Skip to main content

Hypotiroidisme Pada Anjing

Dokter-hewan.net – Jika mendengar kata Hypotiroidisme pastilah Anda langsung berpikir tentang hormon tiroid. Hormon tiroid memegang peranan yang cukup penting, terutama dengan metabolisme tubuh. Hormon tiroid dihasilkan oleh kelenjar tiroid yang terletak di sekitar pangkal leher. Pada anjing, kelenjar tiroid berupa dua lobus kecil yang terletak di sisi kanan dan kiri batang tenggorok (trakea). Pada intinya, hipotiroid terjadi saat kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang semestinya sehingga menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan terganggunya proses metabolisme tubuh.

Kelenjar tiroid memproduksi dua jenis hormon tiroid, yakni T3 yang merupakan bentuk aktif dari hormon tiroid, dan T4 merupakan bentuk tidak aktif yang akan disirkulasikan dalam aliran darah. Sebagian besar T4 dibawa oleh protein – protein darah yang tidak dapat diserap ke dalam jaringan. Dan sebagian lain yang tidak dibawa oleh protein disebut T4 bebas. Hormon ini dapat menyerap ke dalam sel – sel jaringan dan diubah menjadi T3 (diaktifkan). Pengaktifan T4 juga dapat terjadi dalam kelenjar tiroid. Pada anjing, T3 berasal dari kelenjar tiroid sekitar 50%, sementara jumlah yang lain berasal dari jaringan – jaringan lain di dalam tubuhnya.

Produksi T4 diatur oleh kelenjar pituitary yang terletak di pangkal otak. Kelenjar ini berfungsi mengatur produksi hormone di system adrenal, system toroid, system reproduksi dan lainnya. Kelenjar pituitary ini akan memproduksi substansi yang disebut dengan TSH (Thyroid Stimulating Hormone). Saat kadar T4 menurun, kelenjar pituitary akan menstimulus kelenjar tiroid untuk memproduksi dan melepaskan lebih banyak T4. Jadi, begitulah siklus produksi dan sirkulasi hormon tiroid dalam kondisi normal. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : VETOPET Animal Clinic Bogor

Dokter-hewan.net - Vetopet animal clinic membutuhkan dokter hewan dengan kriteria sebagai berikut :

Laki-laki/perempuan lulusan dokter hewanfresh graduate/pengalamanIPK SKH dan DRH minimal 3,00Pasiion dalam dunia laboratorium dan klinikMemiliki kemampuan komunikasi yang baikSiap bekerja dalam team Jika berminat, silahkan kirimkan lamaran via email : vetopet13@gmail.com atau informasi lebih lanjut silahkan kontak +6285643032404 (drh. Nurul) 
Lamaran diterima paling lambat 5 September 2019

Workshop : Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi

Dokter-hewan.net – Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Timur VII mengadakan continuing professional development (CPD) tentang “Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi”. Adapun pengumumannya sebagai berikut :

Pembicara ·Drh. Heru Rachmadi (Praktisi Bedah Caesar Sapi) ·Drh. M. Saiful (Praktisi Hewan Besar dan Kecil)
Lokasi Pondok Asri Convention and Hall Sukodono – Lumajang
Jadwal Kegiatan Sabtu, 7 September 2019
Waktu 07.30 WIB – selesai
Materi Teknik Operasi Hernia Umbilicalis dan Caesar pada Sapi
Workshop Teknik Operasi Caesar pada Sapi
HTM ·Non PDHI Jatim VII : Rp. 350.000 ·PDHI JATIM VII : Rp. 300.000 ·Mahasiswa FKH : Rp. 150.000 ·Pendaftaran On The Spot: Rp. 375.000 *Paket penginapan 1 malam Rp. 200.000
TRANSFER PEMBAYARAN BANK MANDIRI 141-00-1025636-0 (a/n drh. FRESHCA AYU ANGGITA)
Nara Hubung Drh. Irfan S (085-257-216-392) Drh. Shelfiana (081-310-490-909)

Lowongan Kerja : PDHB GAIA Surabaya

Dokter-hewan.net - *Lowongan Kerja*
Praktek dokter hewan bersama (PDHB) GAIA-surabaya
Saat ini sedang membuka lowongan untuk posisi drh rawat inap dan praktek
Persyaratan: 1. Dokter hewan 2. Sayang terhadap hewan 3. Bertanggung jawab dan memiliki attitude yang baik 4. Berpengalaman min. 1 tahun atau Fresh graduate 5. Mampu bekerja dalam team dan individu 6. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik 7. Mau untuk terus belajar (seminar, workshop dll)
Surat lamaran, curriculum vitae dan pas photo terbaru dapat dikirimkan ke alamat email anang.triyatmoko@gmail.com  Atau PDHB GAIA G-walk w2-10 citraland surabaya barat
Terima kasih