Skip to main content

#Andaperlutahu - Benarkah Gajah Takut pada Tikus ?

Dokter-hewan.net – Teori mengatakan bahwa gajah sangat takut pada tikus. Beberapa teori tersebut mengatakan gajah takut pada tikus karena tidak menyukai tikus berlarian di kaki mereka, dan memanjati tubuh gajah, bahkan gajah sangat takut jika belalainya dimasuki oleh tikus karena tidak memiliki penutup khusus pada saat mereka tidur.

Akan tetapi, teori tersebut akhirnya terbantahkan oleh Richard Lair, seseorang yang telah mempelajari gajah selama 30 Tahun. “Saya pikir, mitos yang mengatakan tikus merangkak naik melalui belalai gajah sangat absurd karena gajah dapat dengan mudah meniupkan tikus tersebut keluar”. Namun, yang ditakutkan gajah adalah gerakan cepat dan hal yang mengagetkannya, mengingat gajah memiliki penglihatan yang kurang baik sehingga dia sangat tidak menyukai semua hal yang bergerak cepat, berisik namun tidak terlihat oleh kedua matanya.

Hal ini sejalur dengan pendapat John Hutchinson, seorang peneliti di structure and motion lab of the Royal Veterinary College in London, “Gajah kadangkala mudah gugup ketika sesuatu yang kecil dan cepat berada di sekitar mereka. Saya masih ingat satu kejadian ketika anjing lokal di Thailand berlarian di sekitar kami pada saat kami melakukan studi locomotor pada gajah. Gajah sangat tidak menyukai gonggongan anjing, hewan yang berlarian disekitarnya, khususnya ketika mereka tidak bisa melihat dimana anjing tersebut. Gajah tersebut panik dan berlari menuju bibir hutan.”

Berdasarkan kejadian tersebut, gajah bukanlah takut pada tikus melainkan takut pada hal yang tidak dapat dilihatnya dengan baik. Semua hewan yang bergerak cepat, termasuk manusia, dapat membuat gajah menjadi panik dan kurang bersahabat. [HP]

Source: http://www.livescience.com/33261-elephants-afraid-of-mice-.html

Comments

Popular posts from this blog

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.

Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.

Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi…

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)