Skip to main content

Kenapa Anjing Menjilati Pemiliknya?

Ilustrasi (Sumber)
Dokter-hewan.net - Anjing merupakan hewan kesayangan yang sangat setia kepada pemiliknya. Seringkali, anjing menjilati pemiliknya tanpa ada alasan yang jelas, namun pemilik anjing selalu mengartikannya sebagai tanda sayang dan kesetiaan dari seekor anjing. Namun, sebuah studi dari Canidae, sebuah perusahaan makanan hewan menyatakan sebagai berikut : 

Alasan kenapa anjing menjilati pemiliknya : 

  • Untuk menunjukkan respect
Anjing menjilati pemiliknya bisa diartikan bahwa anjing menunjukkan respeknya kepada kita sebagai pemiliknya, dengan menjilati kita, mereka memberitahukan kita bahwa mereka mengerti bahwa kita (pemilik) adalah pemimpin mereka. 
  • Untuk meminta perhatian
Selain menunjukkan respect, anjing akan menjilati pemiliknya untuk mencari perhatian atau diperhatikan. Ketika anjing menjilati pemiliknya, pada umumnya pemilik akan memberikan balasan seperti menggaruk kepala anjing, mencium anjing bahkan sampai menggendong. Teknik jilatan seringkali dilakukan anjing ketika mereka merasa tidak diperhatikan. 
  • Untuk investigasi Bau
Anjing merupakan hewan yang memiliki keingintahuan yang sangat tinggi, kadangkala mereka penasaran dengan bau yang keluar dari tubuh kita, misalnya bau keringat, bau sabun yang kita gunakan, dan lain-lain. Untuk mengetahui sumber bau yang mereka sukai tersebut, mereka akan menjilati sumber yang mereka yakini itu. 
  • Untuk mengisi waktu luang agar tidak bosan.
Anjing juga dapat merasakan bosan. Anjing akan menjilati perabotan, karpet, lantai atau benda-benda yang ada di dekatnya ketika merasa bosan. Atau ketika anjing sedang kecewa, mereka akan menjilati barang yang ada disekitar mereka, agar pemiliknya tahu bahwa mereka tidak menyukai hal tersebut.
Namun, pemilik juga harus memperhatikan ketika anjing menjilati tubuhnya berulang-ulang dapat mengindikasikan sakit ataupun rasa gatal yang teramat dalam. Jika kejadian itu menimpa hewan kesayangan anda, sebaiknya langsung didiskusikan dengan dokter hewan langganan anda (HP). 


Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Memberi Telur pada Kucing ?

Dokter-hewan.net – Telur merupakan salah satu makanan yang bergizi, bervitamin, dan berprotein tinggi bagi tubuh. Di dalam telur, khususnya telur ayam, mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Nilai kandungan yang terdapat pada telur tentu sangat bagus untuk kucing terlebih jika dimakan dalam keadaan mentah.

Pemberian telur secara rutin akan membuat kucing menjadi gemuk karena tingginya kandungan lemak (11,5 gr) dan protein (12,8 gr), namun jangan memberi makan kucing dengan telur semata, karena telur bukanlah makanan pokok kucing. Pemberian telur pada kucing juga disarankan hanya memberi kuning telur saja, tanpa putih telur dan dalam kondisi mentah. Apakah kucing akan suka memakan telur mentah ?

Pada dasarnya, kucing adalah hewan pemakan daging dan sejenisnya dalam keadaan mentah, dan manusialah yang merubah pola makan kucing dengan memberi makanan matang atau makanan instan.

Lantas, bagaimana dengan pemberian putih telur pada kucing ? Pem…

Lowongan Pekerjaan : THL DEPTAN Lampung

Dokter-hewan.net - Dibutuhkan segera Dokter Hewan sebagai THL Dokter Hewan DEPTAN untuk menggantikan dokter hewan yang lama. Lokasi penempatan Kabupaten Way Kanan, Lampung. 
Fasilitas :  Gaji THL PusatHonor Daerah 1 JutaMess PuskeswanKendaraan DinasTeman-teman yang menyenangkanInsyaallah banyak pasien Yang berminat hubungi :  081271238020 (Bu Anik) 085725878726 081366450877 (drh. Nia)