Skip to main content

Hadapi MEA, Hewan Peliharaan Wajib Punya Paspor ?

Dokter-hewan.net – Menghadapi pasar bebas ASEAN 2016, hewan peliharaan dari negara asing yang masuk ke Indonesia harus memiliki paspor. Hal ini berguna untuk mencegah masuknya wabah penyakit yang diduga terbawa oleh hewan tersebut.

Suryo Irianto, Kepala Balai Karantina Pertanian Batam, mengatakan bahwa dalam jangka pendek, karantina pusat bersama instansi terkait akan berupaya untuk mengeluarkan paspor hewan peliharaan, mengingat bahwa pasar bebas akan berlaku di tahun 2016 dan pastinya akan banyak orang asing yang masuk membawa hewan kesayangannya.

Membawa hewan peliharaan masuk ke Indonesia bukannya tidak boleh, namun pencetusan adanya paspor hewan ini merupakan salah satu upaya pencegahan akan kemungkinan bahaya yang berdampak pada kesehatan hewan maupun manusia. Ditambah lagi, selama ini hewan peliharaan tidak boleh masuk ke wilayah Batam.

Suryo mengatakan bahwa kedatangan Komisi IV DPR pada beberapa waktu lalu, selain untuk merevisi Undang – Undang No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina, juga membahas tentang paspor hewan peliharaan ini.

Walaupun baru wacana, dalam waktu dekat kebijakan paspor hewan peliharaan harus dikeluarkan karena itu sangat penting. Penyusunan format dan mekanisme paspor hewan peliharaan kini sedang dibahas oleh pihak karantina bersama instansi terkait. Semoga upaya ini tidak hanya sekedar wacana, dan setelah dipersiapkan dengan matang kelak kemudian dapat diterapkan dan beroperasi sesuai dengan yang diinginkan pihak terkait tanpa merugikan masyarakat Indonesia maupun masyarakat asing. [AD]

Source: http://news.liputan6.com/read/2358489/hadapi-pasar-bebas-asean-hewan-peliharaan-wajib-punya-paspor

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)