Skip to main content

#Andaperlutahu - Apa Saja Bidang Kerja Dokter Hewan ?

Dokter-hewan.net – Dokter hewan adalah salah satu macam profesi yang berhubungan dengan pencegahan, diagnosis dan pengobatan penyakit, gangguan dan cedera pada hewan. Ruang lingkup kedokteran hewan sangatlah luas, mencakup seluruh spesies hewan, baik domestik dan liar, dengan berbagai kondisi yang dapat mempengaruhi spesies yang berbeda bahkan produk –produk yang berhubungan dengan hewan. Hal inilah yang menjadikan profesi dokter hewan sangat dibutuhkan untuk mencegah, mengobati dan mengontrol hal – hal tersebut agar tidak menimbulkan kegelisahan di masyarakat, sebagaimana sesuai dengan tugas seorang dokter hewan, yaitu Manusya Mriga Satwa Sewaka, yang artinya mensejahterakan manusia melalui kesejahteraan hewan.

Menurut masyarakat awam, seorang dokter hewan hanya memiliki peluang pekerjaan yang sempit, yaitu hanya sebagai dokter hewan klinik, dokter hewan rumah sakit, dosen dan dokter hewan di peternakan. Akan tetapi, menurut OIE (Organisasi Internasional Kesehatan Hewan), ada 33 bidang kerja Dokter Hewan di 110 negara di dunia, antara lain:
1.    Food Technology
2.    Food Inspection
3.    Food Hygiene
4.    Consumer Protection
5.    Laboratories
6.    Legislation
7.    Artificial Breeding
8.    Zoos
9.    Laboratory animal
10.    Animal Welfare
11.    Zoonosis
12.    Veterinary Medicine
13.    Clinical Health Care
14.    Disease Control
15.    Exotic control
16.    Epidemiology
17.    Quarantine
18.    Livestock and Animal Product
19.    Aqua Culture
20.    Wildlife
21.    Environtmental Protection
22.    Nutrition
23.    Parasitology
24.    Teaching
25.    Research and Development
26.    Livestock marketing
27.    Publication
28.    Economics
29.    Import Animal Product
30.    Livestock industry organization
31.    Administration
32.    International cooperation
33.    Profesional Organization

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh OIE tersebut, dapat diketahui bahwa dokter hewan sangat dibutuhkan di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Jika, Anda sudah atau sedang menempuh pendidikan dokter hewan, silahkan mulai spesifikan tujuan Anda, dan bagi Anda yang ingin atau akan bergabung, silahkan pilih dan tetapkan pilihan Anda, ingin menjadi dokter hewan yang seperti apakah Anda ?! [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)