Skip to main content

Sindikat Penyelundupan Trenggiling

Dokter-hewan.net – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah menelusuri dugaan adanya sindikat penyelundupan trenggiling (Manis javanica) di Kabupaten Kotawaringin Timur. Sejumlah tim menemukan adanya bangkai trenggiling di sekitar jalan dekat perumahan warga pada Rabu (22/6) lalu. Bangkai – bangkai trenggiling ditemukan sudah tanpa sisik. Diduga sisik trenggiling diambil dan kemudian diselundupkan ke luar negeri. Daging trenggiling diduga juga akan diselundupkan, namun terjadi kesalahan dalam pengemasan sehingga membuat dagingnya membusuk dan terpaksa harus dibuang.

Tingginya perburuan trenggiling untuk diselundupkan saat ini terjadi karena harganya sangat tinggi. Kabarnya, harga daging trenggiling mencapai Rp 250.000/kg, sedangkan sisik trenggiling berharga Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000/kg.

Penyelundupan trenggiling dari Kotawaringin Timur diduga melalui jalur darat dengan rute Kalimantan Barat menuju Malaysia, bahkan dikirim hingga Singapura. BKSDA setempat masih berusaha mengungkap kasus ini dengan bekerjasama dengan pihak kepolisian.

“Indikasinya kuat. Di tahun 2014 lalu, kami menggagalkan penyelundupan 73 kilogram sisik trenggiling di Bandara Haji Asan Sampit. Kami berharap kasus ini bisa terungkap kembali,” harap Muriansyah, Komandan Pos Jaga Sampit BKSDA.

Populasi trenggiling di Kotawaringin Timur saat ini diperkirakan terbanyak di Kecamatan Mentaya Hulu, Telaga Antang dan Antang Kalang. Bangkai – bangkai trenggiling yang ditemukan itu bisa berasal dari daerah ini, namun bisa pula berasal dari hasil perburuan dari luar daerah. Muriansyah mengingatkan masyarakat untuk tidak menangkap dan memperjualbelikan trenggiling karena merupakan tindakan melawan hukum. Dan sanksinya juga cukup berat, yakni kurungan penjara 5 tahun dan denda sebesar Rp 100.000.000. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Sota yang Malang. Ingin jaga sang tuan, hidupnya di akhiri timah panas polisi.

Unconditional Love atau Cinta Tanpa Syarat , mungkin itulah difinisi yang menggambarkan ikatan antara anjing dan manusia. Kenapa tidak, itulah yang benar terjadi dikehidupan kita, salah satunya yang baru-baru ini terjadi di Spanyol tepatnya di Placa Espana di kota Barcelona.

Di kota yang terkenal dengan sepakbolanya ini diterpa kabar tragis dan menyedihkan dari seekor anjing uang bernama sota, 21 Desember 2018 menjadi hari terakhir persahabatan antara anjing yang setia dengan pemiliknya ditangan dingin polisi Barcelona.

Insiden penembakan oleh polisi setempat terjadi kepada seekor anjing betina milik seorang tuna wisma dalam aksi penertiban tuna wisma di kota tersebut, Sota itulah nama anjing setia yang dikenal oleh orang banyak harus meregang nyawa saat melindungi pemiliknya yang ditangkap oleh polisi karena berjualan tanpa izin di pusat kota, Placa Espanya.

Berdasarkan dari pengakuan saksi yang berada saat kejadian tersebut berlangsung, Sota terlihat menggonggong kepada petugas polisi…

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)