Skip to main content

#Andaperlutahu - Apa Saja Bidang Kerja Dokter Hewan ?

Dokter-hewan.net – Dokter hewan adalah salah satu macam profesi yang berhubungan dengan pencegahan, diagnosis dan pengobatan penyakit, gangguan dan cedera pada hewan. Ruang lingkup kedokteran hewan sangatlah luas, mencakup seluruh spesies hewan, baik domestik dan liar, dengan berbagai kondisi yang dapat mempengaruhi spesies yang berbeda bahkan produk –produk yang berhubungan dengan hewan. Hal inilah yang menjadikan profesi dokter hewan sangat dibutuhkan untuk mencegah, mengobati dan mengontrol hal – hal tersebut agar tidak menimbulkan kegelisahan di masyarakat, sebagaimana sesuai dengan tugas seorang dokter hewan, yaitu Manusya Mriga Satwa Sewaka, yang artinya mensejahterakan manusia melalui kesejahteraan hewan.

Menurut masyarakat awam, seorang dokter hewan hanya memiliki peluang pekerjaan yang sempit, yaitu hanya sebagai dokter hewan klinik, dokter hewan rumah sakit, dosen dan dokter hewan di peternakan. Akan tetapi, menurut OIE (Organisasi Internasional Kesehatan Hewan), ada 33 bidang kerja Dokter Hewan di 110 negara di dunia, antara lain:
1.    Food Technology
2.    Food Inspection
3.    Food Hygiene
4.    Consumer Protection
5.    Laboratories
6.    Legislation
7.    Artificial Breeding
8.    Zoos
9.    Laboratory animal
10.    Animal Welfare
11.    Zoonosis
12.    Veterinary Medicine
13.    Clinical Health Care
14.    Disease Control
15.    Exotic control
16.    Epidemiology
17.    Quarantine
18.    Livestock and Animal Product
19.    Aqua Culture
20.    Wildlife
21.    Environtmental Protection
22.    Nutrition
23.    Parasitology
24.    Teaching
25.    Research and Development
26.    Livestock marketing
27.    Publication
28.    Economics
29.    Import Animal Product
30.    Livestock industry organization
31.    Administration
32.    International cooperation
33.    Profesional Organization

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh OIE tersebut, dapat diketahui bahwa dokter hewan sangat dibutuhkan di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Jika, Anda sudah atau sedang menempuh pendidikan dokter hewan, silahkan mulai spesifikan tujuan Anda, dan bagi Anda yang ingin atau akan bergabung, silahkan pilih dan tetapkan pilihan Anda, ingin menjadi dokter hewan yang seperti apakah Anda ?! [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.

Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.

Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi…

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)