Skip to main content

Hadapi MEA, Hewan Peliharaan Wajib Punya Paspor ?

Dokter-hewan.net – Menghadapi pasar bebas ASEAN 2016, hewan peliharaan dari negara asing yang masuk ke Indonesia harus memiliki paspor. Hal ini berguna untuk mencegah masuknya wabah penyakit yang diduga terbawa oleh hewan tersebut.

Suryo Irianto, Kepala Balai Karantina Pertanian Batam, mengatakan bahwa dalam jangka pendek, karantina pusat bersama instansi terkait akan berupaya untuk mengeluarkan paspor hewan peliharaan, mengingat bahwa pasar bebas akan berlaku di tahun 2016 dan pastinya akan banyak orang asing yang masuk membawa hewan kesayangannya.

Membawa hewan peliharaan masuk ke Indonesia bukannya tidak boleh, namun pencetusan adanya paspor hewan ini merupakan salah satu upaya pencegahan akan kemungkinan bahaya yang berdampak pada kesehatan hewan maupun manusia. Ditambah lagi, selama ini hewan peliharaan tidak boleh masuk ke wilayah Batam.

Suryo mengatakan bahwa kedatangan Komisi IV DPR pada beberapa waktu lalu, selain untuk merevisi Undang – Undang No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina, juga membahas tentang paspor hewan peliharaan ini.

Walaupun baru wacana, dalam waktu dekat kebijakan paspor hewan peliharaan harus dikeluarkan karena itu sangat penting. Penyusunan format dan mekanisme paspor hewan peliharaan kini sedang dibahas oleh pihak karantina bersama instansi terkait. Semoga upaya ini tidak hanya sekedar wacana, dan setelah dipersiapkan dengan matang kelak kemudian dapat diterapkan dan beroperasi sesuai dengan yang diinginkan pihak terkait tanpa merugikan masyarakat Indonesia maupun masyarakat asing. [AD]

Source: http://news.liputan6.com/read/2358489/hadapi-pasar-bebas-asean-hewan-peliharaan-wajib-punya-paspor

Comments

Popular posts from this blog

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.

Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.

Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi…

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)