Skip to main content

Untuk Apa sih Kesejahteraan Hewan itu ?

Dokter-hewan.net – Beberapa hari ini kita dihebohkan oleh video kekerasan terhadap hewan khususnya sapi yang tidak memenuhi 5F (5 freedom) mengenai kebebasan hewan. Sehingga pihak Australia menghentikan ekspor sapi hidup ke Indonesia yang secara tidak langsung akan berdampak pada harga daging sapi di Indonesia.

Di satu sisi kita merasa bersyukur mengenai pemberhentian ekspor dari benua Australia itu. Mengapa? Karena hal ini akan berdampak pada perekonomian rakyat Indonesia khususnya peternak sapi lokal akan merasa terbantu dalam meningkatkan hasil produksinya. Logika sederhananya, harga sapi lokal akan naik, dan itu berarti kesejahteraan masyarakat juga akan membaik. Akan tetapi, di sisi lain kita juga merasa prihatin mengenai penanganan hewan yang kebanyakan ‘disiksa’ dalam pengolahannya, bahkan sebelum disembelih pun tetap disiksa sampai ajal menjemput. Benar – benar perbuatan yang kurang manusiawi. Sehingga terlihat jelas sekali bahwa manusia sudah memiliki sifat hewani, "Siapa yang kuat, dia yang berkuasa".

“Untuk apa memperhatikan kesejahteraan sapi ? begitu – begitu kan mereka juga akan dibunuh...”
Mungkin banyak orang bertanya – tanya tentang kutipan di atas. Benar, mereka itu juga akan dibunuh, namun cara yang menyiksa itu menurut pandangan agama dan kesehatan itu adalah salah besar. Bukan hanya akan mengganggu kesejahteraan hewan, akan tetapi kesehatan daging sapi itu sendirilah yang dipertanyakan saat disiksa sebelum disemblih. Logikanya, ketika disiksa, maka sapi akan stres sehingga jantung memompa darah lebih kuat sehingga seluruh daerah di tubuh mendapatkan suplai darah sampai ke arteri terjauh dari jantung dan organ – organ yang kecil lainnya di seluruh bagian tubuh. Sewaktu disembelih, darah yang tersebar itu tidak akan maksimal keluar, sehingga kemungkinan daging berdarah akan lebih besar dan berdampak pada keawetan daging. Jika daging mengandung darah, maka daging akan cepat busuk.

Hal di atas sejalan dengan anjuran agama untuk menggunakan pisau yang tajam dalam menyembelih, dengan tujuan meminimalkan siksaan bagi hewan dan darah yang dikeluarkan sebanyak – banyaknya dari tubuh si hewan, karena darah hukumnya haram untuk dimakan (dalam Islam).

Jadi, penyiksaan terhadap hewan itu bukan hanya untuk si hewan saja, akan tetapi kembali kepada manusia yang mengkonsumsi hewan itu juga. Jadi, jika ingin sehat, patuhilah aturan yang berlaku termasuk 5 Freedom dalam kesejahteraan hewan. Daging hewan yang sehat, pasti akan membuat konsumen tetap sehat juga.

Adapun isi dari 5 Freedom tersebut, antara lain:
•    Bebas dari rasa lapar dan haus
•    Bebas dari luka, rasa sakit dan penyakit
•    Bebas dari rasa takut dan tertekan
•    Bebas mengekspresikan perilaku normal dan alaminya
•    Bebas dari rasa ketidaknyamanan

Cintai hewan demi kesehatan Anda semua! Stay loving! [HP]

Comments

  1. arikel yang bagus. hewan juga makhluk hidup yang butuh disayangi oleh manusia. love veterinary.

    ReplyDelete
  2. artikel yang bagus. i love veterinary.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. SANBIO LABORATORIES

Dokter-hewan.net - LOWONGAN KERJA
PT. SANBIO LABORATORIES (Produsen Vaksin Unggas)STAFF  RESEARCH AND DEVELOPMENT
LULUSAN DOKTER HEWAN
1. Diutamakan yang memiliki pengalaman di bidang Virologi (penyakit unggas)
2. Laki-laki maksimal umur 27 tahun
3. Memiliki IPK minimal 3.00
4. Disiplin,  teliti,  mampu bekerjasama dalam tim dan dibawah tekanan
5. Bertanggung jawab dan mau belajarkirimkan surat lamaran, curiculum vitae, FC Ijazah, dan transkrip nilai paling lambat tanggal 31 Januari 2019  ke email sanbiolabs@gmail.com

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Seminar How to be a Good Small Animal Practitioner

Dokter-hewan.net
Dear para kolega dokter hewan dan mahasiswa koas
PDHB drh Cucu bekerjasama dengan PDHI dan ADHPHKI akan menyelenggarakan seminar How to be a Good Small Animal Practitioner 
🗓 12 - 14 April 2019 Tempat : Seminar 12 - 13 april (Hotel Danau Sunter - Sunlake) Workshop 14 April (klinik PDHB drh Cucu Sunter)
Pembicara :  1. Drh Lie Cucu Kartini 2. Drh Herlina 3. Drh Maulana ArRaniri Putra 4. Drh Agus Efendi 5. Drh Nova Anggraini 6. Drh Yehuda Laksana Aji 7. Drh Tiara Putri Sajuthi, MM
Topik  1. Basic Opthalmology 2. Basic Neurology 3. Basic Gastroenterology 4. Basic Cardiorespiratory 5. Basic Dermatology 6. Problem Oriented Approach 7. Basic Communication Skill 8. Workshop basic Physical Examination
Registration Fee - Dokter Hewan:  Rp. 2.500.000 - Koas : Rp 2.000.000
Limited hanya untuk 30 peserta
Contact Person : drh Aji (082140760787)