Skip to main content

Perilaku dan Kebiasaan Kelinci

Dokter-hewan.net – Jika Anda memelihara kelinci di rumah dan sering memperhatikannya, pasti Anda pernah di beberapa kesempatan melihat dan menemukan perilaku yang dilakukannya. Meskipun kelinci yang dipelihara hidup bersama Anda dalam satu rumah, tentunya hal tersebut tidak akan menghilangkan perilaku atau naluri alamiah dari kelinci. Terkadang perilakunya akan mengundang kelucuan ataupun mendatangkan ketakutan. Berikut ada beberapa perilaku yang mungkin dilakukan oleh kelinci Anda di rumah.

1.    Menggosokkan dagu
Setiap kelinci mempunyai kelenjar bau yang sensitif yang terletak di bawah dagunya. Fungsi kelenjar ini adalah untuk menandai wilayah yang menjadi kekuasaannya. Pada saat Anda melihat perilaku seperti ini dengan mengelus atau menggosokkan dagunya pada suatu benda, maka Anda harus mengerti bahwa benda yang ia pegang tersebut adalah miliknya.
2.    Buang air/kotoran pada wadah pakan
Beberapa kelinci sering membuang kotorannya pada wadah pakannya, hal ini dapat berarti bahwa tempat tersebut adalah kepemilikannya. Terkadang kelinci juga akan meninggalkan kotoran tidak pada tempatnya dan hal ini merupakan suatu alasan kejengkelannya. Misalnya, jika Anda membuang mainan kesukaannya atau tidak memberinya makan tepat pada waktunya, maka tidak menutup kemungkinan untuk kelinci Anda akan membuang kotorannya pada sepatu Anda.
3.    Menyemprotkan air kencing
Pada saat kelinci dalam keadaan sangat ketakutan atau marah, ia akan melakukan hal ini untuk mengatasi ketakutan dan kemarahannya. Kasus seperti ini biasanya dialami oleh kelinci – kelinci remaja yang berusia antara 10 minggu hingga 6 bulan. Kebiasaan ini akan hilang jika saja kelinci tersebut di kebiri atau sterilisasi.
4.    Meratakan diri
Kelinci juga mempunyai insting pertahan diri dari apa saja yang dianggap membahayakannya. Salah satu cara terbaik yang dilakukannya adalah dengan berusahan mendatarkan dirinya pada tempat yang dipijakinya. Pada saat ia terkejut, maka secara otomatis ia akan melakukan hal ini dan berdiam diri tanpa bergerak dengan posisi telinga yang merapat dan nafas yang terlihat cepat. Hal ini biasanya terlihat jika ada orang atau makhluk yang lebih besar darinya mengagetkannya ataupun jika ada suara yang keras.
5.    Gigi gemerutuk
Suara decitan yang kerasa akan terdengar karena adanya gigi yang beradu pada kelinci. Hal ini menandakan bahwa kelinci tersebut dalam keadaan menahan sakit. Pada kondisi ini, peran Anda sangat dibutuhkan untuk mencari tanda – tanda lain atau segeralah bawa ke dokter hewan terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.
6.    Menggigit
Sama seperti hewan lainnya, kelinci juga dapat menggigit jika ia merasa berada dalam ancaman dan atau kelinci akan menggigit/menarik rambut dari kelinci lain yang ditungganginya (posisi kawin). Akan tetapi, untuk kasus kelinci yang menggigit manusia adalah sangat sedikit sekali dan ini merupakan masalah hormonal dari kelinci tersebut.
7.    Menggali lubang
Kelinci betina yang sedang bunting dan dibiarkan bebas di halaman rumah pasti akan menggali lubang untuk membuat sarang. Menggali lubang merupakan perilaku alami dari kelinci.
8.    Posisi kawin
Perilaku ini merupakan perilaku yang sangat umum di dunia kelinci yang masih belum dewasa, baik jantan atau betina. Kelinci jantan yang stres akan melakukannya pada hewan lain, benda mainannya atau bisa juga pada ujung kaki Anda. Begitu pula dengan kelinci betina yang berkawan dekat, mereka akan melakukan hal yang sama untuk menunggangi satu dengan yang lainnya dan untuk menunjukkan siapa yang menjadi dominan. Anda harus waspada dengan keadaan ini karena salah satu kelinci dapat menunggangi kepala kelinci yang lain dan ini dapat menjadi sangat berbahaya karena kelinci yang berada di bawahnya akan menjadi tidak suka dan akan menggigitnya.

So, manakah perilaku yang sering dilakukan kelinci Anda? Apakah yang ia lakukan menghibur Anda? Atau menakutkan Anda? Semua yang mereka lakukan adalah perilaku alamiahnya. Perhatikan kelinci Anda dan jangan lupa untuk selalu mengajaknya bermain agar mereka juga dapat lebih mengenal Anda sebagai pemiliknya. Jika tampak hal yang aneh pada kebiasaan dan perilakunya, mungkin kelinci Anda sedang terinfeksi suatu penyakit, segeralah periksakan ke dokter hewan terdekat untuk mendapat tindakan lebih lanjut. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : BKSDA Jawa Barat

Dokter-hewan.net - LOWONGAN PEKERJAAN
Dibutuhkan 1 orang Dokter Hewan untuk mengisi posisi sebagai tenaga kontrak pada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat di Bandung Persyaratan:
- Laki-laki atau perempuan
- Freshgraduate / berpengalaman
- Tertarik pada dunia birokasi konservasi
- Memiliki minat pada dunia satwa liar
- Bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu
- Mampu bekerja baik secara individu maupun tim
- Menyukai alam dan kegiatan outdoorKirimkan Surat Lamaran yang ditujukan pada Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Curriculum Vitae, FC ijasah dan transkrip nilai ke alamat email bbksdajb@gmail.com
Ditunggu sampai akhir Desember 2018

Lowongan kerja : Dohavets Qatar

Dokter-hewan.net - Dohavets yang berlokasi di Doha, Qatar membutuhkan asistant vet/paramedis. Adapun pengumumannya sebagai berikut : Job SummaryThe Veterinary Surgery also called as Dohavets is one of the oldest veterinary hospital in Doha , Qatar . We are seeking asst veterinarians who will help veterinarian in running a small animal hospital .Responsibilities and DutiesPlacing IV cathetersTaking digital radiographsAsst in doing endoscopyAsst is doing laser surgeryGiving injectable and oral medicinesAssist in handling of petsMonitoring anesthesiaAssisting EmergenciesRequired Experience, Skills and QualificationsBachelor of veterinary scienceBenefitsTraining will be providedHousing will be providedAir ticket will be provided for comingEvery year 21 days basic salary graduityEvery year 21 days paid leaveMedical Health card will be providedtransportation to work will be providedJob Type: Full-timeSalary: QAR4,000.00 to QAR5,000.00 /monthExperience:Veterinarian: 1 year (Preferred)Link to…

Lowongan Kerja : Awal Care Vet Clinic

Dokter-hewan.net - Awal Care Vet Clinic membuka lowongan kerja untuk dokter hewan Persyaratan:
- Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia
- Lulus Ujian Kompetensi
- Pria / Wanita
- Umur Maksimal 30 Tahun
- Berpengalaman lebih diutamakan
- Fresh Graduate dipersilahkan melamar
- Sehat jasmani dan rohani
- Dapat bekerjasama dalam tim
- Dapat berkomunikasi dengan baik
- Siap menerima tantangan
- Mempunyai motivasi yang tinggi
- Jujur dan bertanggung jawab
- Bersedia di tempatkan di wilayah Jakarta/ Bekasi
- Memiliki Hobi Traveling
- Memiliki Jiwa PengajarDokumen yang dibutuhkan:
1. Surat Lamaran & CV
2. Ijazah, Transkrip Nilai SKH & DRH
3. Ijazah D3 untuk Paramedis
4. Pasfoto Berwarna
5. Sertifikat CE Jika adaSemua File dalam bentuk PDF
dikirim ke email:
hrd.awalcare@gmail.com
Info WA Chat : 08126969256Lamaran paling lambat diterima 31 Desember 2018Sumber :
www.awalcare.com