Skip to main content

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pemberian putih telur pada kucing sangat tidak disarankan karena di dalam putih telur terdapat senyawa Avidin. Sebutir telur mengandung senyawa Avidin sekitar 1,8 mg. Avidin merupakan molekul Glikoprotein (gabungan karbohidrat dan protein), dimana senyawa ini berfungsi untuk melindungi pertumbuhan bakteri pengganggu oviduk (kuning telur). Dan seperti yang kita ketahui bahwa kuning telur merupakan bakal janin.

Salah satu efek dari senyawa ini adalah kemampuannya untuk mengikat biotin (unsur pembentukan vitamin B). Jika biotin terikat oleh avidin maka tubuh akan kekurangan vitamin B. Itulah sebabnya mengapa pemberian putih telur tidak disarankan untuk kucing, karena vitamin B sangat dibutuhkan untuk perkembangbiakkan tubuhnya. Jadi, cukup hanya kuning telur saja yang diberikan. Untuk pemberian pada kucing, kuning telur dapat diletakkan pada tempat pakan kucing dan kemudian kucing akan sendirinya akan memakannya dengan cara dijilat sampai habis. [AD]

Comments

  1. sebenarnya pemberian kuning telur ada kucing itu lebih baik mentah atau harus dimasak setengah matang terlebih dahulu? karna ada yg bilang jangan diberi kuning telur mentah karena dpt menyebabkan toxo dan salmonella?? jadi bingung

    ReplyDelete
  2. sebenarnya pemberian kuning telur ada kucing itu lebih baik mentah atau harus dimasak setengah matang terlebih dahulu? karna ada yg bilang jangan diberi kuning telur mentah karena dpt menyebabkan toxo dan salmonella?? jadi bingung

    ReplyDelete
  3. sebenernya yg bagus dan aman itu kuning telur mentah apa harus dimasak setengah matang dulu ya? soalny kok ada blog yg bilang dimasak dlu jangan dikasih tlur mentah karna bsa menyebabkan salmonella dan toxo gitu, jadi bingung nih

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : JAPFA

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan Technical Support Animal Health JAPFA untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya.  Syarat :  Minat di AyamPunya SIM ADiutamakan Fresh Graduate Email lamaran ke rustono@japfa.com, hardcopy ditujukan kepada bapak Danardana Nugraha Marketing & Global Technical Manajer PT. Vaksindo. Kirim ke alamat : Kepada Novi PT. VAKSINDO SATWA NUSANTARA Jalan Barokah, Kampung Baru, Wanaherang Gunung Putri, Bogor.

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)

Lowongan Pekerjaan : Yayasan Kalaweit Indonesia

Dokter-hewan.net - Salam lestari!  Yayasan Kalaweit Indonesia sedang berkembang untuk pelepasliaran Siamang dan Owa di wilayah Sumatera Barat. Maka dari itu dibutuhkan Dokter Hewan tambahan dengan syarat :  Pria/WanitaSudah pelantikan dan mengikuti ujian kompetensiFresh graduate/sudah berpengalamanSuka dengan tantangan dan dapat bekerja sama dengan tim Fasilitas :  Gaji pokokMakanMess Kirim surat lamaran, CV beserta lampiran-ampiran yang diperlukan ke rizki.widiyanti92@gmail.com (WA. 082221231654)