Skip to main content

#Andaperlutahu - Kenapa Kucing Selalu Melakukan Peregangan?

Dokter-hewan.net – Pemilik hewan kesayangan khususnya kucing pasti sangat sering melihat kucing kesayangannya melakukan peregangan. Bahkan jika diadakan olimpiade peregangan antara seluruh makluk hidup di dunia, pastinya kucing mendapatkan medali emas karena seringnya melakukan peregangan. Namun, kenapa kucing sangat sering melakukan peregangan? 

Menurut Drh. Andrew Cuff dari Royal Veterinary College di London mengatakan bahwa alasan utama kucing melakukan peregangan karena terasa enak (bagi kucing) dan melancarkan peredaran darah kucing. Hal ini sejalur dengan pendapat Rubin Naiman, seorang physikologist dari Universitas Arizona, “Kucing tidur antara 12 – 16 jam dalam sehari, 2 kali lebih banyak dibandingkan waktu tidur manusia. Ketika manusia tidur, otak akan mengatur agar otot mengalami paralisa, hal ini juga akan terjadi pada kucing.

Ketika kucing bangun dari tidurya, pereganganpun dimulai. 

“Kucing melakukan peregangan untuk mengembalikan fungsi otot mereka setelah periode inaktif akibat dari tidur” kata Cuff. Ketika kucing tidur atau istirahat, tekanan darah menurun, sehingga peregangan darah akan membantu dalam mengembalikan tekanan darah. Cuff menambahkan “ Ketika melakukan peregangan, hal ini akan mengaktifkan semua otot dan meningkatkan tekanan darah, hal ini akan meningkatkan akumulasi darah ke dalam tot dan otak. Ketika otot mulai bekerja akibat peregangan, mereka juga akan membantu dalam membuang racun dan bahan buangan yang mengendap saat terjadinya paralisa akibat tidur. (HP)


Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)