Skip to main content

Bagaimana Lumba – Lumba Membuat Suara ?

Dokter-hewan.net – Semua spesies mamalia di laut diketahui mampu membuat suara di dalam air. Kebanyakan vokalisasi timbul dari pergerakan udara dari suatu daerah ke daerah lainnya. Namun, lumba – lumba dan paus memiliki sistem yang berbeda dalam mekanisme vokalisasinya sebab mereka kehilangan pita suara.

Lumba – lumba menggunakan kemampuan sonar mereka untuk menghasilkan suara di dalam air. Mereka dapat mengeluarkan suara yang beragam seperti klik, siulan, dan dengkuran. Suara ini digunakan untuk berkomunikasi dengan temannya dan melacak lingkungan sekitar.

Teori pertama menyatakan bahwa kantung udara lumba – lumba dianggap sebagai “cerminan akustik”, jadi suara yang dihasilkan berasal dari bagian kecil jaringan lemak yang berada di bawah lubang udara. Pergerakan udara terakhir di jaringan ini dapat menciptakan tekanan yang mengirimkan gelombang suara ke dalam laut.

Teori lainnya menyatakan bahwa lumba – lumba menggunakan kantung udaranya untuk membuat suara di dalam air. Kantung kecil ini berada di bawah lubang udara. Ketika mereka keluar permukaan untuk mengambil nafas, mereka mengambil sejumlah udara yang akan masuk ke lubang udara mereka. Udara yang dihirup ini akan mengisi kantung dan menyebabkan tekanan untuk membuat suara, artinya kantung itu berfungsi sebagai resonator. Mereka membuat suara dari pergeseran udara belakang dan depan di antara kantung udaranya. Gelombang suara yang dikirimkan lumba – lumba di dalam air memiliki kecepatan 1,5 km/detik atau 0,9 mil/detik, sekitar 5 kali lebih cepat dibandingkan di udara.

Lumba – lumba juga mampu mengeluarkan suara ketika tidak berada di dalam air. Mereka dapat melakukan ini dengan mendorong udara langsung melalui lubang udara mereka. Mereka menggunakan otot – otot di dalam lapisan lubang udara untuk memaksa udara keluar dari lubang, dan menjadikannya seperti sebuah tekanan. Lumba – lumba juga mampu membuat komunikasi lain dengan cara menghempaskan sirip atau tubuh mereka ke permukaan air, sehingga timbul suara dan cipratan air. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner untuk THL di UPT. RSH Prop. Riau. Lamaran ditujukan ke kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Prop. Riau cq. Kepala UPTD RSH
Persyaratan :  Surat lamaranCVIjazah transkripijazah/sertifikat pendukungDiutamakan pria Kirim via email ke amir_uptlvkh@yahoo.co.id

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…