Skip to main content

Sugar Glider si Hewan Peliharaan Lucu

Dokter-hewan.net – Sugar glider (SG) atau Petaurus breviceps merupakan salah satu jenis tupai pohon dengan ukuran badan yang relatif kecil. Ukuran tubuhnya sekitar 24-30 cm dengan berat tubuh sekitar 4-6 ons. Karena memiliki ukuran yang kecil, hewan lucu ini sering dijuluki sebagai hewan peliharaan dalam saku. Sugar glider mempunyai jari-jari kaki yang besar pada kaki belakang yang berfungsi untuk membantu berpegangan lebih kuat pada cabang pohon. Dan yang uniknya lagi, di antara pergelangan tangan dan kaki SG, ditutupi dengan bulu atau membran yang disebut Patagium. Jadi, saat hewan ini membentangkan tangan dan kakinya, patagium ini akan tampak seperti sayap yang membuat SG bisa terbang di udara.

Sugar glider sudah dapat dikatakan umur dewasa dan siap kawin pada saat jantan berumur 2 tahun dan betina pada umur 7-15 bulan. Kemudian betina akan bunting selama 14-16 hari hingga akhirnya melahirkan 1-3 ekor anak.

Sugar glider merupakan hewan nocturnal omnivore atau aktif mencari makan pada malam hari. Pada habitat aslinya, SG terbiasa memakan serangga kecil seperti jangkrik dan ulat kecil, serta getah manis dari pohon akasia dan eucalyptus. Akan tetapi, perlu diingat bahwa SG termasuk hewan yang mempunyai mood tertentu dalam memilih makanannya. Jadi, disarankan untuk memberinya variasi makanan di setiap harinya. Buah-buahan yang dianjurkan seperti pear, apel, pisang, pepaya, dan anggur. Sedangkan, untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, Anda dapat memberikan telur, keju, atau pet food (dengan protein dan kalsium tinggi serta memiliki kandungan magnesium yang rendah dan tidak lebih dari 0,01% karena dikhawatirkan akan merusak ginjalnya). Selain makanan, SG juga membutuhkan air minum. Disarankan agar selalu memberikan air yang sudah matang sebagai minumannya.

Dalam memelihara sugar glider, Anda juga harus menyediakan kandang yang sesuai dengannya. Sugar glider adalah hewan aboreal yang sangat aktif. Semakin luas kandang, maka semakin besar peluang SG untuk bergerak. Letakkan kandang di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebagai hewan yang aktif, SG memerlukan benda-benda yang dapat ia mainkan untuk memenuhi kebutuhan psikologis dalam kandang. Berikan pula tempat tidur atau alas tidur, dan pastikan Anda mencucinya secara teratur. Jangan khawatir ketika SG menggigit dan mengunyah cabang pohon atau benda-benda yang ada di dalam kandang. Hal ini merupakan salah satu cara untuk SG bermain dan membersihkan giginya.

Salah satu keunikan dari SG adalah ia termasuk hewan yang dapat jinak dan lengket dengan pemiliknya. Ketika awal Anda membeli SG, hewan ini akan tampak stres karena perubahan lingkungan. Pada situasi seperti ini, Anda harus bersabar dalam melatih dan merawatnya. Biarkan SG berada dalam kandang selama 1-2 hari tanpa diganggu oleh Anda. Sama halnya dengan anjing dan kucing, Anda harus membiasakan untuk mengajak berbicara SG hingga ia mengenal suara Anda. Letakkan salah satu baju bekas Anda dalam kandang agar ia juga mengenal aroma tubuh Anda. Secara perlahan, berilah ia makanan dengan tangan Anda setiap harinya. Anda harus senantiasa meyakinkan hewan peliharaan Anda bahwa manusia bukanlah ancaman baginya.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada hal yang paling tidak menyenangkan dalam memelihara hewan kesayangan di rumah, yakni kotoran atau pup nya. Sama halnya dengan sugar glider, kotorannya tidak akan berbau atau menimbulkan aroma yang sangat menyengat jika Anda memberikan variasi makanan yang cocok dan seimbang. Jika Anda memberikan pakan dengan kadar protein yang terlalu tinggi, maka tentu saja akan semakin menimbulkan aroma yang menyengat. Namun, yang harus Anda ingat adalah tetap sediakan kandang yang luas dan nyaman serta selalu menjaga kebersihan hewan dan kandangnya. Jangan lupa periksakan kesehatan hewan peliharaan Anda pada dokter hewan terdekat agar selalu terhindar dari penyakit. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online?

Dokter-hewan.net - Seiring dengan perkembangan teknologi, seringkali antara pemilik hewan kesayanan dan dokter hewan terlibat diskusi di media sosial, fitur pesan dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar pemilik hewan akan kecewa karena dokter hewan hanya memberikan arahan agar hewannya langsung di bawa ke dokter hewan terdekat, bukannya diberikan alternatif obat. Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online? Berikut adalah alasannya.  Dokter hewan bukanlah dukun Alasan utama adalah dokter hewan bukanlah dukun yang dapat merasakan kondisi hewan anda jarak jauh. Dokter hewan harus mengetahui riwayat penyakit hewan, kemudian melakukan pemeriksaan fisik. Mulai dari suhu, pernafasan, denyut jantung sampai ke hal yang sederhana misalnya kulit, kuku, telinga dan lain sebagainya. Ketika saat pemeriksaan fisik, dokter hewan akan memiliki banyak pertanyaan di dalam otaknya, apa saja penyakit yang memiliki gejala yang sama. Kemudian jika masih belum menemukan gejala spesifik …

Lowongan Kerja : Management Trainee Vaksin Unggas

Dokter-hewan.net - Perusahaan sing bergerak dalam produksi vaksin unggas mencari kandidat untuk posisi Management Trainee dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria usia maksimal 27 TahunDiutamakan lulusan kedokteran hewan (fresh graduate) atau Pendidikan teknik industri, teknik mesin dan teknik elektro berpengalaman minimal 2 Tahun sebagai supervisor dan pernah memimpin anak buah. IPK 2,75 (Universitas Negeri) atau IPK 3 (Universitas Swasta Terkemuka)Penempatan di Kabupaten BogorHarus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik tulisan maupun verbalBersedia melakukan perjalanan ke luar negeri Email CV ke santo@biotis.id, cc ke susantomurti@gmail.com

Benarkah puppies jantan mengalah kepada puppies betina?

Dokter-hewan.net - Tahukah kamu anak anjing atau puppies sudah mulai berinteraksi dan bermain bersama sejak usia muda, lebih kurang usia 7 minggu.  
Sebuah penelitian tentang animal behavior atau tingkah laku hewan menemukan fakta lucu tentang anak anjing, yaitu anak anjing jantan akan selalu mengalah dengan anak anjing betina ketika mereka bermain. 
Penelitian tersebut mengemukakan bahwa anak anjing jantan akan bermain lebih lembut (soft) kepada anak anjing betina agar betina menang, sehingga anjing betina akan terus bermain dengannya (anak anjing jantan). 
Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa, anak anjing yang sama dipersilahkan bermain dengan anak anjing jantan lainnya, namun perlakuan yang di dapat berbeda, yaitu anak anjing jantan akan berkompetisi satu sama lain dengan kuat, dan tidak mengenal ampun. 
Bagaimana menurut kalian? (hp).