Skip to main content

#Andaperlutahu - Apa Saja Bidang Kerja Dokter Hewan ?

Dokter-hewan.net – Dokter hewan adalah salah satu macam profesi yang berhubungan dengan pencegahan, diagnosis dan pengobatan penyakit, gangguan dan cedera pada hewan. Ruang lingkup kedokteran hewan sangatlah luas, mencakup seluruh spesies hewan, baik domestik dan liar, dengan berbagai kondisi yang dapat mempengaruhi spesies yang berbeda bahkan produk –produk yang berhubungan dengan hewan. Hal inilah yang menjadikan profesi dokter hewan sangat dibutuhkan untuk mencegah, mengobati dan mengontrol hal – hal tersebut agar tidak menimbulkan kegelisahan di masyarakat, sebagaimana sesuai dengan tugas seorang dokter hewan, yaitu Manusya Mriga Satwa Sewaka, yang artinya mensejahterakan manusia melalui kesejahteraan hewan.

Menurut masyarakat awam, seorang dokter hewan hanya memiliki peluang pekerjaan yang sempit, yaitu hanya sebagai dokter hewan klinik, dokter hewan rumah sakit, dosen dan dokter hewan di peternakan. Akan tetapi, menurut OIE (Organisasi Internasional Kesehatan Hewan), ada 33 bidang kerja Dokter Hewan di 110 negara di dunia, antara lain:
1.    Food Technology
2.    Food Inspection
3.    Food Hygiene
4.    Consumer Protection
5.    Laboratories
6.    Legislation
7.    Artificial Breeding
8.    Zoos
9.    Laboratory animal
10.    Animal Welfare
11.    Zoonosis
12.    Veterinary Medicine
13.    Clinical Health Care
14.    Disease Control
15.    Exotic control
16.    Epidemiology
17.    Quarantine
18.    Livestock and Animal Product
19.    Aqua Culture
20.    Wildlife
21.    Environtmental Protection
22.    Nutrition
23.    Parasitology
24.    Teaching
25.    Research and Development
26.    Livestock marketing
27.    Publication
28.    Economics
29.    Import Animal Product
30.    Livestock industry organization
31.    Administration
32.    International cooperation
33.    Profesional Organization

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh OIE tersebut, dapat diketahui bahwa dokter hewan sangat dibutuhkan di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Jika, Anda sudah atau sedang menempuh pendidikan dokter hewan, silahkan mulai spesifikan tujuan Anda, dan bagi Anda yang ingin atau akan bergabung, silahkan pilih dan tetapkan pilihan Anda, ingin menjadi dokter hewan yang seperti apakah Anda ?! [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online?

Dokter-hewan.net - Seiring dengan perkembangan teknologi, seringkali antara pemilik hewan kesayanan dan dokter hewan terlibat diskusi di media sosial, fitur pesan dan lain sebagainya. Namun, sebagian besar pemilik hewan akan kecewa karena dokter hewan hanya memberikan arahan agar hewannya langsung di bawa ke dokter hewan terdekat, bukannya diberikan alternatif obat. Kenapa dokter hewan tidak bisa menyarankan obat secara online? Berikut adalah alasannya.  Dokter hewan bukanlah dukun Alasan utama adalah dokter hewan bukanlah dukun yang dapat merasakan kondisi hewan anda jarak jauh. Dokter hewan harus mengetahui riwayat penyakit hewan, kemudian melakukan pemeriksaan fisik. Mulai dari suhu, pernafasan, denyut jantung sampai ke hal yang sederhana misalnya kulit, kuku, telinga dan lain sebagainya. Ketika saat pemeriksaan fisik, dokter hewan akan memiliki banyak pertanyaan di dalam otaknya, apa saja penyakit yang memiliki gejala yang sama. Kemudian jika masih belum menemukan gejala spesifik …

Lowongan Kerja : Management Trainee Vaksin Unggas

Dokter-hewan.net - Perusahaan sing bergerak dalam produksi vaksin unggas mencari kandidat untuk posisi Management Trainee dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria usia maksimal 27 TahunDiutamakan lulusan kedokteran hewan (fresh graduate) atau Pendidikan teknik industri, teknik mesin dan teknik elektro berpengalaman minimal 2 Tahun sebagai supervisor dan pernah memimpin anak buah. IPK 2,75 (Universitas Negeri) atau IPK 3 (Universitas Swasta Terkemuka)Penempatan di Kabupaten BogorHarus bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik tulisan maupun verbalBersedia melakukan perjalanan ke luar negeri Email CV ke santo@biotis.id, cc ke susantomurti@gmail.com

Benarkah puppies jantan mengalah kepada puppies betina?

Dokter-hewan.net - Tahukah kamu anak anjing atau puppies sudah mulai berinteraksi dan bermain bersama sejak usia muda, lebih kurang usia 7 minggu.  
Sebuah penelitian tentang animal behavior atau tingkah laku hewan menemukan fakta lucu tentang anak anjing, yaitu anak anjing jantan akan selalu mengalah dengan anak anjing betina ketika mereka bermain. 
Penelitian tersebut mengemukakan bahwa anak anjing jantan akan bermain lebih lembut (soft) kepada anak anjing betina agar betina menang, sehingga anjing betina akan terus bermain dengannya (anak anjing jantan). 
Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa, anak anjing yang sama dipersilahkan bermain dengan anak anjing jantan lainnya, namun perlakuan yang di dapat berbeda, yaitu anak anjing jantan akan berkompetisi satu sama lain dengan kuat, dan tidak mengenal ampun. 
Bagaimana menurut kalian? (hp).