Skip to main content

Baikkah Pemeliharaan Binatang untuk Perkembangan Anak ?

Dokter-hewan.net – Para ahli kesehatan mengatakan bahwa memelihara binatang di rumah dapat membantu dalam tumbuh kembang anak. Seperti dilansir oleh laman Boldsky beberapa waktu lalu, sebuah studi baru mengatakan bahwa hewan peliharaan dapat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan fisik dan kognitif anak.

Anak dalam tubuh kembangnya memerlukan latihan motorik, seperti saat berjalan dan berlari. Melalui hewan peliharaan di rumah, aktivitas tersebut akan lebih sering terjadi. Namun, para orang tua perlu hati – hati dalam mengawasi anak – anak saat bermain dengan hewan peliharaan untuk menghindari cedera saat anak sedang bermain.

Tidak hanya aktivitas fisik, stimulasi perbincangan anak juga dapat terlatih akibat interaksi yang terjadi saat anak berkomunikasi dengan hewan peliharaannya. Saat orang tua mendampingi anak – anaknya, dapat diberikan pembelajaran tentang bagaimana cara mengasihi dan menyayangi sesame makhluk hidup, sebagai pengalaman belajar yang baik. Adanya hewan peliharaan di rumah juga dapat membuat orang tua menghabiskan waktu lebih banyak dengan anaknya.

Memelihara hewan kesayangan di rumah seperti anjing, ternyata juga mampu menurunkan kegelisahan pada anak. “Kehadiran anjing dapat mengurangi rasa gelisah atau cemas pada anak – anak, terutama kecemasan sosial. Hal ini disebabkan karena anjing peliharaan dapat membuat anak berdialog. Hal ini mampu meringankan kecemasan sosial yang dialami anak – anak,” tulis peneliti dalam Journal Preventing Chronic Disease yang dikutip laman Huffington Post beberapa waktu lalu. Para peneliti juga menuturkan jika interaksi positif terjadi pada kesehatan mental, maka bisa jadi hal ini mampu mengurangi gangguan mental saat ia tumbuh remaja maupun dewasa nantinya. [AD]


Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)