Skip to main content

Cara Melatih Anjing Agar Tidak Menggigit

Dokter-hewan.net - Anjing merupakan hewan kesayangan yang sangat menggemaskan, terutama saat masih puppy, bahkan saat puppy menggigit tangan pemilik hewan dengan giginya yang halus, pemilik hewan akan tertawa bahkan memberikan tangannya agar terus digigit. Namun, sebuah studi menunjukkan perilaku tersebut akan menyebabkan anjing suka menggigit dan anjing akan lebih sering menggigit karena mereka menganggap itu adalah permainan yang disukai oleh semua orang. Jika anjing belum terbiasa melakukan hal itu, sebaiknya di hentikan namun jika sudah terbiasa menggigit dan sudah menjadi kebiasaan, 

Berikut cara melatih anjing agar tidak menggigit : 
  • Selalu gunakan mainan atau bahan yang aman digigit untuk digigit oleh anjing
  • Latih anjing supaya tahu jika mereka menggigit tangan atau tubuh kita akan menyebabkan kita sakit bahkan disaat usia mereka masih muda
  • Jika anjing masih tetap menggigit, pindahkan perhatian mereka ke mainan anjing dengan tenang
  • Jika mereka masih menggigit, letakkan mereka di lantai dan ekspresi kesakitan sambil berteriak "ouch" atau "ah" agar mereka tahu bahwa gigitan mereka sakit dan pergi dari tempat tsb. 
  • Jika mereka masih menggigit, dengan tenang letakkan mereka di "area hukuman" untuk beberapa menit agar mereka tahu mereka sedang dihukum. 

Namun, teknik ini harus selalu diingatkan dan oleh seluruh orang yang berada disekitar anjing, sehingga kerjasama antar keluarga (pemilik hewan) sangat dibutuhkan. Agar mereka selalu ingat, berikut tekniknya : 
  • Ketika puppy masih sangat kecil (Lebih kurang 8 minggu), jika mereka masih menggigit berikan kesempatan kepada mereka untuk menggigit dan coba alihkan gigitan mereka ke mainannya. Namun ketika beberapa kali dicoba tetap tidak bisa, sebaiknya letakkan mereka di area hukuman. Namun jika puppy sudah berusia lebih kurang 5 bulan, jika mereka menggigit jangan diberikan toleransi, atau langsung diletakkan ke area hukuman. 
  • Jika bermain dengan anjing dan memanggil namanya, harus diingat bahwa pemilik hewan kesayangan harus memiliki sesuatu (mainan) yang dibawa bersama mereka, agar perhatian mereka teralihkan ke mainan.
  • Jika masih menggigit dan tidak mau menggigit mainannya, praktikkan hukuman atau perilaku yang mengatakan bahwa gigitan mereka sangat menyakitkan, seperti teriakan "ouch" dan "ah". Dan jangan sampai marah maupun teriak kepada mereka, karena anjing akan menjadi lebih bersemangat dan menganggap pemilik ingin bermain gigitan lebih sering (HP). 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)

Lowongan Pekerjaan : Yayasan Kalaweit Indonesia

Dokter-hewan.net - Salam lestari!  Yayasan Kalaweit Indonesia sedang berkembang untuk pelepasliaran Siamang dan Owa di wilayah Sumatera Barat. Maka dari itu dibutuhkan Dokter Hewan tambahan dengan syarat :  Pria/WanitaSudah pelantikan dan mengikuti ujian kompetensiFresh graduate/sudah berpengalamanSuka dengan tantangan dan dapat bekerja sama dengan tim Fasilitas :  Gaji pokokMakanMess Kirim surat lamaran, CV beserta lampiran-ampiran yang diperlukan ke rizki.widiyanti92@gmail.com (WA. 082221231654)

Lowongan Pekerjaan : JAPFA

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan Technical Support Animal Health JAPFA untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya.  Syarat :  Minat di AyamPunya SIM ADiutamakan Fresh Graduate Email lamaran ke rustono@japfa.com, hardcopy ditujukan kepada bapak Danardana Nugraha Marketing & Global Technical Manajer PT. Vaksindo. Kirim ke alamat : Kepada Novi PT. VAKSINDO SATWA NUSANTARA Jalan Barokah, Kampung Baru, Wanaherang Gunung Putri, Bogor.