Skip to main content

Mengapa Ular Suka Menjulurkan Lidahnya ?

Dokter-hewan.net – Secara umum, ular memiliki 2 cara khusus untuk melumpuhkan mangsanya, yakni ular mempunyai sensor panas di kepalanya untuk mendeteksi mangsanya melalui panas tubuh, dan mampu mencium bau melalui lidah yang dijulur – julurkan. Ular yang termasuk hewan melata memiliki tubuh yang panjang dan bergerak dengan perutnya. Gerakan ular yang cepat disebabkan oleh sisik perut yang dipijakkan pada tempat yang tidak rata atau kasar.

Ular memiliki indra penglihatan yang buruk dan juga pendengaran yang terbatas. Sebaliknya, ular memiliki indra penciuman yang tajam dan sangat baik. Namun, ular tidak menggunakan hidung untuk mencium bau mangsanya, tetapi menggunakan lidahnya. Ular mempunyai organ pembau yang berada pada langit – langit mulutnya yang disebut organ Jacobson. Lidah ular yang bercabang dua sangat pas dengan lubang di organ Jacobson, yang juga dikenal sebagai organ vomeronasal. Ketika ular menjulurkan lidahnya, ia mampu mengumpulkan partikel – partikel kimia dari udara. Partikel tersebut dihantarkan ke sel – sel saraf di organ Jacobson sehingga ular dapat merasakan bau mangsanya.

Organ Jacobson adalah lubang yang terdapat antara mata dan mulut ular yang berfungsi sebagai thermosensorik (sensor panas). Selain mempunyai organ Jacobson, beberapa jenis ular ada yang dilengkapi dengan lubang sensor panas (Pit Nose), yang letaknya berada di atas bibir. Lubang ini berfungsi sebagai pendeteksi panas tubuh, dilapisi selapis sel yang disebut thermoreseptor yang terhubung ke otak melalui saraf.

Jika partikel bau dalam kelembapan dideteksi melalui organ Jacobson, maka partikel bau yang ada di udara akan dikenali melalui rongga hidung ular yang juga mengandung sel – sel penginderaan yang dapat menafsirkan bau, yang cara kerjanya hampir sama dengan hidung manusia. [AD]


Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : Bles Dairies Dairy Consultancy

dokter-hewan.net
Dibutuhkan dokter hewan sebagai Asisten Konsultan untuk bekerja di Bles Dairies Dairy Consultancy dan Wageningen University & Research.

Dng Syarat :

- Memiliki passion di bidang sapi perah
- Diutamakan yang fasih berbahasa Inggris (Lisan Tulisan)
- Mampu bekerja tim
- Memiliki SIM A dan C

Peminat silahkan mengirimkan lamaran berbahasa Inggris ke taufiq.dvm@gmail.com
Terimakasih

Lowongan Kerja : Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan:
Dokter hewan untuk menjadi tenaga honorer di Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat, dgn kualifikasi sbb:
1. Diutamakan Laki-laki
2. Sert kompetensi/seminar/pelatihan
3. Fresh graduate dgn pengalaman magang di klinik/rsh
4. Diutamakan domisili di seputar Bandung raya
5. Bersedia bekerja dengan sistem shift (siang atau malam) dan bekerja pada hari libur
6. Mampu bekerja dalam tim dan dalam tekanan.
Lamaran ditujukan kepada: Kepala RSH Jawa Barat, Jl. Tangkuban Parahu Km 22, Cikole Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.
Atau Email ke yoni_dvm@yahoo.com dan cc ke rsh_cikole@yahoo.com
Paling lambat 27 Maret 2019.

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)