Skip to main content

Fakta Unik Seputar Elang

Dokter-hewan.net – Siapa yang tak kenal dengan burung elang? Ya, Elang adalah salah satu burung yang dikenal sebagai predator penguasa udara. Burung elang dikategorikan sebagai unggas yang berdarah panas. Elang mempunyai bentuk tubuh dan warna sayap yang indah. Berikut fakta unik lainnya seputar Burung Elang (Eagle). Yuk disimak!
  •  Burung elang dikenal sebagai burung yang memiliki penglihatan yang sangat tajam. Burung ini mampu melihat mangsanya dari jarak yang sangat jauh. Elang mampu melihat mangsanya sejauh 100 kaki di udara. Penglihatannya 8 kali lebih tajam dari penglihatan manusia normal.
  •     Elang mempunyai kecepatan terbang hingga 300 km/jam terutama saat memburu mangsanya. Saat musim migrasi tiba, Elang mampu berpindah tempat ke berbagai belahan dunia.
  •     Burung elang akan membuat sarang pada ranting pohon sebagai tempat tinggal dan tempat si betina bertelur. Namun, adapula jenis Elang yang membuat sarang di tanah. Burung elang tinggal di pepohonan dan berkembang biak dengan cara bertelur serta menyimpannya di pepohonan tersebut hingga anak – anak mereka menetas dan tumbuh dewasa.
  •     Burung elang termasuk hewan yang setia. Mengapa? Kebanyakan elang hanya memiliki satu pasangan untuk kawin dan berkembang biak. Namun, ketika salah satu pasangannya telah mati, maka elang tersebut akan mencari pasangan lainnya.
  •     Elang mempunyai paruh yang sangat tajam dan berfungsi untuk merobek dan mencabik mangsanya. Paruh elang dikenal sangat kuat dan pada bagian ujungnya sangatlah runcing sehingga dapat dengan mudah merobek daging mangsanya dan mencabik hingga menjadi bagian – bagian kecil.

  •  Cakar burung elang juga sangatlah tajam seperti paruhnya. Kuku – kuku elang dapat dengan kuat mencengkeram mangsanya sehingga tidak mampu untuk melepaskan diri.
  •     Elang merupakan burung yang memiliki masa hidup cukup lama yaitu mencapai 60 tahun. Namun, elang juga akan mengalami pengurangan aktivitas karena ia mulai mengalami proses penuaan. Ketika burung elang memasuki usia 40 tahun, burung ini akan mengalami kerontokan bulu. Selain itu, paruhnya juga akan semakin bergerak turun sehingga mampu menyentuh dadanya. Sayapnya yang dulu panjang dan kuat, perlahan – lahan akan sulit untuk dihentakkan dan dikepakkan untuk terbang. Pada keadaan seperti itu, Elang dapat mengalami kelaparan sehingga menjadi salah satu penyebab kematiannya, selain dari diburu oleh manusia.

Nah, itu tadi fakta seputar burung elang. Tak heran karena keunikannya tersebut membuat banyak manusia – manusia liar yang memburunya. Dan sebaiknya, pemburuan terhadap satwa liar seperti Elang ini bisa berkurang dan tidak akan pernah terjadi lagi karena dapat mengancam keberadaan dan populasi predator udara tersebut. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)

Lowongan Kerja : PT. IPB SHIGETA Animal Pharmaceuticals

Dokter-hewan.net
DIBUTUHKAN SEGERA
PT. IPB SHIGETA Animal Pharmaceuticals bergerak dibidang produksi obat hewan membutuhkan karyawan untuk posisi sebagai berikut :
1. Staf QC (1 Orang) D3 Kualisifikasi :
Usia maksimal 24 tahunPria/wanitaSehat jasmani dan Rohani (Surat Keterangan)Transkrip nilai IPK min 3.00 D3 FKH, Analis Kesehatan, Kesehatan Hewan, Mikrobiologi dan BiologiDisiplin dan berprestasiPenempatan Malang (lebih diutamakan domisili Malang)Bersedia pelatihan di Surabaya dan Bogor Lamaran ditujukan ke PT IPB SHIGETA Animal Pharmaceuticals dikirimkan atau melalui email : prod-ipbshigeta@centrin.net.id dan bogorshigeta@centrin.net.id selambat-lambatnya 21 Mei 2018.