Skip to main content

#Andaperlutahu - Apa Saja Bidang Kerja Dokter Hewan ?

Dokter-hewan.net – Dokter hewan adalah salah satu macam profesi yang berhubungan dengan pencegahan, diagnosis dan pengobatan penyakit, gangguan dan cedera pada hewan. Ruang lingkup kedokteran hewan sangatlah luas, mencakup seluruh spesies hewan, baik domestik dan liar, dengan berbagai kondisi yang dapat mempengaruhi spesies yang berbeda bahkan produk –produk yang berhubungan dengan hewan. Hal inilah yang menjadikan profesi dokter hewan sangat dibutuhkan untuk mencegah, mengobati dan mengontrol hal – hal tersebut agar tidak menimbulkan kegelisahan di masyarakat, sebagaimana sesuai dengan tugas seorang dokter hewan, yaitu Manusya Mriga Satwa Sewaka, yang artinya mensejahterakan manusia melalui kesejahteraan hewan.

Menurut masyarakat awam, seorang dokter hewan hanya memiliki peluang pekerjaan yang sempit, yaitu hanya sebagai dokter hewan klinik, dokter hewan rumah sakit, dosen dan dokter hewan di peternakan. Akan tetapi, menurut OIE (Organisasi Internasional Kesehatan Hewan), ada 33 bidang kerja Dokter Hewan di 110 negara di dunia, antara lain:
1.    Food Technology
2.    Food Inspection
3.    Food Hygiene
4.    Consumer Protection
5.    Laboratories
6.    Legislation
7.    Artificial Breeding
8.    Zoos
9.    Laboratory animal
10.    Animal Welfare
11.    Zoonosis
12.    Veterinary Medicine
13.    Clinical Health Care
14.    Disease Control
15.    Exotic control
16.    Epidemiology
17.    Quarantine
18.    Livestock and Animal Product
19.    Aqua Culture
20.    Wildlife
21.    Environtmental Protection
22.    Nutrition
23.    Parasitology
24.    Teaching
25.    Research and Development
26.    Livestock marketing
27.    Publication
28.    Economics
29.    Import Animal Product
30.    Livestock industry organization
31.    Administration
32.    International cooperation
33.    Profesional Organization

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh OIE tersebut, dapat diketahui bahwa dokter hewan sangat dibutuhkan di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Jika, Anda sudah atau sedang menempuh pendidikan dokter hewan, silahkan mulai spesifikan tujuan Anda, dan bagi Anda yang ingin atau akan bergabung, silahkan pilih dan tetapkan pilihan Anda, ingin menjadi dokter hewan yang seperti apakah Anda ?! [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Penawaran Kerja Sama PT. Fenanza Putra Perkasa

Dokter-hewan.net - PT. Fenanza Putra Perkasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan sebagai produsen premiks untuk pakan ternak dan distributor bahan tambahan pada pakan ternak. 
Fenanza melalui program CSRnya membuka peluang kerjasama dengan mahasiswa-mahasiswa dan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pengabdian masyarakat, KKN atau program lainnya yang berdampak pada masyarakat secara langsung. 
Bagi individu/kelompok yang memiliki program dan bidang berikut :  Pelayanan kesehatan ternakPembangunan/perbaikan infrastruktur umum (WC, Masjid dsb)Penghijauan (Penanaman pohon, dsb) Bentuk kerjasama berupa Obat-obatan/premiks untuk hewanBahan bangunanBibit pohonPerangkat kebutuhan lainnya Silahkan ajukan proposal kerjasama ke fendy@fenanza.id paling lambat 4 Maret 2018 yang kemudian akan kami review. 
Salam,  Jakarta, 25 Januari 2018

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id