Skip to main content

Hypertiroidisme pada Kucing

Dokter-hewan.net – Hipertiroidisme adalah kelainan glandula umum yang lebih sering terjadi pada kucing. Hipertiroidisme paling umum disebabkan oleh berlebihnya kandungan hormon thyroxine (hormon tiroid) yang lebih dikenal dengan nama T4 di dalam darah kucing.

Sejatinya, apakah yang menyebabkan adanya perubahan pada kelenjar tiroid? Ketika penyakit ini terjadi maka metabolisme tubuh akan mempercepat dan bekerja terlalu cepat. Hal ini menyebabkan organ – organ lain dalam tubuh menjadi bekerja di luar normal (sangat cepat). Jenis penyakit ini dapat mengarah ke masalah kesehatan kucing lainnya dan berakibat pada komplikasi di bagian tubuhnya.

Penurunan berat badan dan nafsu makan meningkat adalah gejala klinis yang yang paling sering ditemukan pada kasus ini. Weight loss atau penurunan berat badan terjadi 95 - 98% dari kucing yang menderita hipertiroidisme dan nafsu makan meningkat 67 - 81%. Haus yang berlebihan, urinasi (kencing) yang meningkat, hiperaktif, penampilan kucing berantakan, panting (terengah –engah) dan diare juga sering dilaporkan pada kasus hipertiroidisme. Muntah terjadi sekitar 50% pada kucing yang menderita. Gejala klinis yang nampak dapat disebabkan oleh peningkatan level T4 pada beberapa sistem organ. [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. Medion

Dokter-hewan.net - PT. Medion membuka lowongan kerja bagi dokter hewan. Adapun persyaratan dan kriteria tertera di poster di bawah ini. 

Lowongan Kerja : BKSDA Jawa Barat

Dokter-hewan.net - LOWONGAN PEKERJAAN
Dibutuhkan 1 orang Dokter Hewan untuk mengisi posisi sebagai tenaga kontrak pada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat di Bandung Persyaratan:
- Laki-laki atau perempuan
- Freshgraduate / berpengalaman
- Tertarik pada dunia birokasi konservasi
- Memiliki minat pada dunia satwa liar
- Bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu
- Mampu bekerja baik secara individu maupun tim
- Menyukai alam dan kegiatan outdoorKirimkan Surat Lamaran yang ditujukan pada Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Curriculum Vitae, FC ijasah dan transkrip nilai ke alamat email bbksdajb@gmail.com
Ditunggu sampai akhir Desember 2018