Skip to main content

Hindari Stres Pada Hewan Peliharaan Saat Pindah Rumah

Dokter-hewan.net – Mendengar kata rumah baru tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi Anda. Namun, Anda juga harus memperhatikan nasib hewan peliharaan Anda yang juga akan ikut berpindah dengan Anda ke rumah baru. Terkadang, hewan akan menjadi stres dengan lingkungan atau situasi kondisi yang baru. Anjing dan kucing adalah tipe hewan yang mudah stres ketika ia akan pindahan.

Salah satu tanda hewan stres adalah gelisah, tidak mau makan, agresif hingga menjadi lebih berisik. Ketika Anda akan bersiap untuk berpindah rumah, jangan sampai Anda direpotkan dengan perilaku hewan peliharaan Anda yang menjadi tidak seperti biasanya. Anda harus mempersiapkan untuk memindahkan hewan peliharaan tentunya sebelum hari pindahan tiba. Berikut yang dapat Anda lakukan.

1. Hewan sebaiknya dipindahkan terakhir kali
Pindahkan terlebih dahulu sebagian besar barang – barang Anda ke rumah baru sebelum Anda memindahkan hewan peliharaan Anda. Saat memindahkan barang – barang Anda ke dalam truk atau mobil pengangkut barang, tempatkan hewan Anda pada satu ruangan atau pada kandangnya. Jangan lupa berikan makanan dan air minum, serta mainan kesukaannya, atau benda – benda yang ada selayaknya pada kandang sebelumnya. Perhatikan selalu posisi dan keadaan hewan Anda selama proses pindahan dan jangan sampai mereka kabur melalui pintu yang terbuka. Jika sebagian besar barang – barang Anda sudah berada di rumah baru, itu tandanya sudah ada aroma rumah lama ke ruangan baru dan poin ini sangat penting bagi hewan Anda, dimana hewan peliharaan Anda dapat merasa tetap aman dan nyaman ketika memasuki rumah baru.

2. Berikan pereda stres
Jika Anda khawatir pada hewan kesayangan Anda yang akan ikut berpindah dengan Anda, mungkin Anda dapat mengkonsultasikan kondisi ini pada dokter hewan langganan Anda mengenai apa yang sebaiknya Anda lakukan terhadap hewan Anda. Mungkin akan diberikan obat pereda stres pada hewan Anda yang memang pemberiannya harus menggunakan resep dan persetujuan dari dokter hewan agar tidak menimbulkan efek samping pasca pemberiannya.  

3. Siapkan kandang
Anda tidak perlu membeli kandang baru untuk hewan Anda, cukup dengan membuatnya seperti kandang sebelumnya yang nyaman dan aman. Menempatkan hewan peliharaan di lingkungan yang baru bisa menjadi hal yang menakutkan bagi mereka. Biarkan mereka terbiasa pada satu ruangan terlebih dahulu, dan kemudian selama satu hingga dua hari ke depan, mereka sudah dapat menjelajahi seluruh rumah untuk mempelajari daerah teritorinya. Jangan lupa sediakan bak/wadah untuk membuang kotoran di ruangan yang bersifat baru ini.

Merupakan hal yang normal jika mungkin hewan peliharaan Anda mengurung diri sampai beberapa hari pasca pindahan. Yang perlu Anda ketahui adalah stres dapat meningkat dan bahkan menyebabkan hewan menjadi sakit. Jika ada gejala – gejala yang tidak wajar, segeralah untuk mengunjungi dokter hewan langganan Anda untuk berkonsultasi. [AD]

Comments

Popular posts from this blog

Lowongan Kerja : PT. Medion

Dokter-hewan.net - PT. Medion membuka lowongan kerja bagi dokter hewan. Adapun persyaratan dan kriteria tertera di poster di bawah ini. 

Lowongan Kerja : BKSDA Jawa Barat

Dokter-hewan.net - LOWONGAN PEKERJAAN
Dibutuhkan 1 orang Dokter Hewan untuk mengisi posisi sebagai tenaga kontrak pada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat di Bandung Persyaratan:
- Laki-laki atau perempuan
- Freshgraduate / berpengalaman
- Tertarik pada dunia birokasi konservasi
- Memiliki minat pada dunia satwa liar
- Bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas tepat waktu
- Mampu bekerja baik secara individu maupun tim
- Menyukai alam dan kegiatan outdoorKirimkan Surat Lamaran yang ditujukan pada Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Curriculum Vitae, FC ijasah dan transkrip nilai ke alamat email bbksdajb@gmail.com
Ditunggu sampai akhir Desember 2018