Skip to main content

Hypertiroidisme pada Kucing

Dokter-hewan.net – Hipertiroidisme adalah kelainan glandula umum yang lebih sering terjadi pada kucing. Hipertiroidisme paling umum disebabkan oleh berlebihnya kandungan hormon thyroxine (hormon tiroid) yang lebih dikenal dengan nama T4 di dalam darah kucing.

Sejatinya, apakah yang menyebabkan adanya perubahan pada kelenjar tiroid? Ketika penyakit ini terjadi maka metabolisme tubuh akan mempercepat dan bekerja terlalu cepat. Hal ini menyebabkan organ – organ lain dalam tubuh menjadi bekerja di luar normal (sangat cepat). Jenis penyakit ini dapat mengarah ke masalah kesehatan kucing lainnya dan berakibat pada komplikasi di bagian tubuhnya.

Penurunan berat badan dan nafsu makan meningkat adalah gejala klinis yang yang paling sering ditemukan pada kasus ini. Weight loss atau penurunan berat badan terjadi 95 - 98% dari kucing yang menderita hipertiroidisme dan nafsu makan meningkat 67 - 81%. Haus yang berlebihan, urinasi (kencing) yang meningkat, hiperaktif, penampilan kucing berantakan, panting (terengah –engah) dan diare juga sering dilaporkan pada kasus hipertiroidisme. Muntah terjadi sekitar 50% pada kucing yang menderita. Gejala klinis yang nampak dapat disebabkan oleh peningkatan level T4 pada beberapa sistem organ. [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Seorang Pria Membuang Anjingnya Karena Hal Sepele, Catatannya bikin haru!

Dokter-hewan.net - Keji! Itulah ungkapan yang diutarakan oleh pet lover ketika membaca judul di atas. Bagaimana tidak, hewan yang seharusnya disayang namun dibuang dan ditelantarkan oleh seseorang yang berhati kejam seperti pria ini. Seorang pria di New Mexico terekam oleh CCTV ketika proses menelantarkan anjingnya. 
Awalnya pria tersebut datang ke restoran cepat saji di kota setempat mengendarai minibus berwarna hitam. Pria tersebut turun dari kendaraan bersama anjingnya. Saat masuk ke restoran cepat saji, anjing malang ini menunggu diluar sampai tuannya keluar setelah memesan pesanannya. Namun sayangnya, saat tuannya keluar, anjing tersebut tidak digubris lagi. Pria berhati beku ini, pura-pura tidak mengenali anjingnya dan pergi meninggalkan anjingnya di depan restoran tersebut. 
Untungnya anjing ini diselamatkan oleh tangan yang tepat dan segera ditempatkan di tempat yang aman dan segera dicarikan orang tua baru yang lebih bertanggung jawab. Namun, hal yang mengharukan terjadi saat…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)