Skip to main content

Teori – Teori Penyebab Paus Terdampar

Dokter-hewan.net – Warga Desa Pesisir Kecamatan Geding, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur pada Rabu, 15 Juni 2016 dihebohkan oleh terdamparnya 29 ekor ikan paus pilot. Lantas, apakah yang menyebabkan ikan paus terdampar atau mendamparkan diri ?

Paus mendamparkan diri atau paus terdampar sudah terjadi sejak dahulu kala, sekitar 300 tahun sebelum masehi. Akan tetapi, para ilmuan mengatakan jumlah dan kejadian terdamparnya paus semakin tahun semakin meningkat dan belum diketahui secara jelas kenapa dan apa yang menyebabkan paus bisa terdampar. Para ahli mengatakan kemungkinan yang paling mungkin paus terdampar adalah akibat dari polusi yang disebabkan oleh manusia. Polusi ini menyebabkan perubahan pada lingkungan hidup mamalia laut termasuk paus, yang menyebabkan paus lahir dalam bentuk yang abnormal baik fisik maupun mental atau polusi ini menyebabkan keracunan dan kematian pada mamalia laut.

Teori lain mengatakan bahwa sonar dari mamalia laut terganggu akibat sinyal ataupun sonar buatan manusia sehingga menyebabkan paus kehilangan arah sehingga terdampar di pantai atau pinggiran laut. Selain dua teori tersebut, ada 12 teori lain yang mungkin menyebabkan paus terdampar, antara lain :
a)    Benturan dari peralatan laut berupa kapal, perahu ataupun mesin lainnya
Seiring perkembangan teknologi, kapal, perahu dan mesin – mesin yang ada di laut semakin cepat dan melintasi lautan dengan bebasnya. Hal ini memperbesar kemungkinan terjadinya benturan atau tabrakan antara kapal dan gerombolan paus yang berakibat dengan luka pada paus sehingga dapat menyebabkan disorientasi dan menyebabkan terdamparnya paus tersebut.
b)    Polusi di air
Paus akan menjadi sakit atau keracunan akibat polutan kimia seperti gas maupun asam dan akan mengendap di tubuh paus setiap harinya.
c)    Sonar buatan
Ilmuan dan ahli biologi memiliki spekulasi jikalau paus akan kehilangan arah, sakit dan bingung akibat sonar buatan manusia yang menyebabkan gelombang otak paus terganggu yang berakhir dan menyebabkan terdamparnya paus.
d)    Penyakit natural
Penyakit natural atau penyakit yang normal ada pada paus dapat menyebabkan paus kehilangan kontrol dan kehilangan arah.
e)    Serangan Hiu atau mamalia laut lainnnya
Beberapa teori mengatakan bahwa paus akan mendamparkan dirinya untuk menyelamatkan dirinya dari hiu maupun mamalia laut yang berusaha menyerangnya, misalnya paus pembunuh.
f)    Racun dari hewan aquatik lainnya
Teori lainnya mengatakan paus akan kehilangan arah akibat racun yang dilepaskan oleh hewan aquatik lainnya, sehingga menyebabkan terdamparnya gerombolan paus.
g)    Perubahan atau abnormalitas Earth Magnetic Field
Earth Magnetic Field atau Gelombang Eletromagnetik Bumi yang berubah menyebabkan paus kehilangan atau mengalami perubahan pola orientasi navigasinya, sehingga menyebabkan paus kehilangan kemampuannya dalam menentukan arah.
h)    Pneumonia
Paus juga sering menderita penyakit seperti pneumonia, hal ini menyebabkan paus akan berenang tanpa arah dan dapat terdampar sampai ke tepi laut.
i)    Trauma dengan element lingkungan
Pada saat berenang, paus memiliki kemungkinan mengalami trauma atau benturan dengan benda – benda yang terdapat di dalam laut, misalnya batu karang besar, dan sebagainya. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab paus kehilangan arah.
j)    Perubahan iklim akibat Global Warming
Global warming adalah salah satu dampak yang akan sangat dirasakan oleh paus, perubahan gelombang laut, perubahan suhu air, dan pergantian sumber makanan akan berdampak pada ketersedian makanan paus dan memaksanya untuk berenang di luar jalur biasanya. Hal ini akan mengakibatkan mereka beranang tanpa arah dan dapat terdampar.
k)    Paus sudah mati
Pada beberapa kasus, paus terdampar akibat mereka sudah mati dan terbawa ombak ke pantai.
l)    Mengikuti ketua
Paus merupakan mamalia laut yang bersosialisasi dengan baik bahkan untuk berenang mengarungi lautan. Sehingga mengikuti ketua merupakan keharusan dalam berenang. Pada beberapa kondisi, kelompok paus tersebut mengikuti paus yang sakit atau memiliki disorientasi akan arah yang menyebabkan kelompoknya tersesat dan mengakibatkan kehilangan arah bahkan terdampar ke peraiaran dangkal.

Itulah 12 teori yang menyebabkan paus terdampar. Bagaimana menurut kalian ? [HP]

Source: http://www.whalefacts.org/why-do-whales-beach-themselves/

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya

Dokter-hewan.net - Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada Klinik Hewan dan pengendalian pemotongan Betina Produktif, maka dibutuhkan tenaga Medik Veteriner dengan kriteria sebagai berikut : Menguasai rektal, penyakit hewan dan pengobatan hewanBerkelakuan baik, sehat jasmani rohani dan bebas narkobaLulusan PT Negeri atau PT Swasta bereputasi baik dengan IPK min. 2,75 (skala 4)Usia maksimal 35 TahunDiutamakan Laki-laki Warga SUrabaya (KTP) Surabaya Lamaran diajukan kepada Sekretariat Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Jl. Pagesangan II No. 56 (60233) Surabaya dengan disertai kelengkapan sebagai berikut :  Surat lamaranCVPas Foto berwarna 4x6 sebanyak 2 buahFotokopi KTPFotokopi Ijazah dan transkrip nilaiFotokopi sertifikat khusus (STRV dan Kompetensi) yang di klinik, paling lambat tanggal 20 November 2017 Melalui surat ini mohon bantuan untuk mengumumkan dilingkungan kampus, atas kerjasamanya disampaikan terima kasih. 
Kepala dinas,  Ir. JOESTAMADHI, M.Si

Bahayakah Alkohol untuk Hewan?

Dokter-hewan.net - Beberapa hari belakangan ini dunia maya digegerkan dengan video online yang di upload oleh oknum di salah satu media sosial populer di Indonesia. Dalam adegan tersebut, terlihat oknum tersebut memberikan minuman ber-alkohol kepada hewan yang ada di disana. Netizen tambah geram karena oknum tersebut melakukannya untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.  Anjing, kucing dan hewan lainnya tidak baik terpapar dengan alkohol karena alkohol adalah racun bagi mereka. Jangankan untuk meminum alkohol, makanan fermentasi yang mengandung sedikit alkohol saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan mereka. 
Beberapa minuman beralkohol lebih berbahaya bagi hewan kesayangan, misalnya beer yang mengandung 4% alkohol, wine 10% alkohol bahkan liquor bisa mencapai 90% alkohol. Persentase alkohol di dalam minuman akan berdampak semakin buruk bagi kesehatan hewan. Bahkan, sedikit saja jumlah alkohol yang tertelan berpotensi menyebabkan kematian. 
Seperti halnya pada manusia, ketika …

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Akeso di Brunei Darussalam

Dokter-hewan.net - Klinik hewan Akeso yang terletak di negara Brunei Darussalam membutuhkan dokter hewan praktisi dengan kualifikasi sebagai berikut : Pria/WanitaBerpengalaman/Fresh GraduateDisiplin, Bertanggung Jawab dan dapat bekerja dalam tim. Telah selesai menempuh pendidikan dokter hewan (drh). Jika anda tertarik, silahkan kirimkan lamaran anda ke email akeso.vet@gmail.com dengan ketentuan, attach file sebagai berikut :  Pas Photo Scan Identitas diri (KTP/Passport)CVResumeScan Ijazah dan TranskripScan Sertifikat yang berkaitan.  Selamat mencoba : )