Skip to main content

Keunikan Perilaku Gajah

Dokter-hewan.net – Gajah merupakan salah satu binatang yang mempunyai kehidupan sosial yang teratur. Gajah jantan dewasa biasanya menggunakan hampir seumur hidupnya dengan hidup secara sendiri. Sedangkan, gajah betina akan senantiasa berdampingan dengan gajah yang lain. Gajah betina dewasa akan berada dalam keluarga besar dimana akan ada seekor gajah pemimpin. Biasanya yang menjadi gajah pemimpin adalah gajah betina yang paling tua. Ketika gajah betina bunting, akan ada 2 – 3 gajah betina lain yang akan selalu menemani sampai melahirkan.

Gajah adalah perenang yang handal walau memiliki badan besar. Gajah dapat berenang hingga 50 km dalam kurun waktu 6 jam. Gading gajah adalah gigi seri di bagian atas yang senantiasa akan tumbuh sepanjang hidup gajah.

Gajah juga merupakan binatang yang cerdas dibandingkan mamalia lain. Gajah yang telah dijinakkan dapat mengingat 25 perintah yang diajarkan. Kemampuan gajah yang lainnya adalah gajah mampu berkomunikasi dengan rekannya hingga jarak 4 – 5 km. Gajah menggunakan gelombang infrasonik untuk berkomunikasi, hingga tak dapat didengar oleh manusia. Jika seekor gajah tertinggal oleh kawanannya dalam jarak 4 km, maka gajah ini masih dapat menemukan dimana kelompoknya berada. Dan apabila ada yang berani mengganggu seekor gajah liar, maka gajah lain dalam kelompoknya akan mendatangi dan menyerang si pengganggu.

Kebanyakan gajah telah dilatih untuk mematuhi perintah suara, namun tidak pernah diajari dengan instruksi berupa gerak tubuh manusia seperti menunjuk. Pada sebuah studi yang dilakukan oleh Richard Byrne, peneliti dari Universitas St. Andrews, Byrne melakukan tes dengan meletakkan makanan dalam beberapa wadah. Lalu ia mengarahkan mamalia besar itu hanya dengan menunjuk wadah yang benar – benar berisi makanan. Lima dari 11 gajah yang di uji ternyata secara konsisten pergi ke wadah yang benar. Sebagai perbandingan, bocah berusia 1 tahun pun biasanya mempunyai peluang 70% benar saat dilakukan hal serupa. Gajah – gajah tersebut dapat memilih wadah yang benar dalam percobaan perdana. Byrne mengatakan bahwa gajah – gajah itu seperti tak perlu mempelajari apapun. Pemahaman mereka sangat baik mulai dari awal hingga akhir. Gajah – gajah yang lahir di penangkaran atau berinteraksi lebih banyak dengan manusia juga akan mempunyai kemampuan yang sama.

Kemampuan gajah mengikuti petunjuk diperkirakan berasal dari kebiasaan hidup bersosial. Gajah hidup dalam kelompok besar, dan akan menunjukkan perilaku dan emosi termasuk menandai kuburan anggota kelompok dan meratapi kematian gajah lainnya. Dari perilaku ini, mungkin terdapat persamaan antara gajah dengan manusia, yakni mereka hidup dalam lingkungan yang kompleks dimana terdapat dukungan, empati, dan bantuan satu sama lain yang dapat membantu dalam bertahan hidup. Kemampuan gajah memahami instruksi gerak tubuh merupakan bagian dari cara mereka berkomunikasi. Dan mereka mengerti apa itu instruksi tunjukan saat ia melihatnya. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : VETOPET Animal Clinic Bogor

Dokter-hewan.net - Vetopet animal clinic membutuhkan dokter hewan dengan kriteria sebagai berikut :

Laki-laki/perempuan lulusan dokter hewanfresh graduate/pengalamanIPK SKH dan DRH minimal 3,00Pasiion dalam dunia laboratorium dan klinikMemiliki kemampuan komunikasi yang baikSiap bekerja dalam team Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran via email : vetopet13@gmail.com atau informasi lebih lanjut silahkan kontak +6285643032404 (drh. Nurul) 
Lamaran diterima paling lambat 5 September 2019

Penembak Anjing Beedo Akhirnya jadi Tersangka

Dokter-hewan.net - Kekerasan pada hewan kembali terjadi. Nasib malang ini diterima oleh Anjing Beedo yang harus mati dengan sia-sia akibat tembakan senapan angin laras panjang yang di arahkan oleh pria berinisial A.

Kisah ini awalnya di posting oleh Anastasia Lucia Margaret di akun personal instagramnya (@anstlucia). Disana dia menceritakan kisah malang yang diterima oleh anjing kerabatnya.

Pada saat ditembak, anjing Beedo diikat, menurut Lucia ada aturan di perumahan bahwa anjing tidak boleh dibiarkan lepas tanpa pengawasan, oleh sebab itu si Beedo di ikatkan di dekat jalan. Namun, menurut tersangka A, akibat ulah si Beedo, istri dan anak dari tersangka A terjatuh. Hal inilah yang membuat A marah dan langsung membawa senjatanya dan menembaki si anjing berkali-kali hingga ajal menjemputnya.

Tidak terima, akhirnya pemilik melaporkan hal ini ke polisi hingga akhirnya di proses secara hukum. Namun sayangnya polisi kebingunan mencari pasal yang tepat dan sesuai dengan kasus ini. "Sud…

Lowongan Kerja : PDHB GAIA Surabaya

Dokter-hewan.net - *Lowongan Kerja*
Praktek dokter hewan bersama (PDHB) GAIA-surabaya
Saat ini sedang membuka lowongan untuk posisi drh rawat inap dan praktek
Persyaratan: 1. Dokter hewan 2. Sayang terhadap hewan 3. Bertanggung jawab dan memiliki attitude yang baik 4. Berpengalaman min. 1 tahun atau Fresh graduate 5. Mampu bekerja dalam team dan individu 6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik 7. Mau untuk terus belajar (seminar, workshop dll)
Surat lamaran, curriculum vitae dan pas photo terbaru dapat dikirimkan ke alamat email anang.triyatmoko@gmail.com  Atau PDHB GAIA G-walk w2-10 citraland surabaya barat
Terima kasih