Skip to main content

Cara Melatih Anjing Agar Tidak Menggigit

Dokter-hewan.net - Anjing merupakan hewan kesayangan yang sangat menggemaskan, terutama saat masih puppy, bahkan saat puppy menggigit tangan pemilik hewan dengan giginya yang halus, pemilik hewan akan tertawa bahkan memberikan tangannya agar terus digigit. Namun, sebuah studi menunjukkan perilaku tersebut akan menyebabkan anjing suka menggigit dan anjing akan lebih sering menggigit karena mereka menganggap itu adalah permainan yang disukai oleh semua orang. Jika anjing belum terbiasa melakukan hal itu, sebaiknya di hentikan namun jika sudah terbiasa menggigit dan sudah menjadi kebiasaan, 

Berikut cara melatih anjing agar tidak menggigit : 
  • Selalu gunakan mainan atau bahan yang aman digigit untuk digigit oleh anjing
  • Latih anjing supaya tahu jika mereka menggigit tangan atau tubuh kita akan menyebabkan kita sakit bahkan disaat usia mereka masih muda
  • Jika anjing masih tetap menggigit, pindahkan perhatian mereka ke mainan anjing dengan tenang
  • Jika mereka masih menggigit, letakkan mereka di lantai dan ekspresi kesakitan sambil berteriak "ouch" atau "ah" agar mereka tahu bahwa gigitan mereka sakit dan pergi dari tempat tsb. 
  • Jika mereka masih menggigit, dengan tenang letakkan mereka di "area hukuman" untuk beberapa menit agar mereka tahu mereka sedang dihukum. 

Namun, teknik ini harus selalu diingatkan dan oleh seluruh orang yang berada disekitar anjing, sehingga kerjasama antar keluarga (pemilik hewan) sangat dibutuhkan. Agar mereka selalu ingat, berikut tekniknya : 
  • Ketika puppy masih sangat kecil (Lebih kurang 8 minggu), jika mereka masih menggigit berikan kesempatan kepada mereka untuk menggigit dan coba alihkan gigitan mereka ke mainannya. Namun ketika beberapa kali dicoba tetap tidak bisa, sebaiknya letakkan mereka di area hukuman. Namun jika puppy sudah berusia lebih kurang 5 bulan, jika mereka menggigit jangan diberikan toleransi, atau langsung diletakkan ke area hukuman. 
  • Jika bermain dengan anjing dan memanggil namanya, harus diingat bahwa pemilik hewan kesayangan harus memiliki sesuatu (mainan) yang dibawa bersama mereka, agar perhatian mereka teralihkan ke mainan.
  • Jika masih menggigit dan tidak mau menggigit mainannya, praktikkan hukuman atau perilaku yang mengatakan bahwa gigitan mereka sangat menyakitkan, seperti teriakan "ouch" dan "ah". Dan jangan sampai marah maupun teriak kepada mereka, karena anjing akan menjadi lebih bersemangat dan menganggap pemilik ingin bermain gigitan lebih sering (HP). 

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja PDHB Dokter Cucu

Lowongan Kerja : Klinik Hewan Jangki Petshop

Dokter-hewan.net - INFO LOWONGAN PEKERJAANDibutuhkan dokter hewan untuk ditempatkan di beberapa klinik hewan Jangki Petshop Grup di wilayah Jabodetabek & bandung. Syarat-syarat nya antara lain :
- Pria / wanita
- Fresh graduate / Berpengalaman minimal 1 tahun
- Dapat bekerja dalam tim, disiplin tinggi, bertanggung jawab tinggi, bekerja dibawah tekanan
- Mau belajar dan bekerja keras
- Nyaman bekerja dengan hewan peliharaanJika berminat, kirimkan CV, fc ijasah, fc transkrip nilai, fc keterangan lulus ujian kompetensi ke (pilih salah satu) :
- Jangki jasmin Petshop , jl. KH abdullah bin nuh KM 1 no 3, tanah sereal, kota bogor, jawa barat- Email : dinosarius1212@gmail.com , sitimariatril@gmail.comInfo lebih lanjut bisa menghubungi bpk. Jangki (081315400506), ibu siti (081806853605, 08111071234, 081220362684), drh. Sari setya (081316160066)

Lowongan Kerja : Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan:
Dokter hewan untuk menjadi tenaga honorer di Rumah Sakit Hewan Cikole Jawa Barat, dgn kualifikasi sbb:
1. Diutamakan Laki-laki
2. Sert kompetensi/seminar/pelatihan
3. Fresh graduate dgn pengalaman magang di klinik/rsh
4. Diutamakan domisili di seputar Bandung raya
5. Bersedia bekerja dengan sistem shift (siang atau malam) dan bekerja pada hari libur
6. Mampu bekerja dalam tim dan dalam tekanan.
Lamaran ditujukan kepada: Kepala RSH Jawa Barat, Jl. Tangkuban Parahu Km 22, Cikole Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.
Atau Email ke yoni_dvm@yahoo.com dan cc ke rsh_cikole@yahoo.com
Paling lambat 27 Maret 2019.