Skip to main content

Kenapa Anjing Menjilati Pemiliknya?

Ilustrasi (Sumber)
Dokter-hewan.net - Anjing merupakan hewan kesayangan yang sangat setia kepada pemiliknya. Seringkali, anjing menjilati pemiliknya tanpa ada alasan yang jelas, namun pemilik anjing selalu mengartikannya sebagai tanda sayang dan kesetiaan dari seekor anjing. Namun, sebuah studi dari Canidae, sebuah perusahaan makanan hewan menyatakan sebagai berikut : 

Alasan kenapa anjing menjilati pemiliknya : 

  • Untuk menunjukkan respect
Anjing menjilati pemiliknya bisa diartikan bahwa anjing menunjukkan respeknya kepada kita sebagai pemiliknya, dengan menjilati kita, mereka memberitahukan kita bahwa mereka mengerti bahwa kita (pemilik) adalah pemimpin mereka. 
  • Untuk meminta perhatian
Selain menunjukkan respect, anjing akan menjilati pemiliknya untuk mencari perhatian atau diperhatikan. Ketika anjing menjilati pemiliknya, pada umumnya pemilik akan memberikan balasan seperti menggaruk kepala anjing, mencium anjing bahkan sampai menggendong. Teknik jilatan seringkali dilakukan anjing ketika mereka merasa tidak diperhatikan. 
  • Untuk investigasi Bau
Anjing merupakan hewan yang memiliki keingintahuan yang sangat tinggi, kadangkala mereka penasaran dengan bau yang keluar dari tubuh kita, misalnya bau keringat, bau sabun yang kita gunakan, dan lain-lain. Untuk mengetahui sumber bau yang mereka sukai tersebut, mereka akan menjilati sumber yang mereka yakini itu. 
  • Untuk mengisi waktu luang agar tidak bosan.
Anjing juga dapat merasakan bosan. Anjing akan menjilati perabotan, karpet, lantai atau benda-benda yang ada di dekatnya ketika merasa bosan. Atau ketika anjing sedang kecewa, mereka akan menjilati barang yang ada disekitar mereka, agar pemiliknya tahu bahwa mereka tidak menyukai hal tersebut.
Namun, pemilik juga harus memperhatikan ketika anjing menjilati tubuhnya berulang-ulang dapat mengindikasikan sakit ataupun rasa gatal yang teramat dalam. Jika kejadian itu menimpa hewan kesayangan anda, sebaiknya langsung didiskusikan dengan dokter hewan langganan anda (HP). 


Comments

Popular posts from this blog

LOWONGAN KERJA : Regulatory Officer

Lowongan Kerja : AW Clinic Tangerang

dokter-hewan.net
LOWONGAN KERJA!
Dibutuhkan Dokter Hewan di Aw Clinic Tangerang
1. Pria/wanita
2. Fresh Graduate welcome/ Berpengalaman(diutamakan)
3. Jujur, bertanggung jawab, amanah, rajin, sabar, mampu bekerja dalam tekanan, berkomitmen
4. Mampu bekerja dalam tim/ individu

Surat lamaran dilampirkan:
1. CV
2. Fc Ijazah SKH dan Drh
3. Fc Transkrip Nilai SKH dan Drh
4. Fc Surat Kompetensi
5. Foto 4x6
6. Fc KTP

CP:
081233938827

Lowongan Kerja PDHB Dokter Cucu