Skip to main content

Hypertiroidisme pada Kucing

Dokter-hewan.net – Hipertiroidisme adalah kelainan glandula umum yang lebih sering terjadi pada kucing. Hipertiroidisme paling umum disebabkan oleh berlebihnya kandungan hormon thyroxine (hormon tiroid) yang lebih dikenal dengan nama T4 di dalam darah kucing.

Sejatinya, apakah yang menyebabkan adanya perubahan pada kelenjar tiroid? Ketika penyakit ini terjadi maka metabolisme tubuh akan mempercepat dan bekerja terlalu cepat. Hal ini menyebabkan organ – organ lain dalam tubuh menjadi bekerja di luar normal (sangat cepat). Jenis penyakit ini dapat mengarah ke masalah kesehatan kucing lainnya dan berakibat pada komplikasi di bagian tubuhnya.

Penurunan berat badan dan nafsu makan meningkat adalah gejala klinis yang yang paling sering ditemukan pada kasus ini. Weight loss atau penurunan berat badan terjadi 95 - 98% dari kucing yang menderita hipertiroidisme dan nafsu makan meningkat 67 - 81%. Haus yang berlebihan, urinasi (kencing) yang meningkat, hiperaktif, penampilan kucing berantakan, panting (terengah –engah) dan diare juga sering dilaporkan pada kasus hipertiroidisme. Muntah terjadi sekitar 50% pada kucing yang menderita. Gejala klinis yang nampak dapat disebabkan oleh peningkatan level T4 pada beberapa sistem organ. [HP]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Pekerjaan : Yayasan Kalaweit Indonesia

Dokter-hewan.net - Salam lestari!  Yayasan Kalaweit Indonesia sedang berkembang untuk pelepasliaran Siamang dan Owa di wilayah Sumatera Barat. Maka dari itu dibutuhkan Dokter Hewan tambahan dengan syarat :  Pria/WanitaSudah pelantikan dan mengikuti ujian kompetensiFresh graduate/sudah berpengalamanSuka dengan tantangan dan dapat bekerja sama dengan tim Fasilitas :  Gaji pokokMakanMess Kirim surat lamaran, CV beserta lampiran-ampiran yang diperlukan ke rizki.widiyanti92@gmail.com (WA. 082221231654)

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)