Skip to main content

Bagaimana Lumba – Lumba Membuat Suara ?

Dokter-hewan.net – Semua spesies mamalia di laut diketahui mampu membuat suara di dalam air. Kebanyakan vokalisasi timbul dari pergerakan udara dari suatu daerah ke daerah lainnya. Namun, lumba – lumba dan paus memiliki sistem yang berbeda dalam mekanisme vokalisasinya sebab mereka kehilangan pita suara.

Lumba – lumba menggunakan kemampuan sonar mereka untuk menghasilkan suara di dalam air. Mereka dapat mengeluarkan suara yang beragam seperti klik, siulan, dan dengkuran. Suara ini digunakan untuk berkomunikasi dengan temannya dan melacak lingkungan sekitar.

Teori pertama menyatakan bahwa kantung udara lumba – lumba dianggap sebagai “cerminan akustik”, jadi suara yang dihasilkan berasal dari bagian kecil jaringan lemak yang berada di bawah lubang udara. Pergerakan udara terakhir di jaringan ini dapat menciptakan tekanan yang mengirimkan gelombang suara ke dalam laut.

Teori lainnya menyatakan bahwa lumba – lumba menggunakan kantung udaranya untuk membuat suara di dalam air. Kantung kecil ini berada di bawah lubang udara. Ketika mereka keluar permukaan untuk mengambil nafas, mereka mengambil sejumlah udara yang akan masuk ke lubang udara mereka. Udara yang dihirup ini akan mengisi kantung dan menyebabkan tekanan untuk membuat suara, artinya kantung itu berfungsi sebagai resonator. Mereka membuat suara dari pergeseran udara belakang dan depan di antara kantung udaranya. Gelombang suara yang dikirimkan lumba – lumba di dalam air memiliki kecepatan 1,5 km/detik atau 0,9 mil/detik, sekitar 5 kali lebih cepat dibandingkan di udara.

Lumba – lumba juga mampu mengeluarkan suara ketika tidak berada di dalam air. Mereka dapat melakukan ini dengan mendorong udara langsung melalui lubang udara mereka. Mereka menggunakan otot – otot di dalam lapisan lubang udara untuk memaksa udara keluar dari lubang, dan menjadikannya seperti sebuah tekanan. Lumba – lumba juga mampu membuat komunikasi lain dengan cara menghempaskan sirip atau tubuh mereka ke permukaan air, sehingga timbul suara dan cipratan air. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : JAPFA

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan Technical Support Animal Health JAPFA untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya.  Syarat :  Minat di AyamPunya SIM ADiutamakan Fresh Graduate Email lamaran ke rustono@japfa.com, hardcopy ditujukan kepada bapak Danardana Nugraha Marketing & Global Technical Manajer PT. Vaksindo. Kirim ke alamat : Kepada Novi PT. VAKSINDO SATWA NUSANTARA Jalan Barokah, Kampung Baru, Wanaherang Gunung Putri, Bogor.

Lowongan Pekerjaan : PT. Tunas Daya Veterinaria

Dokter-hewan.net - PT. Tunas Daya Veterinaria membuka lowongan kerja sebagai :  MARKETING Persyaratan :

Pria/WanitaPendidikan Min. S-1 Kedokteran HewanDapat bekerjasama dalam teamBisa Berkomunikasi dengan baikMemiliki SIM A diutamakanMemahami prinsip alat penunjang diagnosa Benefit :

Gaji PokokUang Makan dan InsentifBPJS KesehatanBPJS Tenaga KerjaKendaraan Kriteria :

CekatanTelitiJujurBertanggung Jawab Narahubung :
+62856 5538 7910
Email : hrd.tunasdayaveterinaria@gmail.com

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)