Skip to main content

Si Pendiam Bermata Tajam

Dokter-hewan.net – Burung hantu merupakan anggota Ordo Strigiformes dan salah satu hewan nocturnal. Di dunia barat, burung ini dianggap sebagai symbol kebijaksanaan, tetapi di beberapa tempat di Indonesia dianggap sebagai pembawa pertanda buruk.

Burung hantu dikenal karena mempunyai mata yang besar dan menghadap ke depan. Burung ini mempunyai paruh yang bengkok tajam seperti paruh elang dan susunan bulu di kepalanya membentuk lingkaran wajah. Leher burung hantu bersifat lentur sehingga wajahnya dapat berputar 180º ke belakang. Pada umunya, bulu burung hantu berwarna kecoklatan atau abu – abu dengan bercak – bercak hitam dan putih. Burung hantu juga kerap mematung dan tidak banyak bergerak, yang menjadikan burung ini tidak mudah terlihat, begitu pula ketika sedang tidur di siang hari. Ekor burung hantu pendek, namun mempunyai sayap yang lebar dan besar. Rentang sayapnya dapat mencapai sekitar 3 kali dari panjang tubuhnya.

Burung hantu biasanya berburu pada malam hari, namun ada juga yang berburu ketika dini hari dan sore (krepuskular). Mata burung hantu yang menghadap ke depan memungkinkan untuk mengukur jarak dengan tepat. Paruh yang kuat dan tajam, kaki yang cekatan dan mampu mencengkeram dengan kuat, serta kemampuan terbang tanpa berisik, merupakan strategi yang dimilikinya untuk membantu berburu dalam gelapnya malam. Beberapa jenis burung hantu bahkan dapat memperkirakan jarak dan posisi mangsanya dalam kegelapan total, yang hanya dibantu dengan indra pendengaran dan bulu – bulu di wajahnya untuk mengarahkan suara.

Burung hantu berburu banyak binatang, seperti serangga, kodok, tikus, dan lain sebagainya. Sarangnya dapat dibuat pada lubang – lubang pohon atau di antara pelepah daun bangsa palem. Beberapa jenis lainnya juga kerap bertengger pada ruang – ruang bangunan, seperti di bawah atap atau lubang – lubang yang kosong. Burung hantu dapat bertelur antara 1 – 4 butir dan kebanyakan berwarna putih atau putih berbercak.

Sekarang sudah banyak masyarakat yang mulai memelihara burung hantu. Walaupun burung hantu ini mempunyai sifat yang pendiam dan tidak banyak gerak, Anda harus tetap waspada dengan segala perilaku burung ini, karena nyatanya burung hantu hidup di alam bebas yang nantinya bisa menunjukkan perilaku alamiahnya sebagai burung pemangsa. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya

Dokter-hewan.net - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada Klinik Hewan dan pengendalian pemotongan Betina Produktif, maka dibutuhkan tenaga Medik Veteriner dengan kriteria sebagai berikut : Menguasai rektal, penyakit hewan dan pengobatan hewanBerkelakuan baik, sehat jasmani rohani dan bebas narkobaLulusan PT Negeri atau PT Swasta bereputasi baik dengan IPK min. 2,75 (skala 4)Usia maksimal 35 TahunDiutamakan Laki-laki Warga SUrabaya (KTP) Surabaya Lamaran diajukan kepada Sekretariat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Jl. Pagesangan II No. 56 (60233) Surabaya dengan disertai kelengkapan sebagai berikut :  Surat lamaranCVPas Foto berwarna 4x6 sebanyak 2 buahFotokopi KTPFotokopi Ijazah dan transkrip nilaiFotokopi sertifikat khusus (STRV dan Kompetensi) yang di klinik, paling lambat tanggal 20 November 2017 Melalui surat ini mohon bantuan untuk mengumumkan dilingkungan kampus, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih. 
Kepala dinas,  Ir. JOESTAMADHI, M.Si

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.  Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 
Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 
Seperti halnya pada manusia, ketika …

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Akeso di Brunei Darussalam

Dokter-hewan.net - Klinik hewan Akeso yang terletak di negara Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan praktisi dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria/WanitaBerpengalaman/Fresh GraduateDisiplin, Bertanggung Jawab dan dapat bekerja dalam tim. Telah selesai menempuh pendidikan dokter hewan (drh). Jika anda tertarik, silahkan kirimkan lamaran anda ke email akeso.vet@gmail.com dengan ketentuan, attach file sebagai berikut :  Pas Photo Scan Identitas diri (KTP/Passport)CVResumeScan Ijazah dan TranskripScan Sertifikat yang berkaitan.  Selamat mencoba : )