Skip to main content

Alasan Kucing Makan Rumput

Dokter-hewan.net – Kucing merupakan karnivora obligat atau pemakan daging sejati. Namun, kucing juga mempunyai keunikan tersendiri, salah satunya adalah memakan rumput. Kebiasaan memakan rumput ini kadangkala menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pemilik hewan pembawa hoki ini. Apakah alasan kucing memakan rumput ?

Rumput merupakan bahan makanan yang akan dimuntahkan jika termakan oleh kucing, hal ini disebabkan kucing tidak memiliki enzim khusus untuk memecah bahan makanan sayuran maupun rumput. Teori mengatakan bahwa alasan kucing memakan rumput adalah untuk membantunya muntah agar bahan makanan yang tidak tercerna (tidak bisa dicerna) dapat dimuntahkan bersama rumput. Adapun bahan yang tidak bisa dicerna oleh kucing namun sering termakan adalah rambut, tulang, bulu dan lain – lain.

Teori lain berpendapat bahwa kucing memakan rumput untuk menunjang vitamin esensial yang tidak dimiliki kucing. Rumput mengandung asam folat yang akan membantu dalam pembentukan dan produksi hemoglobin. Hemoglobin merupakan protein yang membawa oksigen di dalam darah.

Kesimpulannya, kucing yang memakan rumput merupakan perilaku normal dan memiliki dampak positif untuk kucing. Teori pertama mengatakan untuk membantu memuntahkan bahan yang tidak bisa dicerna dan teori kedua mengatakan untuk menunjang vitamin esensial yang tidak dimiliki kucing. Kucing membutuhkan rumput untuk menunjang kesehatannya sehingga diharapkan di dalam rumah maupun di luar rumah memiliki rumput yang bisa dimakan oleh kucing. Namun harus diingat, bahwa rumput disekitar habitat kucing harus terbebas dari pestisida, herbidisa maupun bahan kimia lainnya yang membahayakan kucing. [HP]


Comments

  1. sy tdk pny perkarangan dirmh,mk dr itu sy mau menanam dlm pot. Jenis rumput atau tanaman apa yg cockk utk dimakan oleh kucing,dok? Mksd zy ga semua rumput itu bs kan,pasti ada yg direcomen utk ditanam.
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kunjungi petshop terdekat di rumah anda. Disana biasanya ada menjual rumput khusus untuk kucing. Jadi bisa ditanam sendiri di rumah.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id