Skip to main content

Baikkah Pemeliharaan Binatang untuk Perkembangan Anak ?

Dokter-hewan.net – Para ahli kesehatan mengatakan bahwa memelihara binatang di rumah dapat membantu dalam tumbuh kembang anak. Seperti dilansir oleh laman Boldsky beberapa waktu lalu, sebuah studi baru mengatakan bahwa hewan peliharaan dapat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan fisik dan kognitif anak.

Anak dalam tubuh kembangnya memerlukan latihan motorik, seperti saat berjalan dan berlari. Melalui hewan peliharaan di rumah, aktivitas tersebut akan lebih sering terjadi. Namun, para orang tua perlu hati – hati dalam mengawasi anak – anak saat bermain dengan hewan peliharaan untuk menghindari cedera saat anak sedang bermain.

Tidak hanya aktivitas fisik, stimulasi perbincangan anak juga dapat terlatih akibat interaksi yang terjadi saat anak berkomunikasi dengan hewan peliharaannya. Saat orang tua mendampingi anak – anaknya, dapat diberikan pembelajaran tentang bagaimana cara mengasihi dan menyayangi sesame makhluk hidup, sebagai pengalaman belajar yang baik. Adanya hewan peliharaan di rumah juga dapat membuat orang tua menghabiskan waktu lebih banyak dengan anaknya.

Memelihara hewan kesayangan di rumah seperti anjing, ternyata juga mampu menurunkan kegelisahan pada anak. “Kehadiran anjing dapat mengurangi rasa gelisah atau cemas pada anak – anak, terutama kecemasan sosial. Hal ini disebabkan karena anjing peliharaan dapat membuat anak berdialog. Hal ini mampu meringankan kecemasan sosial yang dialami anak – anak,” tulis peneliti dalam Journal Preventing Chronic Disease yang dikutip laman Huffington Post beberapa waktu lalu. Para peneliti juga menuturkan jika interaksi positif terjadi pada kesehatan mental, maka bisa jadi hal ini mampu mengurangi gangguan mental saat ia tumbuh remaja maupun dewasa nantinya. [AD]


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Yayasan Kalaweit Indonesia

Dokter-hewan.net - Salam lestari!  Yayasan Kalaweit Indonesia sedang berkembang untuk pelepasliaran Siamang dan Owa di wilayah Sumatera Barat. Maka dari itu dibutuhkan Dokter Hewan tambahan dengan syarat :  Pria/WanitaSudah pelantikan dan mengikuti ujian kompetensiFresh graduate/sudah berpengalamanSuka dengan tantangan dan dapat bekerja sama dengan tim Fasilitas :  Gaji pokokMakanMess Kirim surat lamaran, CV beserta lampiran-ampiran yang diperlukan ke rizki.widiyanti92@gmail.com (WA. 082221231654)

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)