Skip to main content

Musang Bukanlah Hama

Dokter-hewan.net – Musang merupakan salah satu hewan nokturnal atau biasa hidup di malam hari yang di jaman sekarang ini sudah menjadi hewan kesayangan. Banyak orang yang memelihara musang seperti memelihara kucing dan anjing. Perbedaannya adalah pecinta musang dapat berjalan – jalan tanpa harus memegang tali kekang, namun musang dapat dengan nyaman bergelantungan di pundak si pemilik.

Musang mempunyai gigi taring dan biasanya dibunuh oleh petani dan pemburu karena dianggap sebagai hama. Dengan tampangnya yang mengerikan, hewan ini kerapkali merusak tanaman dan memakan hewan ternak. Namun siapa sangka bahwa jika hewan ini dijinakkan dan dilatih, maka dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Sekarang ini telah banyak orang – orang yang tergabung dalam komunitas pecinta musang yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Tujuan dari masyarakat yang tergabung dalam komunitas tersebut adalah salah satunya untuk melakukan sosialisasi. Semakin banyak sosialisasi yang dilakukan, maka semakin baanyak yang tahu, dan masyarakat awam pun akan tertarik dan timbul rasa kasihan sehingga tidak memburu musang lagi. Musang akan menjadi hewan yang jinak dan lucu. Musang memanglah binatang liar dan buas. Namun, apabila bisa dipelihara sejak musang bayi, maka besar kemungkinan ia akan menjadi hewan yang jinak dan patuh pada pemiliknya.

Binturong adalah musang bertubuh besar yang saat ini menjadi hewan yang dilindungi pemerintah karena populasinya yang terancam punah. Oleh karena itu, perburuan binturong saat ini sangat dilarang. Binturong yang dapat dipelihara haruslah turunan ketiga atau lebih yang berasal dari penangkaran.

Memang yang sangat mudah adalah memelihara musang. Terlebih jika dipelihara sejak lahir. Musang termasuk hewan omnivora, jadi ia dapat memakan buah atau daging. Untuk masalah kotoran, aroma kotoran hewan ini tak sebau anjing ataupun kucing. Untuk menjinakkan musang, Anda sebagai pemilik harus memiliki keberanian terlebih dahulu. Semakin banyak interaksi dengan manusia, maka musang akan lebih mudah jinak. Salah satu caranya adalah dengan memberi makan dari tangan manusia. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja PDHB Dokter Cucu

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)

Lowongan Kerja : Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan:
Dokter hewan untuk menjadi tenaga honorer di Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat, dgn kualifikasi sbb:
1. Diutamakan Laki-laki
2. Sert kompetensi/seminar/pelatihan
3. Fresh graduate dgn pengalaman magang di klinik/rsh
4. Diutamakan domisili di seputar Bandung raya
5. Bersedia bekerja dengan sistem shift (siang atau malam) dan bekerja pada hari libur
6. Mampu bekerja dalam tim dan dalam tekanan.
Lamaran ditujukan kepada: Kepala RSH Jawa Barat, Jl. Tangkuban Parahu Km 22, Cikole Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.
Atau Email ke yoni_dvm@yahoo.com dan cc ke rsh_cikole@yahoo.com
Paling lambat 27 Maret 2019.