dan memiliki attitude yang baik 4. Berpengalaman min. 1 tahun atau Fresh graduate 5. Mampu bekerja dalam team dan individu 6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik 7. Mau untuk terus belajar (seminar, workshop dll)
Surat lamaran, curriculum vitae dan pas photo terbaru dapat dikirimkan ke alamat email anang.triyatmoko@gmail.com  Atau PDHB GAIA G-walk w2-10 citraland surabaya barat
Terima kasih