Skip to main content

Sugar Glider si Hewan Peliharaan Lucu

Dokter-hewan.net – Sugar glider (SG) atau Petaurus breviceps merupakan salah satu jenis tupai pohon dengan ukuran badan yang relatif kecil. Ukuran tubuhnya sekitar 24-30 cm dengan berat tubuh sekitar 4-6 ons. Karena memiliki ukuran yang kecil, hewan lucu ini sering dijuluki sebagai hewan peliharaan dalam saku. Sugar glider mempunyai jari-jari kaki yang besar pada kaki belakang yang berfungsi untuk membantu berpegangan lebih kuat pada cabang pohon. Dan yang uniknya lagi, di antara pergelangan tangan dan kaki SG, ditutupi dengan bulu atau membran yang disebut Patagium. Jadi, saat hewan ini membentangkan tangan dan kakinya, patagium ini akan tampak seperti sayap yang membuat SG bisa terbang di udara.

Sugar glider sudah dapat dikatakan umur dewasa dan siap kawin pada saat jantan berumur 2 tahun dan betina pada umur 7-15 bulan. Kemudian betina akan bunting selama 14-16 hari hingga akhirnya melahirkan 1-3 ekor anak.

Sugar glider merupakan hewan nocturnal omnivore atau aktif mencari makan pada malam hari. Pada habitat aslinya, SG terbiasa memakan serangga kecil seperti jangkrik dan ulat kecil, serta getah manis dari pohon akasia dan eucalyptus. Akan tetapi, perlu diingat bahwa SG termasuk hewan yang mempunyai mood tertentu dalam memilih makanannya. Jadi, disarankan untuk memberinya variasi makanan di setiap harinya. Buah-buahan yang dianjurkan seperti pear, apel, pisang, pepaya, dan anggur. Sedangkan, untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, Anda dapat memberikan telur, keju, atau pet food (dengan protein dan kalsium tinggi serta memiliki kandungan magnesium yang rendah dan tidak lebih dari 0,01% karena dikhawatirkan akan merusak ginjalnya). Selain makanan, SG juga membutuhkan air minum. Disarankan agar selalu memberikan air yang sudah matang sebagai minumannya.

Dalam memelihara sugar glider, Anda juga harus menyediakan kandang yang sesuai dengannya. Sugar glider adalah hewan aboreal yang sangat aktif. Semakin luas kandang, maka semakin besar peluang SG untuk bergerak. Letakkan kandang di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebagai hewan yang aktif, SG memerlukan benda-benda yang dapat ia mainkan untuk memenuhi kebutuhan psikologis dalam kandang. Berikan pula tempat tidur atau alas tidur, dan pastikan Anda mencucinya secara teratur. Jangan khawatir ketika SG menggigit dan mengunyah cabang pohon atau benda-benda yang ada di dalam kandang. Hal ini merupakan salah satu cara untuk SG bermain dan membersihkan giginya.

Salah satu keunikan dari SG adalah ia termasuk hewan yang dapat jinak dan lengket dengan pemiliknya. Ketika awal Anda membeli SG, hewan ini akan tampak stres karena perubahan lingkungan. Pada situasi seperti ini, Anda harus bersabar dalam melatih dan merawatnya. Biarkan SG berada dalam kandang selama 1-2 hari tanpa diganggu oleh Anda. Sama halnya dengan anjing dan kucing, Anda harus membiasakan untuk mengajak berbicara SG hingga ia mengenal suara Anda. Letakkan salah satu baju bekas Anda dalam kandang agar ia juga mengenal aroma tubuh Anda. Secara perlahan, berilah ia makanan dengan tangan Anda setiap harinya. Anda harus senantiasa meyakinkan hewan peliharaan Anda bahwa manusia bukanlah ancaman baginya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada hal yang paling tidak menyenangkan dalam memelihara hewan kesayangan di rumah, yakni kotoran atau pup nya. Sama halnya dengan sugar glider, kotorannya tidak akan berbau atau menimbulkan aroma yang sangat menyengat jika Anda memberikan variasi makanan yang cocok dan seimbang. Jika Anda memberikan pakan dengan kadar protein yang terlalu tinggi, maka tentu saja akan semakin menimbulkan aroma yang menyengat. Namun, yang harus Anda ingat adalah tetap sediakan kandang yang luas dan nyaman serta selalu menjaga kebersihan hewan dan kandangnya. Jangan lupa periksakan kesehatan hewan peliharaan Anda pada dokter hewan terdekat agar selalu terhindar dari penyakit. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya

Dokter-hewan.net - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada Klinik Hewan dan pengendalian pemotongan Betina Produktif, maka dibutuhkan tenaga Medik Veteriner dengan kriteria sebagai berikut : Menguasai rektal, penyakit hewan dan pengobatan hewanBerkelakuan baik, sehat jasmani rohani dan bebas narkobaLulusan PT Negeri atau PT Swasta bereputasi baik dengan IPK min. 2,75 (skala 4)Usia maksimal 35 TahunDiutamakan Laki-laki Warga SUrabaya (KTP) Surabaya Lamaran diajukan kepada Sekretariat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Jl. Pagesangan II No. 56 (60233) Surabaya dengan disertai kelengkapan sebagai berikut :  Surat lamaranCVPas Foto berwarna 4x6 sebanyak 2 buahFotokopi KTPFotokopi Ijazah dan transkrip nilaiFotokopi sertifikat khusus (STRV dan Kompetensi) yang di klinik, paling lambat tanggal 20 November 2017 Melalui surat ini mohon bantuan untuk mengumumkan dilingkungan kampus, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih. 
Kepala dinas,  Ir. JOESTAMADHI, M.Si

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.  Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 
Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 
Seperti halnya pada manusia, ketika …

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Akeso di Brunei Darussalam

Dokter-hewan.net - Klinik hewan Akeso yang terletak di negara Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan praktisi dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria/WanitaBerpengalaman/Fresh GraduateDisiplin, Bertanggung Jawab dan dapat bekerja dalam tim. Telah selesai menempuh pendidikan dokter hewan (drh). Jika anda tertarik, silahkan kirimkan lamaran anda ke email akeso.vet@gmail.com dengan ketentuan, attach file sebagai berikut :  Pas Photo Scan Identitas diri (KTP/Passport)CVResumeScan Ijazah dan TranskripScan Sertifikat yang berkaitan.  Selamat mencoba : )