Skip to main content

Alasan Kucing Makan Rumput

Dokter-hewan.net – Kucing merupakan karnivora obligat atau pemakan daging sejati. Namun, kucing juga mempunyai keunikan tersendiri, salah satunya adalah memakan rumput. Kebiasaan memakan rumput ini kadangkala menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pemilik hewan pembawa hoki ini. Apakah alasan kucing memakan rumput ?

Rumput merupakan bahan makanan yang akan dimuntahkan jika termakan oleh kucing, hal ini disebabkan kucing tidak memiliki enzim khusus untuk memecah bahan makanan sayuran maupun rumput. Teori mengatakan bahwa alasan kucing memakan rumput adalah untuk membantunya muntah agar bahan makanan yang tidak tercerna (tidak bisa dicerna) dapat dimuntahkan bersama rumput. Adapun bahan yang tidak bisa dicerna oleh kucing namun sering termakan adalah rambut, tulang, bulu dan lain – lain.

Teori lain berpendapat bahwa kucing memakan rumput untuk menunjang vitamin esensial yang tidak dimiliki kucing. Rumput mengandung asam folat yang akan membantu dalam pembentukan dan produksi hemoglobin. Hemoglobin merupakan protein yang membawa oksigen di dalam darah.

Kesimpulannya, kucing yang memakan rumput merupakan perilaku normal dan memiliki dampak positif untuk kucing. Teori pertama mengatakan untuk membantu memuntahkan bahan yang tidak bisa dicerna dan teori kedua mengatakan untuk menunjang vitamin esensial yang tidak dimiliki kucing. Kucing membutuhkan rumput untuk menunjang kesehatannya sehingga diharapkan di dalam rumah maupun di luar rumah memiliki rumput yang bisa dimakan oleh kucing. Namun harus diingat, bahwa rumput disekitar habitat kucing harus terbebas dari pestisida, herbidisa maupun bahan kimia lainnya yang membahayakan kucing. [HP]


Comments

  1. sy tdk pny perkarangan dirmh,mk dr itu sy mau menanam dlm pot. Jenis rumput atau tanaman apa yg cockk utk dimakan oleh kucing,dok? Mksd zy ga semua rumput itu bs kan,pasti ada yg direcomen utk ditanam.
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kunjungi petshop terdekat di rumah anda. Disana biasanya ada menjual rumput khusus untuk kucing. Jadi bisa ditanam sendiri di rumah.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT CITRA INA FEEDMILL

Dokter-hewan.net
Dibutuhkan segera, Technical Sales Representative
Dengan kriteria sbb : - Pria - Berusia maksimal 35 tahun - S1 Peternakan/ S1 Kedokteran Hewan - Memiliki SIM A - Berdomisili di Jabodetabek - Berpengalaman dalam bidang feedmill minimal 3 tahun
Mohon agar mengirimkan Lamaran dan CV ke PO BOX 6915 JATPK JKT 13069 atau melalui email ke hrdga@citrafeed-indonesia.com

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)

Lowongan Kerja : Paramedik Smart Pets

Dokter-hewan.net - Kami sedang mencari asisten dokter hewan/paramedik dengan syarat sebagai berikut : Penyayang hewan dan tidak takut dengan hewan (terutama kucing dan anjing)Diutamakan pria berusia 20 - 35 TahunBisa bekerja dalam teamJujur dan disiplinMau bekerja keras dan ikhlas, kerja kasare dan kotor, tidak gengsian, berani capek, mau disuruh-suruh, tidak jijik dengan kotoran hewan, darah dan benda-benda menjijikkan lainnya. Rela menerima gaji besar dan manfaat lainnya.  Kalau anda memenuhi persyaratan di atas silahkan kirimkan lamaran dan pengalaman kerja melalui email : smartpets2009@gmail.com
atau kirim langsung ke 
Smart Pets Jl. Raya Jatiwaringin 143 Pondok Gede Bekasi 17411 Up. Arif
Terima kasih