Skip to main content

Alasan Kucing Makan Rumput

Dokter-hewan.net – Kucing merupakan karnivora obligat atau pemakan daging sejati. Namun, kucing juga mempunyai keunikan tersendiri, salah satunya adalah memakan rumput. Kebiasaan memakan rumput ini kadangkala menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pemilik hewan pembawa hoki ini. Apakah alasan kucing memakan rumput ?

Rumput merupakan bahan makanan yang akan dimuntahkan jika termakan oleh kucing, hal ini disebabkan kucing tidak memiliki enzim khusus untuk memecah bahan makanan sayuran maupun rumput. Teori mengatakan bahwa alasan kucing memakan rumput adalah untuk membantunya muntah agar bahan makanan yang tidak tercerna (tidak bisa dicerna) dapat dimuntahkan bersama rumput. Adapun bahan yang tidak bisa dicerna oleh kucing namun sering termakan adalah rambut, tulang, bulu dan lain – lain.

Teori lain berpendapat bahwa kucing memakan rumput untuk menunjang vitamin esensial yang tidak dimiliki kucing. Rumput mengandung asam folat yang akan membantu dalam pembentukan dan produksi hemoglobin. Hemoglobin merupakan protein yang membawa oksigen di dalam darah.

Kesimpulannya, kucing yang memakan rumput merupakan perilaku normal dan memiliki dampak positif untuk kucing. Teori pertama mengatakan untuk membantu memuntahkan bahan yang tidak bisa dicerna dan teori kedua mengatakan untuk menunjang vitamin esensial yang tidak dimiliki kucing. Kucing membutuhkan rumput untuk menunjang kesehatannya sehingga diharapkan di dalam rumah maupun di luar rumah memiliki rumput yang bisa dimakan oleh kucing. Namun harus diingat, bahwa rumput disekitar habitat kucing harus terbebas dari pestisida, herbidisa maupun bahan kimia lainnya yang membahayakan kucing. [HP]


Comments

  1. sy tdk pny perkarangan dirmh,mk dr itu sy mau menanam dlm pot. Jenis rumput atau tanaman apa yg cockk utk dimakan oleh kucing,dok? Mksd zy ga semua rumput itu bs kan,pasti ada yg direcomen utk ditanam.
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kunjungi petshop terdekat di rumah anda. Disana biasanya ada menjual rumput khusus untuk kucing. Jadi bisa ditanam sendiri di rumah.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.

Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.

Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi…

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)