Skip to main content

Apa itu Kennel Cough ?

Dokter-hewan.net – Kennel cough atau dikenal dengan istilah infectious tracheobronchitis yaitu penyakit menular yang menyerang saluran pernafasan dari anjing. Bordetella bronchiseptica (bakteri) merupakan penyebab utama dari penyakit ini, walaupun beberapa agen lain dapat menyebabkan penyakit ini antara lain virus parainfluenza atau bakteri mycoplasma.

Anjing dapat tertular kennel cough melalui kontak langsung dengan anjing yang terinfeksi, udara yang tercemar, bersin maupuan benda – benda yang terkontaminasi misalnya piring kotor atau mangkuk air minum yang mengandung sumber penyakit ini. Kennel cough pada umumnya menyebar dengan baik di lokasi yang banyak anjing atau daerah yang ventilasinya buruk, misalnya fasilitas animal boarding, animal shelter, ataupun dog park. Penyakit ini sangat mudah menyerang anjing muda (puppy) maupun anjing yang belum di vaksin.

Gejala yang umum ditimbulkan saat anjing menderita kennel cough adalah batuk kering yang sering, suaranya khas seolah – olah anjing ingin muntah namun tidak memuntahkan apa – apa. Kadangkala juga diikuti oleh demam, hidung berair, mata berair atau menurunnya nafsu makan bahkan menyebabkan terjadinya pneumonia. Namun tidak menutup kemungkinan batuk yang tidak berkesudahan dan seolah – olah mau muntah tersebut tidak diikuti oleh gejala lainnya dapat menjadi ciri dari penyakit ini.

Untuk mendiagnosa penyakit kennel cough, harus dilakukan oleh seorang dokter hewan yang berkompeten di bidangnya. Jika hewan Anda menunjukkan gejala batuk dan seolah – olah ingin memuntahkan sesuatu, segeralah bawa anjing Anda ke dokter hewan langganan Anda. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan fisik atau memancing hewan untuk batuk dan memperlihatkan gejala spesifik dari kennel cough, dan dapat juga dilakukan uji penunjang berupa kultur bakteri maupun virus agar diagnosa spesifik dapat ditegakkan. Dokter hewan kemudian akan memberikan resep berupa antibiotik dan jika diperlukan diperikan obat antibatuk agar hewan tidak tersiksa akibat batuk.

Kennel cough sangat efektif dicegah dengan memberikan vaksin khususnya untuk bakteri Bordetella bronchiseptica, karena bakteri atau penyebab kennel cough ini bisa berada dimana saja, dalam waktu dan tempat yang tidak terduga. Selain vaksinasi, juga dianjurkan untuk menjaga lalu lintas hewan atau membatasi lokasi bermain hewan agar tidak terlalu sering kontak dengan hewan liar maupun anjing lainnya. Pemeriksaan rutin ke dokter hewan sangat dianjurkan agar kesehatan hewan Anda tetap terkontrol dan termonitor dengan baik. [HP]


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : BKSDA Jawa Barat

Dokter-hewan.net - LOWONGAN PEKERJAAN
Dibutuhkan 1 orang Dokter Hewan untuk mengisi posisi sebagai tenaga kontrak pada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat di Bandung Persyaratan:
- Laki-laki atau perempuan
- Freshgraduate / berpengalaman
- Tertarik pada dunia birokasi konservasi
- Memiliki minat pada dunia satwa liar
- Bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu
- Mampu bekerja baik secara individu maupun tim
- Menyukai alam dan kegiatan outdoorKirimkan Surat Lamaran yang ditujukan pada Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Curriculum Vitae, FC ijasah dan transkrip nilai ke alamat email bbksdajb@gmail.com
Ditunggu sampai akhir Desember 2018

Lowongan kerja : Dohavets Qatar

Dokter-hewan.net - Dohavets yang berlokasi di Doha, Qatar membutuhkan asistant vet/paramedis. Adapun pengumumannya sebagai berikut : Job SummaryThe Veterinary Surgery also called as Dohavets is one of the oldest veterinary hospital in Doha , Qatar . We are seeking asst veterinarians who will help veterinarian in running a small animal hospital .Responsibilities and DutiesPlacing IV cathetersTaking digital radiographsAsst in doing endoscopyAsst is doing laser surgeryGiving injectable and oral medicinesAssist in handling of petsMonitoring anesthesiaAssisting EmergenciesRequired Experience, Skills and QualificationsBachelor of veterinary scienceBenefitsTraining will be providedHousing will be providedAir ticket will be provided for comingEvery year 21 days basic salary graduityEvery year 21 days paid leaveMedical Health card will be providedtransportation to work will be providedJob Type: Full-timeSalary: QAR4,000.00 to QAR5,000.00 /monthExperience:Veterinarian: 1 year (Preferred)Link to…

Lowongan Kerja : Awal Care Vet Clinic

Dokter-hewan.net - Awal Care Vet Clinic membuka lowongan kerja untuk dokter hewan Persyaratan:
- Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia
- Lulus Ujian Kompetensi
- Pria / Wanita
- Umur Maksimal 30 Tahun
- Berpengalaman lebih diutamakan
- Fresh Graduate dipersilahkan melamar
- Sehat jasmani dan rohani
- Dapat bekerjasama dalam tim
- Dapat berkomunikasi dengan baik
- Siap menerima tantangan
- Mempunyai motivasi yang tinggi
- Jujur dan bertanggung jawab
- Bersedia di tempatkan di wilayah Jakarta/ Bekasi
- Memiliki Hobi Traveling
- Memiliki Jiwa PengajarDokumen yang dibutuhkan:
1. Surat Lamaran & CV
2. Ijazah, Transkrip Nilai SKH & DRH
3. Ijazah D3 untuk Paramedis
4. Pasfoto Berwarna
5. Sertifikat CE Jika adaSemua File dalam bentuk PDF
dikirim ke email:
hrd.awalcare@gmail.com
Info WA Chat : 08126969256Lamaran paling lambat diterima 31 Desember 2018Sumber :
www.awalcare.com